Strategi Membuka Usaha Bengkel Las

Strategi Membuka Usaha Bengkel Las. Meningkatnya kepadatan penduduk di Indonesia turut serta memicu peningkatan kebutuhan akan perumahan sebagai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Dengan banyaknya pemukiman atau perumahan baru yang sedang dibangun maupun pemukiman lama yang membutuhkan renovasi, maka peluang usaha bengkel las menjadi salah satu peluang usaha yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Hal ini dikarenakan berbagai kebutuhan dalam pembangunan suatu pemukiman pasti membutuhkan beberapa produk yang membutuhkan jasa bengkel las seperti misalnya pembuatan tralis, rolling door, canopy, pagar besi maupun tangga dsb. Jika Anda berniat menekuni usaha bengkel las ini maka sebaiknya Anda mengetahui cara mengembangkan peluang usaha bengkel las yang tepat agar usaha Anda maju dan berkembang.

Berikut ini adalah strategi yang bisa Anda lakukan jika ingin menjalani usaha bengkel las:

1. Modal
Usaha apapun tentu memerlukan modal untuk operasional usaha, seperti halnya usaha bengkel las. Modal dalam usaha bengkel las bisa meliputi beberapa hal seperti misalnya peralatan las, trafo, gerinda, cutter, peralatan keamanan untuk mengelas,fasilitas listrik yang cukup memadai dsb. Modal skill dan keahlian yang berkaitan dengan keterampilan mengelas besi yang tepat sangat diperlukan agar hasil produk las di bengkel Anda bagus dan berkualitas sesuai dengan permintaan konsumen.

Jika konsumen puas dengan hasil kerja bengkel las Anda maka tidak menutup kemunkinan konsumen akan kembali menggunakan jasa bengkel las Anda, atau bahkan merekomendasikan bengkel las Anda kepada orang lain dan secara tidak langsung Anda berhasil membuat jaringan marketing melalui konsumen. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi usaha Anda, oleh karena itu modal skill maupun keterampilan dalam usaha ini sangatlah penting karena berhubungan dengan kepuasan konsumen.

2. Pemilihan lokasi usaha
Anda bisa memilih lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan raya, sehingga memudahkan konsumen untuk sampai ke tempat usaha Anda. Lokasi yang mudah diakses masyarakat luas akan lebih menguntungkan daripada lokasi usaha yang sulit dijangkau oleh konsumen.
Strategi Membuka Usaha Bengkel Las
Sumber Gambar : http://tutor26.blogspot.com/
3. Rekrutmen karyawan
Rekrutmen karyawan akan membuat usaha bengkel las Anda semakin berkembang. Sebaiknya Anda memilih karyawan dengan karakteristik pekerja keras, rajin dan memiliki skill dalam bidang las yang baik dan terampil. Karyawan yang terampil dan cekatan tentu akan bisa mendukung usaha bengkel las Anda.

Jangan sampai ada komplain dari konsumen gara-gara karyawan Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai target dan waktu yang telah ditentukan. Untuk itu dalam rekrutmen karyawan sebaiknya dilakukan secara tepat demi memperoleh karyawan yang sesuai dengan kualifikasi.

4. Marketing dan promosi
Strategi marketing dan promosi ini bertujuan untuk mengenalkan usaha bengkel las Anda kepada masyarakat luas. Usahakan untuk mempromosikan usaha bengkel las Anda secara menarik sehingga bisa membuat konsumen tertarik untuk menggunakan produk bengkel las Anda. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha bengkel las Anda. Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah menawarkan langsung kepada konsumen bisa kepada masyarakat yang sedang membangun rumah ataupun yang sedang merenovasi rumah.

Anda juga bisa mengajukan proposal kepada kontraktor yang ada di kota Anda untuk diajak bekerjasama sehingga mau menggunakan jasa usaha bengkel Anda secara kontinyu, dengan begitu usaha bengkel Anda akan mendapatkan order secara terus menerus dan berkelanjutan.

Itulah beberapa cara mengembangkan usaha bengkel las yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat dan semoga usaha Anda berhasil.

0 komentar:

Poskan Komentar