Strategi Mengembangkan Toko Fashion

Strategi Mengembangkan Toko Fashion. Produk fashion masih menjadi produk barang yang berpeluang besar untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan. Hal ini tentu sangat bisa dimengerti mengingat fashion adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Produk fashion saat ini bukan hanya sekedar kebutuhan pokok namun telah mengalami perkembangan sehingga ada kalanya produk fashion dibeli untuk kebutuhan prestise tertentu, terutama untuk brand-brand ternama.

Peluang bisnis di bidang fashion seolah tidak akan pernah redup seiring dengan perkembangan masyarakat dan trend fashion saat ini yang semakin dinamis. Berbagai model maupun motif seolah tak pernah berhenti berkembang demi memenuhi kebutuhan konsumen yang memiliki selera fashionnya masing-masing.

Jika Anda berminat untuk menekuni bisnis fashion dengan membuka toko fashion, maka sebaiknya Anda mengetahui strategi bisnis yang tepat untuk mendukung perkembangan usaha Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan saat merintis bisnis toko fashion:

Menentukan target pasar
Sebelum membuka toko fashion sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu target pasar yang akan Anda tuju, agar penjualan toko Anda bisa tepat sasaran dan mendatangkan keuntungan. Anda bisa mencoba membidik target pasar secara umum, dimana toko Anda menyediakan produk fashion yang lengkap mulai dari pakaian bayi, anak-anak, remaja dan dewasa.

Hal ini tentu akan memudahkan konsumen yang ingin berbelanja fashion untuk seluruh anggota keluarga, karena bisa mendapatkan semua produk fashion yang diinginkan di satu tempat sehingga lebih menghemat waktu.

Menentukan lokasi yang strategis
Lokasi bisnis menjadi faktor penting dalam mengembangkan sebuah usaha. Agar masyarakat mengetahui keberadaan toko fashion Anda, piluhlah lokasi usaha yang mudah diakses oleh orang banyak, seperti di pinggir jalan raya, dekat pasar, dsb.
Strategi Mengembangkan Toko Fashion
Sumber Gambar : jarvis-store.com
Menentukan harga
Dalam menentukan harga sebaiknya disesuaikan dengan kualitas produk fashion yang ditawarkan. Jangan memasang harga di atas standar jika kualitas produk kurang bagus. Namun Anda bisa memasang harga produk fashion dengan harga yang tinggi bahkan mahal jika memang kualitasnya premium dan dari brand terkenal. Harga yang kompetitif akan lebih menarik minat konsumen untuk berbelanja fashion di toko Anda.

Inovasi produk
Sangat penting untuk melakukan inovasi dalam produk fashion yang ditawarkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melengkapi produk fashion yang dijual sehingga bervariasi dan banyak pilihan. Anda bisa melengkapi toko fashion Anda dengan produk tertentu seperti busana muslim, aksesoris fashion, pakaian dalam, tas, sepatu, sandal dll. Sehingga konsumen bisa memiliki banyak pilihan dan tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja.

Perhatikan juga stok produk terutama yang berkaitan dengan ukuran faahion karena masing-masing konsumen tidak sama ukuran pakaiannya. Stok fashion dengan ukuran yang bervariasi tentu akan memberikan pilihan kepada konsumen sehingga berminat untuk membeli di toko fashion Anda.

Marketing dan Promosi
Strategi marketing yang tepat akan sangat mendukung perkembangan usaha Anda. Beberapa strategi marketing yang bisa dicoba antara lain memasang neon box di depan toko agar masyarakat mengetahui toko Anda, jam buka toko yang konsisten dan panjang, misalnya buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

Selain itu Anda juga bisa memberikan penawaran discount untuk produk fashion tertentu. Adapun untuk keperluan promosi Anda bisa memasang iklan di media cetak ataupun memanfaatkan media sosial yang Anda miliki.

Itulah beberapa strategi mengembangkan toko fashion yang bisa Anda terapkan dalam bisnis produk fashion, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar