Memahami Usaha Sampingan

Memahami Usaha Sampingan Berubahnya zaman menjadikan tuntunan hidup saat ini semakin tinggi sedangkan penghasilan kita tidak mempunyai peningkatan. Hal semacam demikian membuat kita merasa tertekan dan kadang-kadang membuat stress. Terlebih lagi urusan pekerjaan di kantor dengan segala macam tuntunannya yang terkadang juga membuat kita pusing seribu keliling. Belum lagi kita harus membayar tagihan-tagihan yang begitu banyak, seperti tagihan listrik, air, pajak mobil,dan lain sebagainya.
Konter Pulsa
Terkadang kita tidak bisa berbuat apa-apa dalam kodisi demikian dan frustasi menghadapi keadaan, sebelum hal buruk semacam demikian terjadi, marilah terlebih dahulu kita memulainya dengan berpikir tenang . Jika rutinitas pekerjaan yang sedang kita jalani saat ini mempunyai penghasilan yang pas-pasan namun kita tidak berani meninggalkannya.

Alangkah baiknya kita berpikir untuk melakukan usaha sampingan untuk menambah penghasilan yang kita miliki.Sebelum kita memulai menjalankan usaha sampingan, alangkah baiknya kita memperhatikan hal-hal berikut yang akan membuat usaha sampingan kita berjalan lancar dan tidak menganggu pekerjaan utama.

1. Memilih Usaha Sampingan dengan Modal yang Ringan
Banyak diantara yang enggan untuk melakukan usaha sampingan karena terkendala masalah modal. Namun sebenarnya hal ini bukanlah faktor utama yang menyebabkan seseorang itu tidak bisa melakuakan usaha sampingan. Banyak usaha sampingan yang dapat dilakukan dengan modal yang ringan bahkan ada juga usaha sampingan yang tidak menggunakan modal sama sekali seperti, menjual pulsa seluler, menjadi penulis lepas, memelihara burung berkicau, dll.

2. Memilih Usaha yang Seusai dengan Latar Belakang Pekerjaan
Memilih usaha sampingan yang baik itu sangat penting. Kerap kali usaha sampingan yang kita geluti membuat usaha atau pekerjaan utama kita terganggu dan hal semacan demikian tentunya akan membuat kita semakin stress. Memilih usaha yang dapat menunjang pekerjaan utama itu adalah hal pertama yang penting untuk kita pikirkan.

Dengan melakukan aktifitas yang sesuai dengan pekerjaan utama, kita dapat menjadi lebih profesioal dan ahli di dalam bidang pekerjaan yang sedang kita geluti tersebut. Misalnya jika kita menjadi seorang Guru bahasa inggris di SMP atau SMA, kita bisa melakukan usaha Bimbingan Belajar atau membuka kursus bahasa inggris di rumah.

3. Memilih Usaha Sampingan yang Menyenangkan 
Jika kita selalu tertekan dengan pekerjaan kantor, kita akan membutuhkan rileksasi atau ingin melakukan rekreasi ke suatu tempat untuk menenangkan pikiran. Sebenarnya kita bisa membuat sebuah usaha sampingan yang mana akan membuat kita menjadi relax, santai dan senang melakukannya. Dan tentunya mengurangi stress karena tuntutan kerja yang kerap kali kita hadapi. kita bisa melakukan usaha sampingan yang sesuai dengan kegemaran atau hobi yang kita miliki. 

Misalnya, ketika kita mempunyai hobi membuat kue, kita bisa melakukan usaha sampingan kue kering atau kue basah dengan menitipkannya di warung dekat lingkungan kita . selain itu, kita juga bisa menanam tanaman hias dirumah kita untuk menengkan pikiran dan setelah tanaman hias itu tumbuh indah, kitapun dapat menjualnya.

4. Menikmati Usaha Sampingan Tanpa Tekanan
Melakukan usaha sampingan bukan melakukan sesuatu hal yang seenak perut dan setelah itu bersantai ria. Di dalam melakukan usaha sampingan kita juga harus memulainya dengan perncanaan yang baik dan matang. Karena biar bagaimanapun usaha sampingan itu memerlukan usaha yang baik dan juga ekspektasi yang perlu kita canangkan.

Namun agar tidak memberatkan kita ketika menjalaninya kita harus memulainya dengan optimis dan ikhlas tanpa tekanan. Usaha sampingan haruslah diperlakukan semacam demikian. Namun bukan berarti menjalankannya tanpa keseriusan. Setiap usaha harus dijalankan dengan serius, tenang, dan santai.

5. Memahami Kendala Usaha Sampingan
Kendala utama dari pelaku usaha sampingan yaitu tidak adanya sifat konsisten yang dimiliki. Terkadang kita melakukannya atau menjalankannya beberapa bulan dan setelah itu meninggakannya begitu saja. Memang banyak faktor seseorang itu tidak bisa meneruskan usaha sampingannya itu. Disinilah kita memang perlu memilih usaha sampingan yang pantas untuk dipilih.

Memilih usaha sampingan yang tidak membutuhkan penanganan yang banyak adalah hal yang baik, begitu pula memilih usaha sampingan yang tidak menguras banyak waktu menjadi faktor terpenting yang tidak menganggu aktifitas utama. Kerap kali usaha sampingan dapat menganggu pekerjaan utama jika kita tidak dapat mengaturnya dengan baik.

6. Meningkatkan Usaha sampingan 
Ketika usaha sampingan yang sedang kita geluti tersebut ternyata mempunyai penghasilan yang bagus, alangkah baiknya kita mencoba untuk meningatkannya ke arah yang lebih serius. Siapa tau dari hal yang semacam demikian dapat menjadi usaha yang sangat tepat untuk kita jalani. Ketika penghasilan dari usaha sampingan melebihi penghasilan dari pekerjaan utama yang sedang kita jalani, janganlah terburu-buru untuk melepaskan pekerjaan utama tersebut. Meningkatkan usaha sampingan bukan berarti harus meninggalkan usaha utama.

Kita harus semakin menatanya dengan baik. Ketika pekerjaan sampingan dan utama kita sudah kita jalankan dengan baik, tentunya itu akan membuat penghasilan kita semakin melimpah. Demikianlah hal-hal yang sekiranya dapat diperhatikan ketika hendak memulai membangun usaha sampingan. Jangan sampai usaha sampingan yang akan kita jalani malah membuat kita semakin bangkrut karena melakukan usaha dengan menggunakan modal yang banyak namun ternyata tidak membuahkan penghasilan yang diharapkan.

Begitu pula ketika kita melakukannya tanpa prospek dan perencanaan yang jelas tentu usaha sampingan kita itu mempunyai peluang kegagalan yang tinggi. Kita hanya mendapatkan lelah tanpa tambahan hasil yang baik sedikitpun. Oleh karenanya, memahami apa yang akan kita lakukan sebelum melakukan hal tersebut sangatlah penting.

0 komentar:

Posting Komentar