Melirik Peluang Bisnis di Daerah Wisata

Melirik Peluang Bisnis Di Daerah Wisata Dunia pariwisata di Indonesia semakin berkembang dari waktu ke waktu, hal ini tidak mengherankan karena negara kita memiliki kekayaan wisata yang tidak diragukan lagi, sehingga menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Hal ini semakin membuka peluang bisnis dalam bidang pariwisata terlebih dengan banyaknya daerah wisata baru yang dibuka dan dikembangkan karena potensinya yang menarik.

Banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan di daerah wisata karena banyaknya pengunjung yang potensial untuk dijadikan target pasar. Jika Anda berminat membuka usaha di daerah wisata, maka berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang bisa anda pilih:

1. Usaha Penginapan
Usaha Penginapan
Sumber Gambar : syariah-gusetshouse.com
Usaha penginapan merupakan bisnis yang menjanjikan di daerah wisata, terlebih jika tempat wisata berupa pantai maupun pegunungan. Karena ada beberapa wisatawan yang ingin menikmati sunrise ataupun sunset dan akan lebih efektif jika menginap di daerah wisata tersebut agar memiliki waktu yang lebih banyak untuk menikmati fenomena alam tersebut.

2. Usaha kamar mandi umum
Usaha Kamar Mandi Umum
Sumber Gambar : everysinglemove.wordpress.com
Meskipun tampaknya sepele, namun usaha ini memiliki prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan. Tarif yang hanya berkisar Rp 2000 mungkin tampak kecil, namun bisa dibayangkan jika pengguna jasa kamar mandi umum mencapai ratusan orang setiap harinya, tentu hasilnya cukup menggiurkan. Yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan kamar mandi umum yang anda kelola agar wisatawan tidak merasa terpaksa harus menggunakan kamar mandi umum tersebut.

3. Usaha kuliner
Usaha Kuliner
Sumber Gambar : solusibisnismodalkecil.com
Jenis usaha yang satu ini tentu memiliki prospek yang bagus. Meskipun banyak saingan tapi hal itu tidak begitu berpengaruh banyak, karena pengunjung lokasi wisata juga tak kalah banyaknya. Berbagai jenis kuliner bisa dikembangkan seperti bakso, mie ayam, soto, maupun jajanan khas daerah wisata. Jika lokasi wisata berupa pantai, biasanya kuliner yang ditawarkan adalah jenis kuliner laut atau seafood sehingga wisatawan bisa menikmati hasil olahan laut khas daerah wisata yang dikunjungi.

4. Usaha toko oleh-oleh
Usaha Toko Oleh-Oleh
Sumber Gambar : barokahagung.wordpress.com
Berwisata tanpa membeli oleh-oleh untuk saudara tentu kurang afdol. Berdasarkan hal itu maka peluang usaha toko oleh-oleh merupakan jenis usaha yang memiliki prospek bagus. Anda bisa fokus pada salah satu jenis oleh-oleh yang anda tawarkan, seperti makanan khas daerah wisata tersebut, pakaian khas bertuliskan daerah wisata, maupun souvenir berupa hasil kerajinan khas daerah tersebut.

5. Usaha toserba
Usaha Toserba
Sumber Gambar : e-typos.com
Usaha jenis ini juga berpeluang bagus untuk dikembangkan di kawasan wisata, karena banyak wisatawan yang membutuhkan berbagai jenis keperluan selama berwisata, misalnya air mineral, snack, permen, tissue, minyak angin dsb.

6. Usaha counter pulsa
Usaha Counter Pulsa
Sumber Gambar : haniffikri.wordpress.com
Anda bisa bayangkan ketika sedang berwisata dan harus menghubungi keluarga atau rekan bisnis, tapi ternyata pulsa Anda 0 rupiah? Hal itu tentu tidak akan menjadi masalah besar jika di daerah wisata ada counter pulsa yang siap menambah saldo pulsa Anda sewaktu-waktu. Sehingga peluang usaha counter pulsa juga bisa dikembangkan di kawasan wisata yang ramai pengunjung.

7. Kios buah
Kios Buah
Sumber Gambar : geolocation.ws
Salah satu jenis usaha yang juga bisa dikembangkan di daerah wisata adalah kios buah, terlebih jika daerah tersebut merupakan daerah penghasil buah tertentu yang khas, tentu wisatawan tidak akan melewatkan kesempatan untuk membeli buah yang hanya bisa ditemukan di daerah wisata tersebut.

Itulah beberapa jenis peluang usaha yang bisa dikembangkan di daerah wisata dengan prospek yang cukup menjanjikan. Hal terpenting yang sebaiknya Anda lakukan dalam menjalankan usaha adalah menyediakan produk barang ataupun jasa yang berkualitas sehingga tidak mengecewakan wisatawan yang membeli ataupun menggunakan jasa di tempat Anda. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar