Mengembangkan Peluang Usaha Gas Elpiji

Mengembangkan Peluang Usaha Gas Elpiji. Peluang usaha gas elpiji saat ini semakin berkembang pesat. Gas elpiji telah menjadi kebutuhan pokok dalam setiap rumah tangga untuk keperluan memasak. Terlebih dengan adanya program konversi minyak tanah menjadi gas elpiji beberapa waktu yang lalu, dan secara tidak langsung memaksa masyarakat beralih dari minyak tanah ke gas elpiji. Apalagi keberadaan minyak tanah menjadi langka dengan harga yang sangat mahal. Semakin banyaknya masyarakat yang membutuhkan gas elpiji, menjadikan peluang untuk menjadi sub agen gas elpiji semakin terbuka lebar, apalagi permintaan pasar akan gas elpiji semakin meningkat.

Jika Anda berminat dalam menekuni usaha ini Anda bisa mencoba menjadi sub agen gas elpiji atau dikenal dengan pangkalan gas elpiji. Adapun tugas utama sub agen adalah mengedarkan gas elpiji kepada pengecer seperti misalnya warung-warung ataupun langsung kepada konsumen yang membutuhkan.

Berikut ini adalah keuntungan dari usaha gas elpiji:

Usaha ini pasti laku
Hal ini dikarenakan semua lapisan masyarakat membutuhkan gas elpiji ini untuk keperluan memasak, baik untuk rumah tangga maupun untuk bidang usaha tertentu. Sehingga bisa dipastikan sebanyak apapun stok gas elpiji yang ada di pangkalan Anda pasti akan cepat habis karena diserap pasar atau konsumen.

Tidak akan terjadi persaingan bisnis antara sub agen yang satu dengan sub agen yang lain. Hal ini terjadi karena produk gas elpiji memiliki standar harga langsung dari Pertamina.

Anda tidak perlu repot-repot memasarkan gas elpiji pada pengecer ataupun konsumen
Hal ini terjadi karena konsumenlah yang akan mencari pangkalan gas elpiji untuk membeli gas elpiji sesuai dengan kebutuhan mereka. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan peluang usaha gas elpiji yang tepat agar usaha bisa maju dan berkembang.
Mengembangkan Peluang Usaha Gas Elpiji
Sumber Gambar : bandung.bisnis.com
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika ingin menjalani usaha gas elpiji:

a. Modal
Modal sangat dibutuhkan untuk menjalankan operasional usaha. Adapun modal dalam usaha gas elpiji bisa dikelompokkan dalam beberapa hal, seperti misalnya modal awal berupa tabung gas baik ukuran 3 kg maupun 12 kg. Selain itu juga diperlukan perlengkapan usaha seperti misalnya perlengkapan troli untuk mengangkat tabung gas.

b. Manajemen
Manajemen yang tepat dalam setiap usaha akan mendukung pengembangan usaha secara signifikan. Pengelolaan dan pengaturan keuangan harus dilakukan secara baik sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Buatlah pembukuan untuk mengetahui lalu lintas uang dalam usaha Anda.

c. Memilih lokasi usaha
Lokasi usaha yang mudah diakses orang banyak, seperti misalnya di pinggir jalan dapat Anda pilih agar masyarakat mengetahui usaha gas elpiji Anda. Jalan menuju ke tempat usaha Anda pun harus lebar, sehingga memungkinkan truk pengangkut gas elpiji bisa dengan mudah sampai ke tempat usaha Anda. Selain itu Anda harus mempertimbangkan lokasi yang luas agar bisa menampung stok gas elpiji Anda.

Namun dibalik keuntungan dalam usaha gas elpiji, ada juga beberapa kendala dari usaha gas elpiji, yaitu:

1. Modal yang lumayan besar

2. Pasokan gas elpiji dari agen terkadang tersendat akibat kurangnya suplai dari pusat
Karena terkadang pasokan tersendat maka Anda hanya bisa menunggu stok atau pasokan gas elpiji datang dan selama itu pula harus kehilangan pendapatan karena stok gas elpiji tidak ada.

3. Resiko gas mudah meledak
Usaha gas elpiji tergolong beresiko tinggi dalam hal keamanan karena sifatnya yang mudah terbakar, untuk itu Anda harus memiliki standar keamanan yang tinggi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya mengembangkan peluang usaha gas elpiji, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar