Produk Terlaris di Bulan Ramadhan. Kamu Wajib Membidiknya!

Produk Terlaris di Bulan Ramadhan
Produk Terlaris di Bulan Ramadhan | Pixabay


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Di momen ini, seluruh umat muslim di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa, dan mengoptimalkan aktivitas ibadah demi mendulang banyak pahala. 

Tidak hanya itu, bulan Ramadhan juga jadi momen penting bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan angka penjualan produk mereka. Hal inilah yang membuat banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba menghadirkan berbagai jenis produk.

Produk terlaris selama bulan Ramadhan sendiri cukup bervariasi, tergantung dari negara dan budaya yang berlaku di sana. Berikut beberapa produk terlaris selama bulan Ramadhan. 


  1. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman merupakan salah satu produk yang paling banyak dicari selama bulan Ramadhan, terutama makanan yang biasa digunakan sebagai menu takjil seperti kurma, kolak, candil, bubur kacang, kopyor dan lainnya. 

Dalam kategori minuman, kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk jus buah, minuman kekinian seperti boba, thai tea, es buah, es campur.

Untuk kategori makanan sehat, makanan seperti buah-buahan, salad buah, salad sayuran, kelapa muda dan produk-produk olahannya, merupakan produk yang wajib dipertimbangkan untuk dijual selama bulan Ramadhan.


  1. Pakaian

Selain makanan dan minuman, pakaian jadi salah satu produk yang cukup banyak dicari selama bulan Ramadhan, terutama bagi umat muslim yang membutuhkan pakaian khusus untuk menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya. 

Beberapa jenis pakaian yang biasanya dicari selama bulan Ramadhan di antaranya:

  1. Baju muslim: Seperti gamis, jubah, kaftan, dan sejenisnya. Baju muslim yang nyaman dan mudah dipakai dapat memudahkan pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan.

  2. Mukena: Mukena merupakan pakaian khusus wanita muslimah untuk melaksanakan salat tarawih di masjid. Mukena biasanya terbuat dari bahan yang ringan dan nyaman dipakai.

  3. Pakaian anak-anak: Pakaian anak-anak seperti baju koko, gamis anak, dan sejenisnya juga merupakan produk yang dicari selama bulan Ramadhan. Biasanya pakaian anak-anak dihias dengan ornamen-ornamen islami yang menarik perhatian.

  4. Kain batik: Kain batik sering digunakan sebagai bahan untuk membuat baju muslim dan pakaian khusus lainnya selama bulan Ramadhan. Kain batik juga sering dijadikan oleh-oleh khas bulan Ramadhan.

  5. Busana muslim untuk lebaran: Bulan Ramadhan juga menjadi momen untuk mempersiapkan busana muslim untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Selama bulan Ramadhan, biasanya banyak toko pakaian yang menawarkan diskon untuk busana muslim dan aksesoris untuk merayakan Idul Fitri.

Karena pangsa pasarnya sangat luas, dan sedang dibutuhkan banyak orang, kamu bisa memanfaatkan momen bulan Ramadhan ini untuk menawarkan berbagai jenis pakaian yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen.


  1. Produk Kecantikan

Sudah bukan rahasia lagi jika Idul Fitri jadi momen yang paling banyak ditunggu. Banyak orang yang ingin terlihat lebih cantik, terutama kaum wanita, sehingga produk-produk kecantikan banyak dicari selama bulan Ramadhan. 

Ada beberapa jenis produk kecantikan yang biasanya dicari sebagai produk perawatan rutin, beberapa di antaranya:

  1. Produk-produk perawatan kulit seperti cleanser, toner, serum, dan moisturizer. Produk-produk tersebut sangat dibutuhkan untuk merawat kulit agar tidak kering dan tampak kusam.

  2. Produk perawatan rambut seperti shampo, conditioner, dan hair serum juga dibutuhkan untuk menjaga rambut tidak menjadi kering dan rapuh, sekaligus membantu menjaga kelembapan dan kekuatan rambut.

  3. Produk make-up seperti foundation, concealer, lipstik, dan mascara untuk mengoptimalkan tampilan harian selama bulan Ramadhan. 

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan jualan produk perawatan kuku seperti base coat, top coat, dan nail polish, produk parfum, pengharum pakaian, alat-alat untuk mencuci, dan lainnya. 


  1. Produk Digital

Produk digital juga menjadi salah satu produk yang banyak dicari selama bulan Ramadhan, bukan hanya produk digital ramah muslim dan sesuai dengan nilai-nilai Islam, tapi juga produk digital lainnya pengisi waktu luang. 

Berikut beberapa contoh produk digital yang populer selama bulan Ramadhan:

  1. Aplikasi Muslim seperti aplikasi jadwal shalat, Al-Quran digital, aplikasi doa, dan aplikasi zakat.

  2. E-Book mengenai agama Islam, seperti tafsir Al-Quran dan hadis, bisa menjadi produk digital yang populer selama bulan Ramadhan.

  3. Aplikasi kuliner dapat membantu konsumen untuk menemukan resep baru dan mengeksplorasi berbagai macam makanan dan minuman.

  4. Aplikasi belanja online, seperti aplikasi penyedia bahan makanan dan minuman, pakaian, produk kecantikan dan lainnya. 

Selain itu, selama bulan Ramadhan, banyak orang yang ingin melakukan amal dan berdonasi untuk membantu sesama. Aplikasi donasi online merupakan salah satu produk digital yang cukup laris untuk memudahkan kamu berdonasi dengan cepat dan mudah tanpa harus datang ke lokasi donasi.


  1. Barang-barang Keperluan Rumah Tangga

Barang-barang keperluan rumah tangga seperti alat masak, piring, dan gelas juga terjual dengan baik selama bulan Ramadhan. Orang sering menggunakan waktu di rumah untuk memasak dan menghidangkan makanan untuk keluarga.

Dengan banyaknya peluang bisnis yang terbuka lebar selama bulan Ramadhan, tidak ada salahnya kamu mulai mempertimbangkan untuk menjual produk-produk tersebut demi mencukupi kebutuhan konsumen. 

Tapi ingat, jangan sampai aktivitas jualan kamu mengurangi atau mengganggu prioritas dalam beribadah, seperti membaca Al-Quran, meningkatkan aktivitas sedekah, bersilaturahmi, menuntut ilmu dan lainnya.