Tips Memulai Bisnis Laundry

Tips Memulai Bisnis Laundry. Musim penghujan yang panjang ditambah masyarakat yang menyukai hal-hal yang praktis membuat peluang usaha laundry masih cukup menjanjikan sampai saat ini, meskipun bisnis ini tampaknya semakin menjamur dan menunjukkan adanya persaingan yang tidak bisa dianggap enteng, karena hampir di setiap tempat berdiri usaha laundry dengan berbagai penawaran yang menarik. Jasa laundry memang selalu dicari, apalagi bagi para pekerja atau mahasiswa yang tidak memiliki waktu luang untuk mencuci baju sendiri. Laundry menjadi satu-satunya solusi bagi mereka untuk menghemat waktu dan tenaga. Peluang usaha laundry ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Jika Anda berniat menggeluti usaha laundry ini maka sebaiknya Anda mengetahui tips memulai bisnis laundry yang tepat agar usaha Anda maju dan berkembang sehingga bisa memenangkan persaingan bisnis.
Berikut ini adalah tips memulai bisnis laundry yang bisa Anda lakukan ketika ingin menjalani usaha laundry :

1. Modal
Modal dalam usaha laundry bisa terbagi dalam beberapa bagian seperti modal bahan misalnya detergen, pewangi dan pelembut pakaian, perlengkapan usaha seperti mesin cuci, mesin pengering, hanger, setrika, plastik untuk mengemas, nota dan jangan lupa juga untuk mempersiapkan modal untuk hal-hal mendadak. Maka dari itu untuk memulai suatu bisnis apapun itu harus dipastikan bahwa Anda memiliki modal yang sangat matang, jangan sampai bisnis Anda berhenti ditengah jalan!

2. Manajemen yang Tepat
Selain modal, manajemen bisnis Anda harus tertata agar usaha yang Anda geluti tetap berjalan lancer. Tentu saja dengan manajemen keuangan yang rapi tertata dan tepat maka usaha laundry Anda akan memperoleh keuntungan yang maksimal. Dalam menetapkan harga Anda harus mempertimbangkan dan memperhatikan dimana Anda membuka bisnis Anda. Contohnya jika Anda membuka didekat kampus, banyak mahasiswa/i yang bertempat tinggal disekitaran kampus maka Anda harus menyesuaikan dengan harga mahasiswa atau pelajar.

Tips Memulai Bisnis Laundry

3. Memilih Lokasi Usaha
Usahakan untuk memilih lokasi yang mudah diakses oleh masyarakat banyak dan dekat dengan pusat keramaian, karena hal ini akan lebih mempermudah usaha Anda untuk tetap terlihat dan menguntungkan. Anda bisa memilih lokasi yang strategis sebagai salah satu cara mengembangkan usaha laundry Anda, seperti lokasi yang padat penduduk, dekat dengan rumah sakit, kos-kosan mahasiswa atau karyawan, hotel, serta pinggir jalan raya.

4. Rekrutmen Karyawan
Rekrutmen karyawan bertujuan agar usaha Anda semakin maju dan berkembang, dengan harapan semakin banyak karyawan yang bekerja maka semakin cepat pekerjaan yang bisa diselesaikan seperti mencuci dan setrika. Usahakan untuk memilih karyawan dengan karakteristik pekerja keras, rajin, disiplin, sopan dan jujur.
Dengan karakter karyawan yang disiplin dan rajin maka penyelesaian pekerjaan bisa cepat sesuai dengan yang diharapkan tapi dengan merekrut karyawan bukan berarti Anda tidak terjun dalam bisnis Anda, ada baiknya jika Anda ikut bekerja dalam bisnis Anda karena itu juga akan mempermudah Anda mengontrol bisnis Anda.

5. Marketing, Pelayanan dan Promosi
Semua bisnis yang baru dijalani tentu saja perlu pengenalan, bagaimana cara pengenalan bisnis itu sendiri kepada masyarakat? Agar bisnis Anda dikenal oleh masyarakat sekitar, maka dikenal lah marketing dan promosi. Strategi marketing dan promosi yang tepat akan meningkatkan jumlah konsumen jasa laundry Anda. Usahakan untuk mempromosikan usaha laundry Anda secara menarik sehingga bisa membuat konsumen tertarik untuk menggunakan jasa laundry di tempat Anda.

Anda bisa menggunakan selebaran pamflet, atau memasang iklan di koran. Anda bisa juga membuka layanan jemput antar jarak dekat untuk memudahkan konsumen dalam menggunakan jasa laundry Anda. Dalam hal pelayanan maka Anda harus selalu menunjukkan sikap ramah kepada konsumen dan selalu menjaga kualitas layanan usaha laundry Anda, sepert tepat waktu dan teliti, jangan sampai ada pakaian yang tercampur, tertukar dengan milik konsumen yang lain atau bahkan sampai luntur, karena itu sangat berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen.

Yang tidak kalah penting adalah kejujuran, yaitu selalu bersikap jujur ketika menemukan benda berharga di kantong pakaian milik konsumen, yaitu dengan mengembalikannya pada konsumen. Selain itu Anda juga bisa menawarkan kerjasama dengan hotel di sekitar lokasi usaha Anda sehingga bisa secara kontinyu menggunakan jasa laundry Anda. Berikan juga penawaran laundry secara kilat atau langsung kering dengan harga yang berbeda tentunya.

Itulah beberapa tips memulai bisnis laundry yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar