5 Cara Memanfaatkan Smartphone Untuk Bisnis

Cara Memanfaatkan Smartphone Untuk Bisnis
Cara Memanfaatkan Smartphone Untuk Bisnis | Pixabay


Memanfaatkan smartphone untuk bisnis dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan waktu kerja. Tidak hanya itu, smartphone juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah keuntungan dalam bisnis.

Tapi tidak mudah. Dalam menjalankan bisnis dengan menggunakan smartphone, ada beberapa trik yang harus kamu lakukan. Berikut adalah 5 tips mudah yang dapat membantu Anda memanfaatkan smartphone untuk bisnis:


  1. Gunakan Aplikasi Bisnis

Ada banyak aplikasi bisnis yang tersedia di App Store dan Google Play Store yang dapat membantu kamu mengelola bisnis, mulai dari aplikasi pengelola keuangan, manajemen proyek, pengatur jadwal, dan lainnya. 

Kamu bahkan bisa menggunakan aplikasi komunikasi seperti Slack, WhatsApp, atau Zoom untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, baik dalam bentuk promosi, peningkatan mutu pelayanan, hingga direct selling.


  1. Gunakan Kamera Smartphone

Kamera smartphone bisa digunakan untuk mengambil gambar produk, kemudian membagikan gambar tersebut ke media sosial atau situs web yang kamu kelola, seperti Instagram, facebook, Twitter, dan situs e-commerce atau marketplace. 

Selain itu, kamu juga juga dapat menggunakan kamera smartphone untuk membuat video promosi atau tutorial. Video tersebut bisa digunakan sebagai bagian dari upaya dalam meningkatkan layanan pelanggan.


  1. Manfaatkan Fitur Cloud Storage

Fitur cloud storage atau layanan penyimpanan data secara online, seperti Google Drive, Dropbox dan lainnya, memungkinkan kamu untuk bisa menyimpan dan berbagi dokumen bisnis dengan mudah yang bisa diakses dari smartphone. 

Dengan menggunakan smartphone, kamu juga bisa mengakses dokumen tersebut dari mana saja dan kapan saja. Bahkan dengan beberapa fitur tambahan, dokumen tersebut bisa diubah, atau dibuat bersama tim, sesuai dengan kebutuhan.


  1. Perluas Jaringan Kontak

Gunakan media sosial untuk memperluas jaringan kontak bisnis kamu. Kamu bisa memanfaatkannya lewat platform seperti LinkedIn untuk dunia profesional, Instagram untuk promosi bisnis, TikTok, dan lainnya. 

Platform tersebut juga bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk, sekaligus berinteraksi langsung dengan pelanggan atau mitra bisnis potensial dengan lebih mudah, hanya lewat smartphone dalam genggaman.


  1. Pantau Bisnis Kamu Secara Berkala

Gunakan aplikasi analitik seperti Google Analytics atau Facebook Insights untuk memantau kinerja bisnis yang kamu kelola. Di sini, kamu bisa melihat statistik kunjungan, penggunaan aplikasi, atau tingkat keterlibatan. 

Informasi ini dapat membantu kamu mengambil keputusan yang lebih baik, dengan tujuan utama meningkatkan kinerja bisnis, dan melipatgandakan nilai bisnis serta potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.