Tips Aman Mengenalkan Teknologi Pada Anak


Tips Aman Mengenalkan Teknologi Pada Anak

Tips Aman Mengenalkan Teknologi Pada Anak
Perkembangan teknologi yang semakin canggih akhir-akhir ini terutama teknologi informasi dan komunikasi mengakibatkan banyak gadget canggih mulai bermunculan. Seperti halnya teknologi di bidang yang lain yang membawa dampak positif dan negatif, gadget juga membawa dua dampak tersebut. Sistem yang semakin canggih yang dimasukkan ke dalam gadget-gadget yang beredar di Indonesia saat ini tmembantu banyak orang untuk melakukan komunikasi dan mendapat informasi dengan cepat.

Namun, ada beberapa dampak negatif yang harus dihindari terutama oleh anak-anak. Hal ini bukan berarti menjadi alasan bagi orang tua untuk tidak mengenalkan teknologi kepada anak-anak mereka. Teknologi adalah sesuatu yang harus dikenalkan kepada anak. Karena pada zaman mereka saat ini, alat-alat komunikasi canggih seperti gadget akan sangat diperlukan. Agar anak-anak terhindar dari dampak negatif teknologi maka para orang tua harus memperkenalkan teknologi kepada anak dengan cara yang benar sesuai dengan usia mereka.

Tidak cukup hanya dengan memperkenalkannya dengan cara yang benar saja. Tapi orang tua juga wajib untuk selalu mendampingi dan memantau anak-anak dalam penggunaannya. Meskipun anak-anak sudah banyak diajarkan tentang norma-norma agama. Hal tersebut tidak bisa menjadi jaminan jika anak-anak akan terhindar dari bahaya penggunaan teknologi. Berikut ini ada beberapa tips aman menggunakan teknologi untuk anak yang bisa Anda terapkan kepada anak Anda sebagai salah satu upaya meminimalisasi dampak-dampak yang kurang baik dari teknologi tersebut.

1. Mencari waktu yang tepat untuk mengenalkannya

Tips Aman Mengenalkan Teknologi Pada Anak

Saat Anda ingin mengenalkan kecanggihan teknologi terutama gadget kepada Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mencari momen yang tepat. Hal ini sangat bergantung pada usia anak, kondisi dari keluarga sendiri, dan pengaruh lingkungan sekitar. Jika kondisi keluarga memang sudah menggunakannya dan lingkungan sekitar Anda juga sudah sangat akrab dengan gadget. Maka bukan keputusan yang tepat, jika Anda menyembunyikannya dari anak. Jika kondisinya memang demikian, Anda mau tidak mau harus mengenalkan gadget kepada anak bahkan sejak usia dini.

Saat anak sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan teknologi dengan baik maka salah satu dampak positifnya yaitu anak akan mempunyai wawasan yang luas. Selain itu, aplikasi-aplikasi yang yang sesuai dengan umur si anak akan membantu meningkatkan kecerdasan dan daya ingatnya.

2. Memberi pemahaman kepada anak mengenai hukum agama dalam penggunaan gadget
Tidak hanya penggunaan gadget saja tapi juga penggunaan teknologi yang lain. Anda sebagai orang tua sebaiknya memberikan pemahaman kepada anak jika teknologi hanya boleh digunakan untuk hal-hal baik saja. Apabila digunakan dalam hal-hal buruk atau hal-hal yang tidak sesuai dengan umurnya akan mendapat dosa.

3. Menjelaskan secara rinci filosofinya


Menjelaskan kepada anak bagaimana dan untuk apa teknologi tersebut diciptakan adalah langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan. Dengan penjelasan secara rinsi menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak akan membuat anak mengerti kenapa orang tua melarang mereka untuk tidak melakukan beberapa hal saat menggunakan gadget. Pada tahap ini Anda dapat mengajak anak menggunakan gadget untuk sesuatu yang positif dan mendukung ide-ide kreatif mereka.

4. Pilihlah aplikasi-aplikasi yang baik sesuai usia anak

Tips Aman Mengenalkan Teknologi Pada Anak

Setelah anak memahami cara menggunakan teknologi dengan baik. Langkah berikutnya yaitu Anda dapat memilihkan aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan usia si anak untuk mendukung belajarnya. Sekarang ini banyak sekali jenis game yang tersedia dari mulai game khusus anak perempuan sampai game untuk orang dewasa. Untuk usia anak-anak Anda dapat memilih beberapa game khusus anak misalnya seperti game matematika, game cara membaca, ataupun game yang banyak menampilkan warna-warna.

Selain itu, Anda juga dapat memperikan game petualangan yang cocok dengan usia anak.  Dalam memilihkan game untuk anak, Anda harus benar-benar teliti. Pastikan Anda memainkannya terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada anak. hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan jika game tersebut tidak mengandung pornografi dan kekerasan.

5. Membatasi penggunaan gadget
Jika anak sudah mulai senang menggunakan teknologi dengan beberapa aplikasi yang sudah Anda pilihkan. Jangan lupa untuk membuatkan jadwal atau batasan waktu untuk menggunakan gadget tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena bermain game secara terus-menerus sepanjang hari juga bukan hal yang bagus untuk anak walaupun game yang mereka mainkan aman. Sebagai orang tua, Anda harus selalu ingat jika anak tidak hanya membutuhkan teknologi saja untuk perkembangannya. Anak-anak juga perlu melakukan aktivitas lain seperti bermain dengan anak-anak lain untuk belajar sosialisasi.

6. Selalu mengawasi dan mendampingi anak saat menggunakan teknologi
Sesibuk apapun Anda dalam hal pekerjaan sempatkan waktu untuk mengawasi anak saat mulai menggunakan gadget, laptop, atau komputer. Anda bisa mengawasi mereka dengan duduk di dekatnya sehingga Anda dapat melihat aktivitas apa saja yang dilakukan, dan siapa saja orang yang menjadi temannya ketika anak sudah mulai mengenal sosial media. Untuk memudahkan Anda agar bisa selalu mendampingi anak menggunakan teknologi, Anda dapat membuat jadwal penggunaan teknologi anak pada sore atau malam hari saat Anda sudah pulang dari kantor. 

7. Membimbing anak mengasah kreatifitasnya 

Sebenarnya kemunculan internet membawa banyak dampak positif yang bisa Anda gunakan untuk mendukung kreatifitas anak-anak. Semua informasi dari seluruh dunia ada di dalamnya sehingga banyak hal yang bisa digali untuk mendukung hobby si anak. Banyak kegiatan baru yang bisa mulai diperkenalkan pada anak selain bermain game. Misalnya mengajak anak untuk mempelajari fotografi dengan memanfaatkan kamera dari gadget. Selain itu, Anda juga dapat mengajak anak untuk menulis cerita karangan mereka di blog atau mengajari mereka menggambar dengan software-software yang ada.



Itulah ketujuh tips yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi untuk mengenalkan anak kepada teknologi yang ada sekarang ini. Selamat mencoba!!!

0 komentar:

Posting Komentar