7 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar | Pixabay


Usaha rumahan modal kecil untung besar bisa jadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin berbisnis. Dengan modal yang minim, sebenarnya ada banyak lho jenis usaha rumahan yang bisa kamu jalankan.

Contohnya usaha makanan dan minuman, membuat produk handmade, hingga jasa konsultasi atau pemasaran digital. Berikut beberapa ide usaha rumahan yang dapat dijalankan dengan modal kecil namun memiliki potensi untung besar.


  1. Jualan Makanan atau Minuman Kekinian

Jualan makanan atau minuman merupakan jenis usaha rumahan modal kecil untung besar yang cukup populer. Salah satu contohnya adalah, menjual kue basah atau makanan ringan yang diproduksi dengan biaya rendah. 

Selain itu, menjual minuman seperti kopi atau teh juga bisa jadi ide usaha yang menjanjikan. Dalam menjalankan usaha ini tentunya diperlukan keahlian dalam memasak atau membuat minuman yang enak dan berkualitas.


  1. Membuat Produk Handmade

Membuat produk handmade merupakan jenis usaha rumahan yang dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan. Handmade dapat berupa kerajinan dari kain, kayu, atau bahan-bahan lain.

Produk tersebut nantinya bisa dijual secara online maupun offline. Dalam menjalankan usaha handmade, kamu butuh keterampilan khusus dalam membuat kerajinan yang menarik dan berkualitas.


  1. Pemasaran Digital

Pemasaran digital merupakan salah satu bidang yang semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Jika Anda memiliki keahlian dalam pemasaran digital, Anda dapat membuka jasa pemasaran digital yang dapat dilakukan dari rumah. 

Dalam menjalankan usaha rumahan modal kecil untung besar ini, kamu bisa dapat membantu bisnis kecil atau UMKM dalam mempromosikan produk atau jasa lewat media sosial, SEO, atau iklan online. 


  1. Jasa Konsultasi atau Pelatihan

Untuk mereka yang memiliki keahlian atau pengalaman dalam bidang tertentu, menjalankan usaha jasa konsultasi atau pelatihan bisa menjadi ide yang menarik, dan wajib dipertimbangkan sebagai usaha rumahan modal kecil untung besar. 

Dalam menjalankan usaha ini, kamu bisa memberi konsultasi atau pelatihan secara online melalui Zoom atau Skype. Biasanya tarif usaha di bidang ini cukup tinggi, sehingga potensi keuntungannya cukup besar.


  1. Jualan Online

Dalam era digital seperti saat ini, menjual produk secara online bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulai usaha rumahan. Kamu bisa menjual berbagai produk, seperti pakaian, aksesoris, dan lainnya. 

Ide lainnya yang wajib dipertimbangkan adalah, menjual produk digital seperti ebook atau template desain. Tinggal pilih saja bidang yang kamu kuasai, dan memiliki pangsa pasar yang cukup tinggi.


  1. Jasa Penulis atau editor

Jika kamu punya keahlian dalam menulis atau mengedit artikel, membuka jasa penulis atau editor bisa jadi ide usaha rumahan modal kecil untung besar, dengan target utama perusahaan yang membutuhkan konten untuk media sosial. 

Modal dalam menjalankan bisnis ini tergolong ringan, hanya seperangkat PC atau laptop, dengan paket data yang stabil. Dalam menjalankan usaha ini, pastikan kamu memiliki keahlian copywriting yang baik.


  1. Jasa Fotografie

Bagi mereka yang memiliki keahlian dalam fotografi, membuka jasa fotografi bisa jadi ide usaha rumahan yang menjanjikan. Kamu bisa menawarkan jasa untuk berbagai keperluan, seperti acara wedding, ulang tahun dan lainnya.

Nah itu dia 7 usaha rumahan modal kecil untung besar yang bisa kamu coba jalankan. Jangan khawatir, pangsa pasar bisnis-bisnis di atas cukup tinggi, kamu hanya perlu konsisten dan keyakinan yang kuat bisnis tersebut akan berkembang.