Tips Sukses Memulai Bisnis Katering

Tips Sukses Memulai Bisnis Katering. Peluang usaha di bidang kuliner masih terbuka lebar dengan prospek bisnis yang menggiurkan. Warung makan di pinggir jalan sampai restoran mewah sekelas hotel bintang lima seolah tak pernah sepi dari pengunjung, karena masing-masing memiliki daya tarik yang menjadikan konsumen bersantap di warung makan maupun restoran mewah. Salah satu usaha kuliner yang juga tak kalah menjanjikan adalah usaha katering.

 Usaha katering seringkali diawali dari bisnis rumahan dalam skala kecil, namun tak jarang dari bisnis rumahan bisa menjelma menjadi bisnis besar jika dikelola dengan manajemen yang tepat dan profesional. Jika saat ini Anda tengah bingung untuk memulai suatu usaha maka tidak ada salahnya Anda memilih usaha katering sebagai usaha yang bisa Anda tekuni. Terlebih jika Anda telah memiliki bakat memasak, Anda bisa mengembangkan bakat Anda dalam usaha katering yang akan Anda rintis.

Jika Anda berniat menggeluti bisnis katering maka sebaiknya Anda mengetahui tips memulai bisnis katering yang tepat agar usaha katering Anda laku dan berkembang.

Berikut ini adalah tips memulai bisnis katering:

1. Modal
Modal dalam bisnis katering bisa terbagi dalam beberapa aspek, seperti modal bahan baku untuk menghasilkan masakan seperti misalnya beras, daging ayam, ikan, daging sapi, sayuran segar, bumbu dsb, modal lainnya adalah perlengkapan usaha seperti peralatan masak dan perlengkapan makan, modal skill atau keterampilan memasak sehingga menghasilkan masakan yang lezat. Rasa yang lezat dan penyajian yang menarik akan menambah nilai jual produk katering Anda.

2. Manajemen
Manajemen keuangan dalam usaha katering sangat penting karena berhubungan dengan pengaturan dan pengelolaan keuangan. Dengan manajemen keuangan yang tepat maka bisnis katering Anda akan bisa memperoleh keuntungan yang optimal. Anda juga harus memperhitungkan harga yang Anda tetapkan dengan kualitas masakan yang Anda tawarkan, perhitungkan juga modal yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku agar usaha Anda tidak rugi.
Tips Sukses Memulai Bisnis Katering
Sumber Gambar : nasikotaksurabayamurah.blogspot.com
3. Rekrutmen karyawan
Rekrutmen karyawan bisa Anda lakukan jika bisnis katering Anda semakin berkembang. Yang perlu Anda pertimbangkan adalah skill dan kepribadian calon karyawan Anda termasuk karakteristik calon karyawan. Pilihlah karyawan yang sudah berpengalaman tapi jika belum berpengalaman setidaknya memiliki skill yang baik sesuai bidangnya. Anda juga harus jeli memilih karyawan dengan karakteristik rajin dan cekatan, karena bisnis katering membutuhkan karyawan yang sigap dalam bekerja.

4. Marketing dan promosi
Salah satu strategi marketing yang bisa Anda lakukan adalah dengan menawarkan produk katering Anda di kantor-kantor di daerah Anda, maupun di tempat kos-kosan di daerah Anda. Selain itu Anda bisa mengajukan proposal kerjasama dengan wedding organizer di kota Anda sehingga produk katering Anda bisa menjadi penyaji makanan di acara yang diselenggarakan oleh event organizer maupun wedding organizer.

Dalam hal promosi Anda bisa memanfaatkan media sosial, dan memasang iklan di media cetak maupun radio untuk mempromosikan bisnis katering Anda supaya dikenal oleh masyarakat luas. Hal yang terpenting yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis katering adalah menjaga kualitas masakan, baik itu dari bahan baku yang selalu fresh maupun dari cita rasa masakan yang istimewa, hal ini sangat penting untuk menjaga kepercayaan konsumen.

Selain itu berikanlah pilihan menu yang bervariasi agar konsumen memiliki banyak alternatif pilihan sehingga tidak merasa bosan karena pilihan menu yang itu-itu saja.

Itulah beberapa tips memulai bisnis katering yang bisa Anda coba, jangan pernah takut untuk memulai usaha, jika tidak sekarang kapan lagi? Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar