Meraup Untung dari Bisnis Kuliner Online

Meraup Untung dari Bisnis Kuliner Online. Bisnis kuliner diyakini sebagai salah satu jenis usaha yang menjanjikan, mengingat minat konsumen yang tinggi terhadap jenis kuliner tertentu yang mungkin belum banyak dijumpai di masyarakat. Pengembangan bisnis kuliner pun ternyata beragam dan peluang untuk mengembangkan bisnis ini semakin terbuka secara online.

Bisnis kuliner yang dijalankan secara online memiliki berbagai keuntungan, meski demikan ada resiko tertentu yang harus diantisipasi agar tidak berujung pada kerugian.
Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis kuliner online:

  • Tidak harus memiliki ruang usaha secara fisik
Berbeda dengan usaha kuliner lainnya yang harus memiliki ruang usaha sebagai media untuk menjual kuliner kepada konsumen, maka bisnis kuliner online tidak memerlukan ruang usaha secara fisik. Cukup dapur di rumah untuk memasak kuliner yang diorder oleh konsumen.

  • Cook by order
Seperti halnya restoran yang menyajikan makanan berdasarkan order konsumen, dalam bisnis kuliner online pun demikian. Masakan yang dimasak sesuai order konsumen tentu akan lebih menguntungkan jika dilihat dari segi kepraktisan, karena tidak perlu masak dalam jumlah yang banyak sehingga akan terhindar dari kerugian jika konsumen yang order makanan tersebut hanya sedikit.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan jika ingin memiliki bisnis kuliner online:

Modal
Setiap usaha tentu membutuhkan modal, begitu juga dengan bisnis kuliner online ini. Modal dalam bisnis ini bisa berupa peralatan dan perlengkapan masak, kemasan untuk mengemas makana maupun bahan makanan yang akan dimasak. Modal lain yang sangat penting adalah koneksi intenet karena pemasaran dari bisnis kuliner online mengandalkan internet sebagai media untuk menawarkan produk kuliner kepada konsumen.

Kurir
Untuk menjalankan bisnis kuliner online ini dibutuhkan jasa kurir, karena bisnis ini bersifat pesan antar atau delivery order sehingga peran kurir sangat dibutuhkan untuk mengirimkan pesanan konsumen.

Meraup Untung dari Bisnis Kuliner Online

Inovasi
Jenis kuliner yang berbeda dan unik tentu akan lebih menarik perhatian konsumen sehingga berminat untuk melakukan order, misalnya rica-rica mentok, rica-rica ceker ayam, seafood pedas dsb.

Marketing efektif
Karena sifatnya yang online, maka marketing online yang Anda pilih harus efektif dan tepat sasaran, misalnya sering upload foto kuliner yang Anda tawarkan, sering upload produk kuliner terbaru yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan harga kuliner plus ongkos kirim agar konsumen tidak bertanya-tanya lagi. Sertakan juga promosi yang menarik seperti penawaran discount untuk minimal order dalam jumlah tertentu.

Selain beberapa keuntungan, bisnis kuliner online juga memiliki resiko seperti di bawah ini:

  • Konsumen yang tidak jelas
Anda harus bisa mengantisipasi adanya konsumen yang tidak jelas, seperti iseng order tapi hanya PHP (pemberi harapan palsu). Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan melayani order dengan jumlah atau kuota tertentu per hari sehingga jika dalam sehari ada 10 order yang masuk dan ternyata 1 order hanya PHP, maka setidaknya Anda tidak rugi ongkos bensin mengingat ada 9 order yang benar.

  • Koneksi internet yang lelet
Koneksi internet yang lelet tentu akan menghambat bisnis kuliner online Anda, Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan memilih layanan internet yang bagus di daerah tempat tinggal Anda, karena belum tentu layanan internet yang satu bagus di dareah tertentu begitupun sebaliknya.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin membuka bisnis kuliner secara online, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar