Bisnis Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga. Menjalani peran sebagai ibu rumah tangga dan harus berhenti bekarir bukan suatu alasan untuk tidak menghasilkan pundi-pundi rupiah. Banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga sembari mengasuh buah hati di rumah. Namun, sebelum memutuskan untuk memulai sebuah bisnis sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa informasi tentang bisnis tersebut. Salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan adalah pengaturan waktu untuk mengasuh anak dan pekerjaan. Jangan sampai Anda melalaikan tugas sebagai ibu rumah tangga karena bisnis baru yang Anda geluti.

Oleh karena itu, memilih bisnis yang tidak banyak menyita waktu adalah pilihan tepat. Beberapa usaha rumahan yang bisa menjadi ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang mempunyai waktu terbatas dan harus bekerja di rumah di antaranya adalah sebagai berikut.

Bisnis laundry
Bisnis Laundry
Sumber Gambar : bukausaha.com
Usaha laundry merupakan salah satu bisnis mudah dengan modal kecil. Di zaman yang modern seperti ini, banyak orang yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak sempat untuk mencuci baju. Peluang itulah yang menjadikan bisnis laundry menjadi bisnis menjanjikan. Untuk mendirikan usaha laundry Anda cukup memiliki satu mesin cuci dan seorang pegawai. Apalagi jika tempat tinggal Anda berada dekat dengan area kampus atau perumahan. Hal itu akan mempermudah Anda mencari pelanggan karena akan ada banyak mahasiswa yang akan membutuhkan jasa laundry.

Namun, tentunya akan ada pesaing bisnis yang harus Anda hadapi karena kemungkinan besar akan ada banyak orang yang juga memiliki bisnis yang sama. Dalam hal persaingan Anda tidak perlu gentar karena ada banyak cara untuk menghadapinya. Cara yang pertama tentu Anda harus mempromosikan usaha laundry baru ini agar orang-orang tahu tentang keberadaannya. Dalam masa promosi Anda bisa menarik pelanggan dengan diskon-diskon menarik ataupun paket-paket spesial laundry.

Bisnis jahit pakaian
Bisnis Jahit Pakaian
Sumber Gambar : febri-nurhidayat.blogspot.com
Membuka jasa menjahit pakaian adalah peluang usaha kedua yang bisa Anda geluti sebagai ibu rumah tangga. Tapi, tidak semua ibu rumah tangga bisa membuka bisnis menjahit karena menjahit pakaian memerlukan skill tersendiri. Anda cukup bermodalkan satu mesin jahit saja untuk memulainya. Agar dapat bersaing dengan penjahit-penjahit lain, Anda harus memiliki kreatifitas dan strategi marketing yang baik. Promosikan usaha jahit pakaian baru Anda ini dengan menyebar brosur ke berbagai tempat seperti perumahan, rumah kos-kosan, toko-toko dll.

Jika pesanan jahitan sudah mulai banyak dan menyita waktu Anda, merekrut pegawai adalah salah satu solusinya. Pilih pegawai yang sudah mahir menjahit sehingga Anda tidak repot karena harus selalu memantau pekerjaannya. Setelah sukses membuka tempat jahit pakaian, Anda bisa mengembangkan bisnis jahit ini dengan membuka tempat kursus jahit bagi orang-orang yang ingin belajar menjahit.

Bisnis katering
Bisnis Katering
Sumber Gambar : catering-surabaya.com
Bisnis ketiga yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah katering. Bisnis yang bergerak di bidang kuliner ini cukup menjajikan. Selain itu, bisnis yang satu ini tidak banyak menyita waktu dan para ibu rumah tidak perlu keluar rumah untuk melakukannya. Sebanyak apapun pesaing bisnis yang nantinya akan Anda temukan dalam bisnis ini bisa Anda antisipasi dengan memberikan masakan dan pelayanan terbaik untuk para pelanggan setia. Tidak hanya keuntungan ekonomi saja tetapi juga kegembiraan melakukan hobi masak bisa Anda lakukan dengan membangun bisnis katering.

Sebagai orang baru dalam bisnis kuliner, Anda harus bekerja keras dulu di awal. Karena saat memulainya Anda belum mempunyai pelanggan, maka untuk mendapatkan pelanggan Anda bisa menerapkan sistem jemput bola. Langkah awal bisa Anda mulai dengan menawarkannya kepada keluarga yang akan penyelenggarakan sebuah acara. Berikan pelayanan dan menu masakan yang kreatif dan enak untuk mendapatkan kesan pertama yang baik. Untuk meningkatkan pemasukan, Anda bisa harus mulai berani menerima pesanan dengan skala yang lebih besar seperti meenyediakan katering untuk acara wedding, khitanan, syukuran dll.

Bisnis pakaian
Bisnis Pakaian
Sumber Gambar : peluangbisnisrumahan2014.blogspot.com
Perkembangan teknologi yang semakin maju bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan tanpa harus meninggalkan tugas sebagai ibu rumah tangga. Untuk memulai bisnis ini Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk menyewa atau membangun sebuah toko. Untuk mengenalkan produk bisnis, Anda bisa memanfaatkan beberapa media sosial dengan mengunggah foto-foto pakaian yang Anda jual. Dalam hitungan detik Anda sudah berhasil mempromosikan baju-baju jualan Anda ini ke seluruh Indonesia.

Berbinis pakaian memang tidak ada matinya terutama pakaian wanita karena kebanyakan orang akan membeli pakaian untuk mengikuti tren. Oleh karena itu, jika Anda benar-benar ingin mengelola bisnis online baju maka mengetahui model baju yang lagi tren saat ini adalah keharusan. Anda juga bisa mengisi toko online Anda dengan baju-baju muslimah. Salah satu tantangan yang harus Anda hadapi ketika memulai bisnis online adalah membangun kepercayaan dari pelanggan jika toko online Anda adalah toko online yang terpercaya.

Bisnis kue
Bisnis Kue
Sumber Gambar : adateruss.blogspot.com
Bagi Anda yang mempunyai keahlian membuat kue yang super enak, menekuni bisnis kue adalah pilihan yang tepat. Dengan memulai bisnis ini, selain dapat membantu ekonomi keluarga juga dapat mengembangkan kemampuan dan melakukan hobi membuat kue. Namun, perlu Anda ingat jika tidak ada bisnis yang menawarkan jalan mulus. Semua bisnis akan menghadirkan banyak tantangan terutama dalam hal persaingan.

Untuk mangatasi persaingan Anda dapat menerapkan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan kreatifitas dan pelayanan yang baik kepada konsumen. Misalnya seperti membuat kue dengan bentuk yang unik dan menawarkan banyak varian rasa.

itulah sekilas informasi yang saya dapat berikan dalam peluang bisnis bagi para ibu rumah tangga, semoga bermanfaat!

0 komentar:

Poskan Komentar