Strategi Mengembangkan Usaha Jahe Merah

Strategi Mengembangkan Usaha Jahe Merah Indonesia dianugerahi tanah yang subur sehingga berbagai jenis tanaman yang kita tanam bisa tumbuh dengan subur, tak mengherankan jika negara kita pun sering dikenal sebagai negara agraris yang menghasilkan berbagai hasil pertanian yang berkualitas. Karena itu maka peluang usaha dalam bidang pertanian pun sebenarnya masih terbuka lebar dengan prospek yang cukup menggiurkan.

Tahukah Anda bahwa menjadi petani pun bisa mencapai tingkat kesuksesan yang baik dalam hal finansial, namun tentu saja hal ini tergantung dari bagaimana strategi mengembangkan bisnis pertanian yang dimiliki supaya maju dan berkembang. Salah satu bisnis pertanian yang banyak dilirik saat ini adalah jahe merah.
Strategi Mengembangkan Usaha Jahe Merah
Cara budidaya jahe merah yang mudah dengan hasil yang melimpah, menjadikan usaha pertanian jahe merah diminati oleh berbagai kalangan di masyarakat. Anda tidak perlu malu menekuni usaha pertanian, justru seharusnya Anda bangga bisa memanfaatkan lahan yang ada sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. 

Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan dalam mengembangkan peluang usaha jahe merah :

1. Modal

Modal utama dalam usaha pertanian adalah lahan pertanian yang berguna untuk media tanam. Namun jika ternyata Anda tidak memiliki lahan yang luas, Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah atau belakang rumah Anda sebagai lahan pertanian jahe merah Anda. Anda bisa menyiasati sempitnya lahan dengan membuat papan bertingkat dan menggunakan polybag sebagai media tanamnya.

Modal selanjutnya digunakan dalam operasional pertanian jahe merah, seperti misalnya untuk pembelian pupuk, bibit tanaman, peralatan pertanian, maupun membayar pekerja jika memang lahan pertanian Anda luas dan Anda tidak mau turun langsung dalam mengolah tanah pertanian.

2. Pengetahuan dalam bidang pertanianAnda tidak perlu menjadi sarjana pertanian untuk memulai usaha pertanian jahe merah ini. Yang terpenting Anda memiliki pengetahuan mengenai seluk beluk pertanian. Pengetahuan tersebut bisa dengan mudah Anda peroleh dari buku maupun internet, atau tidak ada salahnya Anda menanyakan langsung kepada pelaku usaha jahe merah yang telah sukses menggeluti bisnis ini. Siapapun bisa sukses dalam menggeluti bisnisnya dengan syarat memiliki pengetahuan, keuletan dan tekad yang kuat untuk sukses.

4. Tekun, ulet dan tekad yang sungguh-sungguh

Suatu usaha mustahil akan berhasil tanpa adanya ketekunan, keuletan dan tekad yang sungguh-sungguh untuk meraih kesuksesan, Anda harus bisa memotivasi diri sendiri demi tercapainya keberhasilan yang Anda inginkan.

Karena kalau usaha yang dilakukan hanya setengah-setengah bahkan langsung menghentikan usaha ketika menemui kendala, maka bisa dipastikan hasil yang dicapai tidak akan maksimal bahkan bisa beresiko mengalami kegagalan.

5. Strategi pemasaran hasil panen yang tepatPemasaran hasil panen akan sangat menentukan keberhasilan usaha Anda, karena itu Anda harus memikirkan mengenai pemasaran yang tepat hasil panen jahe merah Anda. Usahakan untuk bisa membangun jaringan marketing yang kuat dan permanen sehingga hasil panen jahe merah Anda bisa terjual secara kontinyu dan jangka panjang.

Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan adalah menjual langsung kepada pedagang di pasar, menjual langsung kepada konsumen, atau bisa juga menyetorkannya kepada pengepul. Selain itu jika hasil panen Anda melimpah dan memungkinkan untuk menjadi suplier jahe merah, tidak ada salahnya Anda meloby perseorangan maupun perusahaan yang membutuhkan jahe merah Anda.

Strategi pemasaran jahe merah tersebut tentu akan memudahkan Anda dalam menjual hasil panen Anda, sehingga hasil yang Anda dapatkan pun bisa optimal, yang terpenting Anda harus bisa menjaga kualitas jahe merah Anda untuk menjaga kepercayaan konsumen.

Itulah beberapa strategi mengembangkan usaha jahe merah, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar