Bisnis Menjanjikan Menjelang Lebaran

Bisnis Menjanjikan Menjelang Lebaran. Memasuki bulan ramadhan banyak pedagang musiman yang menjajakan dagangannya di pinggir-pinggir jalan. Barang dagangan yang mereka jajakan bervariasi mulai dari takjil sampai nasi untuk berbuka puasa. Keberkahan ramadhan tidak hanya sampai di situ saja karena hampir semua usaha mengalami peningkatan keuntungan karena permintaaan pasar yang terus naik sampai lebaran tiba.

Memasuki bulan yang suci sebelum mencapai hari kemenangan sebagian besar pembeli akan berbelanja untuk keperluan ramadhan dan lebaran. Ada beberapa bisnis yang memiliki peluang bagus saat bulan suci ramadhan yang bisa Anda geluti di antaranya sebagai berikut.

1. Menjual Makanan Takjil
Makanan Takjil
Sumber Gambar : ustadzaris.com

Usaha makanan takjil tidak sesederhana kelihatannya. Omset yang bisa Anda dapatkan akan jauh lebih tinggi dari perkiraan jika Anda berjualan saat bulan ramadhan. Hal itu dikarenakan pada bulan ramadhan masyarakat akan selalu berburu takjil untuk berbuka puasa setiap hari ketika menjelang sore. Banyak jenis makanan yang bisa Anda buat sendiri untuk dijual contohnya seperti kolak, klepon, serabi, pisang goreng dll. Apalagi jika Anda menjualnya di pinggiran jalan yang ramai tentu akan banyak pengendara yang akan mampir ke tempat Anda untuk membeli takjil saat waktu berbuka tiba.

Keuntungan yang besar ketika memulai bisnis takjil sudah banyak diakui oleh para pedagang musiman ramadhan. Menurut beberapa pedagang keuntungan yang akan didapatkan cukup besar dengan waktu berjualan yang singkat sekitar 3 jam saja. Keuntungan lain yang bisa Anda nikmati ketika memutuskan untuk menjadi pedagang takjil musiman adalah tidak perlu pusing mengenai modal. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis takjil terbilang sedikit dibandingkan bisnis yang lain.

2. Usaha Membuat dan Menjual Aneka Kue Khas Lebaran
Aneka Kue Khas Lebaran
Sumber Gambar : resephariini.blogspot.com

Menyambut akan datangnya hari kemenangan ada banyak tradisi dan cara yang dilakukan orang untuk merayakannya. Setiap negara memang mempunyai tradisinya masing-masing. Nah, untuk negara Indonesia sendiri selain menyediakan masakan khas lebaran seperti ketupat dan opor juga menyiapkan beberapa kue khas lebaran. Kue-kue lebaran itu akan di tata rapi di ruang tamu untuk menyambut para tamu yang datang bersilaturrahmi. Oleh karena itu, bagi Anda yang suka membuat kue menjadi pedagang kue saat momen lebaran memang pilihan bisnis yang tepat.

Beragam kue yang biasanya banyak diminati para pembeli di antaranya adalah kue putri salju, kue kastengel, kue nastar dll. Omset yang akan didapat lumayan tinggi tergantung pesanan yang datang. Modal yang dibutuhkan untuk memulainya sekitar 1 juta sampai 2 jutaan.

3. Bisnis Busana Lebaran
Busana Lebaran
Sumber Gambar : www.bajumuslim123.com

Seperti sudah menjadi kebiasaan turun temurun ketika lebaran harus mengenakan pakaian yang baru sebagai simbol bahwa jiwa sudah kembali suci. Karena hal inilah permintaan akan baju lebaran saat bulan ramadhan akan meningkat dan mencapai puncaknya pada akhir-akhir bulan ramadhan. Daya beli masyarakat yang meningkat inilah yang bisa Anda jadikan peluang usaha dengan omset yang lumayan. Banyak jenis busana lebaran dan pernak-perniknya yang bisa Anda jual saat momen tersebut. Misalnya seperti gamis, pakaian anak, mukena, sajadah, kerudung dll.

Sebagai pedagang musiman tentu sebagian besar dari Anda tidak mempunyai toko offline untuk promosi. Hal itu bukan menjadi masalah lagi di zaman sekarang ini karena Anda bisa mempromosikan barang dagangan Anda di media online. Semakin berkembangnya teknologi makin banyak kemudahan untuk berpromosi secara online misalnya melalui toko online, sosial media yang Anda miliki, dsb.

Selain promosi secara gratis Anda juga bisa memulai bisnis busana lebaran ini tanpa modal. Caranya Anda dapat mendaftar sebagai dropshipper dari supplier atau toko online yang sudah ada dan terpercaya. Dengan menjadi dropshipper Anda hanya bertugas untuk mempromosikan produk dari supplier untuk mendapatkan keuntungan.

4. Bisnis Hantaran lebaran atau Parsel
Hantaran lebaran atau Parsel
Sumber Gambar : tokoparcelmurah.blogspot.com

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk memberikan parsel kepada saudara dan rekan-rekan. Bisnis parsel ini memang diakui banyak penjual sebagai salah satu bisnis yang penjualannya meningkat drastis mencapai 300% selama musim lebaran. Banyak jenis parsel yang bisa Anda buat yaitu parsel makanan, parsel kelengkapan ibadah dll.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis parsel ini satu kunci suksesnya yaitu kerapian mengemas parsel. Kemasan yang rapi, unik dan menarik akan banyak diminati pembeli walaupun harganya sedikit lebih mahal.

5. Bisnis Salon
Salon
Sumber Gambar : beta.seputarukm.com

Tidak hanya pakaian saja yang harus baru saat hari kemenangan tiba tetapi penampilan juga harus baru. Oleh karena itu banyak wanita berbondong-bondong mengunjungi salon untuk mempercantik penampilan. Dari hanya sekedar mencuci atau memotong rambut sampai perawatan wajah dan tubuh.

Namun, mendirikan sebuah salon memang bukan perkara yang mudah karena banyak hal yang memang harus Anda pertimbangkan. Walaupun bisnis salon ini mempunyai peluang bisnis yang menjanjikan tidak hanya momen lebaran saja tetapi juga hari-hari biasa. Bisnis salon membutuhkan modal yang tidak bisa dibilang kecil. Anda harus menyewa tempat untuk salon yang lokasinya strategis. Selain itu, mencari pegawai salon yang mempunyai kompetensi juga bukan sesuatu yang mudah.

6. Bisnis Rental Mobil
Rental Mobil
Sumber Gambar : www.teropongbisnis.com

Tradisi mudik ke kampung halaman membuat bisnis rental mobil mempunyai peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya perantau yang membutuhkan mobil sebagai transportasi untuk pulang ke kampung halaman. Walaupun banyak transpotasi umum yang bisa digunakan tapi masih banyak keluarga yang menjadikan mobil sebagai transportasi pilihan untuk mudik lebaran. Modal yang harus dimiliki ketika akan mendirikan bisnis rental mobil memang besar tapi banyaknya modal tersebut akan sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Itulah sekilas tips dan informasi bisnis yang sampai saat ini masih tergolong menjanjikan menjelang lebaran. Semoga Anda berminat dan semoga berhasil!!

0 komentar:

Posting Komentar