Tips Menggeluti Bisnis Restoran Bagi Pemula

Tips Menggeluti Bisnis Restoran Bagi Pemula. Jika Anda merupakan karyawan abadi yang sepertinya sudah merasa jenuh menjalani pekerjaan dan rutinitas Anda yang itu-itu saja, mulai terpikir untuk membuka usaha sendiri dimana andalah bosnya? mungkin anda bisa mencoba bisnis kuliner seperti restoran yang prospeknya cukup menggiurkan.

Mengapa harus restoran? Karena pada dasarnya kebutuhan pokok manusia itu adalah makan, jadi sampai kapanpun bisnis kuliner seperti restoran akan semakin berkembang dan tetap eksis. Tentu saja ada beberapa cara mengembangkan bisnis restoran, terutama bagi Anda yang belum pernah menggeluti bidang ini sebelumnya.

Anda bisa menerapkan tips berikut ini untuk memulai bisnis restoran Anda:

1. Modal
Setiap usaha pasti membutuhkan modal, demikian juga dengan bisnis restoran ini. Persiapan modal yang matang tentu sangat diperlukan dalam membuka bisnis restoran ini. Karena modal ini akan digunakan untuk membangun atau menyewa tempat usaha, untuk biaya operasional restoran, dan modal operasional selama tiga bulan pertama seperti biaya training karyawan.

2. Pemilihan lokasi yang strategis
Pemilihan lokasi usaha yang strategis merupakan aspek penting yang sangat menentukan perkembangan bisnis restoran yang sedang Anda rintis. Beberapa lokasi strategis yang bisa Anda pilih antara lain lokasi di dekat perkantoran, pusat perbelanjaan, tempat wisata, maupun pinggir jalan raya.

3. Tersedia lahan parkir
Selain pemilihan lokasi yang strategis, Anda juga jangan lupa untuk menyediakan lahan parkir. Banyak restoran atau bahkan caffe tempat nongkrong yang tidak tersedia lahan parkir, ini akan berpengaruh pada bisnis restoran Anda. Mungkin tidak hanya 1-2 orang yang membawa kendaraan mereka untuk mampir makan di restoran Anda, jika tidak ada lahan parkir yang cukup untuk kendaraan mereka maka mereka akan enggan untuk mengunjungi restoran Anda.

4. Konsep restoran yang beda dan unik
Salah satu cara mengembangkan bisnis restoran adalah dengan menerapkan konsep berbeda yang unik dalam bisnis restoran Anda. Karena hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi usaha Anda. Tema atau konsep lain dari yang lain akan lebih diingat daripada konsep yang biasa-biasa saja. Seperti misalnya pemilihan desain interior yang unik, nama restoran yang unik, pemilihan menu makanan yang unik maupun fasilitas yang ditawarkan, seperti frew Wifi, smooking area, ruang meeting dsb.

Tips Menggeluti Bisnis Restoran Bagi Pemula


5. Membuat S.O.P
S.O.P diperlukan untuk menentukan standar perusahaan dalam kegiatan operasional bisnis, seperti cara kerja setiap departemen, tata cara penyajian, administrasi dan keuangan yang sudah diatur secara jelas dan terstandar. Dengan demikian bisa melancarkan setiap kegiatan bisnis dan operasional restoran itu sendiri.

6. Rekrutmen manajemen dan karyawan
Peran manajemen akan sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis restoran ini selain juga beberapa staf service maupun crew kitchen. Usahakan untuk memilih karyawan yang berpengalaman dengan karakter disiplin, rajin dan pekerja keras. Selain itu pekerja atau karyawan di restoran tentu harus ramah, tidak bau badan dan cekatan. Jika tidak, maka konsumen akan punya kesan yang buruk saat berkunjung ke restoran Anda.

7. Membuat inovasi menu yang unik dan bervariasi
Pemilihan menu pun akan sangat berpengaruh dalam usaha restoran yang sedang Anda rintis. Menu yang unik dengan cita rasa yang khas bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi restoran Anda, tentu saja harus diimbangi harga yang kompetitif agar menarik masyarakat. Selain unik, variasi jenis makanan dan minuman juga penting dalam usaha restoran, karena konsumen bisa lebih leluasa dalam memilih menu yang sesuai selera lidahnya masing-masing.

8. Marketing dan promosi yang menarik
Restoran yang baru Anda rintis tentunya membutuhkan promosi yang menarik agar dikenal oleh masyarakat luas, selain juga marketing yang tepat dan fokus pada pengembangan bisnis ini. Beberapa trik promosi yang bisa dilakukan misalnya pemasangan iklan di radio, media massa, media sosial, pamflet atau brosur, penawaran discount selama grand opening, maupun voucher makan gratis dengan syarat dan ketentuan tertentu. Anda juga bisa menawarkan fasilitas delivery bagi mesyarakat, sehingga memudahkan mereka untuk menikmati menu yang ada di restoran anda tanpa harus datang ke restoran Anda.

9. Pembuatan ijin usaha
Ijin usaha dalam setiap bisnis khususnya bisnis restoran ini sangatlah penting, karena berkaitan erat dengan pajak yang harus dikeluarkan dan juga demi keamanan dan kenyamanan selama menjalankan usaha.

Itulah beberapa tips mengembangkan bisnis restoran yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan bisnis restoran Anda. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar