Cara Memulai Bisnis Les Privat yang Tepat

Cara Memulai Bisnis Les Privat yang Tepat ,Saat tahun ajaran sekolah akan berakhir banyak orangtua yang memasukkan anak-anaknya ke lembaga bimbingan belajar untuk mendapatkan pelajaran tambahan dalam mata pelajaran yang dinilai masih kurang dalam pemahaman anak. Hal ini berdampak pada peningkatan peserta didik di lembaga bimbingan belajar secara signifikan. Jika Anda berminat terjun dalam bisnis les privat ini, tidak ada salahnya Anda mencoba karena peluang bisnis les privat masih terbuka lebar dan cukup prospeknya masih cukup menjanjikan.

Cara Memulai Bisnis Les Privat yang Tepat

Anda bisa menjadikan usaha ini sebagai kerja sampingan, jika sudah memiliki usaha utama yang tidak mungkin ditinggalkan Anda bisa menjadi guru privat atau membuka usaha les privat tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama Anda. Anda perlu mengetahui cara memulai bisnis les privat agar usaha Anda banyak diminati oleh orang tua yang menginginkan anaknya memiliki nilai tinggi di sekolah.

Berikut ini adalah beberapa cara memulai bisnis les privat yang bisa Anda coba jika ingin menjalankan usaha ini.
  • Modal
Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan jika Anda ingin membuka bisnis les privat dengan sistem murid datang ke tempat Anda. Salah satunya yang wajib Anda memiliki adalah ruangan yang dipergunakan untuk les. Modal lain yang Anda perlukan adalah meja, kursi, white board, spidol, penghapus, kertas dan perlengkapan lain yang mendukung kegiatan belajar memgajar di tempat Anda.

Namun jika les privat Anda bersifat individu, yaitu Anda sendiri yang akan memberikan les privat kepada murid dan tidak memiliki tempat yang mendukung, Anda bisa melakulan les privat dengan cara datang ke rumah murid. Dengan melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah murid Anda. Modal lain yang juga sangat penting adalah telepon sebagai sarana untuk memudahkan komunikasi antara Anda dengan murid dan orang tua murid untuk mengatur jadwal ataupun pembatalan jadwal karena suatu hal tertentu.
  • Ruang Usaha
Ruang usaha sangat penting untuk Anda yang ingin membuka lembaga bimbingan belajar dengan metode murid yang datang ke tempat Anda. Ruang usaha yang sebaiknya digunakan adalah yang mudah diakses oleh masyarakat, dan perlu mrmpertimbangkan luas bangunan agar murid merasa nyaman dalam kegiatan belajar.
  • Rekrutmen Tenaga pengajar
Rekrutmen pengajar sangat penting untuk melengkapi berbagai mata pelajaran yang dibutuhkan oleh murid. Jika bisnis les privat Anda sudah semakin maju, maka Anda juga membutuhkan customer service yang nantinya akan melayani setiap pertanyaan orang tua terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan les privat yang dijalani. Anda juga dapat merekrut tenaga pengajar atau mahasiswa tingkat akhir yang sesuai dengan bidang ilmu yang Anda butuhkan.
  • Marketing dan promosi
Strategi marketing yang baik dalam bisnis les privat akan meningkatkan jumlah peminat dari bisnis les privat Anda. Anda bisa membagikan brosur yang berisi informasi lengkap mengenai bisnis les privat ke sekolah-sekolah di daerah Anda. Bagikan juga kartu nama Anda kepada orangtua murid yang sedang menunggu di luar sekolah. Anda juga bisa memberikan penawaran discount untuk 5 orang pendaftar pertama dsb.

Yang terpenting adalah kualitas pembelajaran yang diberikan harus bisa dibuktikan dengan hasil yang akan dicapai di sekolah masing-masing, hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan orang tua murid, dan bukan tidak mungkin akan merekomendasikan lembaga les privat Anda kepada orang tua yang lain.



Itulah beberapa cara memulai bisnis privat yang tepat, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar