Dampak merugikan kebiasaan merokok bagi kulit

Rokok merupakan salah satu benda berbahaya yang mesti di jauhi karena semua orang pastinya telah mengetahui bahayanya dari kebiasaan bagi kesehatan. Racun yang terdapat didalam rokok terbukti menjadi pemicu dari berbagai macam penyakit yang muncul diakibatkan dari kebiasaan menghisap rokok. Beberapa diantaranya bahkan penyakit-penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker, penyakit jantung hingga gangguan pernapasan.

Tetapi tidak banyak yang mengetahui bahwa merokok juga bisa mengakibatkan kulit sehat mengalami kerusakan didalam jaringan kulit. Hal ini diakibatkan oleh zat yang terkandung dalam rokok yang secara otomatis dapat menurunkan aliran darah sehingga nutrisi yang dibutuhkan kulit tidak terpenuhi secara maksimal. Ciri-ciri dari seorang perokok biasanya biasanya ditandai dengan penampakan kulit kering atau kulit yang terlihat kusam.

Banyak dampak merugikan kebiasaan merokok bagi kulit, diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyembuhan luka menjadi lambat
Merokok dapat menghambat regenerasi kulit. Sehingga penyembuhan luka menjadi lambat. Ini disebabkan karena zat nikotin dalam rokok. Zat ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah dalam tubuh. Asap yang dikeluarkan dari rokok mengurangi oksigen yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel yang mati.

Penuaan dini
Merokok menjadi salah satu faktor penyebab penuaan dini. Karena didalam rokok terdapat zat yang bersifat fototoksik. Asap rokok yang langsung terkena sinar ultraviolet menjadikan rokok bersifat fototoksik. Akibatnya jika terkena kulit, maka kulit akan keriput. Jaringan kolagen pada kulit akan rusak sehingga kulit berubah menjadi kendur, kusam dan kering.

Perubahan kulit
Merokok berbahaya bagi kesehatan juga dikarenakan menghambat aliran darah ke kulit. Hormone vasepresin akan terlepas setelah orang tersebut merokok. Sehingga akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, kusam, gatal dan mudah iritasi.

Adanya kerutan pada wajah
Terdapat banyak kerutan di wajah. Khususnya di daerah bibir dan mata. Karena kebiasaan merokok menggunakan otot bibir sehingga menyebabkan banyak kerutan di bibir. Ketika merokok akan mengeluarkan asap yang mengakibatkan mata menyipit. Sehingga otot mata bekerja dan membuat kerutan.

Jika pada saat ini Anda sedang melakukan diet ataupun tengah giat dalam mengimplementasikan cara merawat kulit yang maksimal, maka sebaiknya Anda dianjurkan untuk mengurangi atau menghilangkan kebiasaan merokok.
Stop merokok

0 komentar:

Posting Komentar