Pengertian Market Research, Kenapa Penting Untuk Bisnis di 2023

Pengertian Market Research
Pengertian Market Research | Pixabay


Market research adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi konsumen. Market research juga bertujuan untuk mengetahui persaingan di pasar, serta peluang dan ancaman yang ada. 

Di era digital seperti sekarang ini, market research memainkan peran yang sangat penting karena perusahaan tidak hanya dapat dengan mudah mendapatkan data yang tepat dan akurat, tapi juga memudahkan untuk menjangkau konsumen.


Apa yang Dimaksud Dengan Market Research?

​Market research adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui selera dan kebutuhan konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Dengan melakukan market research, perusahaan bisa membuat keputusan yang tepat dalam mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Market research juga bisa digunakan untuk mengetahui seberapa besar pasar potensial suatu produk atau jasa. Hal ini sangat penting dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. Perusahaan yang melakukan market research secara teratur akan lebih mudah dalam menyesuaikan strategi pemasaran dengan perubahan selera dan kebutuhan konsumen.

Dengan melakukan market research, perusahaan bisa mengetahui apakah produk yang mereka hasilkan sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Jika tidak, perusahaan bisa segera mengubah suatu produk agar sesuai dengan kebutuhan konsumen.


Bagaimana Proses Market Research?

​Market research adalah salah satu cara untuk mengetahui apa yang orang-orang pikirkan tentang produk dan jasa tertentu. Secara sederhana, market research adalah studi yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dari pasar. 

Pengumpulan data market research dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti: 

  1. Menyebarkan kuesioner kepada responden

  2. Melakukan wawancara langsung

  3. Mengamati perilaku konsumen secara langsung

Data yang terkumpul dari market research akan memberikan insight kepada perusahaan atau bisnis tentang bagaimana produk mereka diterima oleh pasar. Karena itu, market research sangat penting bagi perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, seperti memahami keinginan konsumen, menentukan harga jual, atau mengetahui strategi pemasaran yang tepat.

Bagi perusahaan atau bisnis, market research sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan investasi dalam suatu produk atau jasa. Dengan melakukan market research, perusahaan atau bisnis dapat menghemat biaya dan waktu, dan meminimalkan risiko investasi yang tidak perlu.


Manfaat Market Research untuk Bisnis

​Market research adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang pasar, seperti prospek dan potensi konsumen.1 Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis. 

Hal ini menjadikan market research sebagai suatu keharusan untuk suatu bisnis agar dapat bertahan dalam pasar. Berikut beberapa manfaat market research untuk kepentingan bisnis di tahun 2023.


1. Menentukan target pasar

Market research dapat membantu perusahaan dalam menentukan target pasar yang tepat. Perusahaan dapat melakukan penelitian pasar untuk mengetahui siapa saja target pasar perusahaan. 

Dengan mengetahui target pasar, perusahaan dapat menyusun strategi marketing yang tepat untuk mencapai target pasar dengan efisien.


2. Mengetahui selera konsumen

market research juga dapat membantu perusahaan dalam mengetahui selera konsumen. Perusahaan dapat melakukan penelitian pasar untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen. 

Dengan mengetahui selera konsumen, perusahaan dapat menyusun strategi marketing yang tepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan efisien.


3. Mengidentifikasi peluang bisnis

Market research juga dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang bisnis. Perusahaan dapat melakukan penelitian pasar untuk mengetahui peluang bisnis yang ada di pasar. 

Dengan mengetahui peluang bisnis, perusahaan dapat menyusun strategi marketing yang tepat untuk memanfaatkan peluang bisnis dengan efisien.


4. Mengetahui pesaing

Market research juga dapat membantu perusahaan dalam mengetahui pesaing. Perusahaan dapat melakukan penelitian pasar untuk mengetahui siapa saja pesaing perusahaan. 

Dengan mengetahui pesaing, perusahaan dapat menyusun strategi marketing yang tepat untuk memenangkan persaingan dengan efisien.


5. Mengetahui strategi marketing yang tepat

Market research membantu perusahaan mengetahui strategi marketing yang tepat. Kamu dapat meneliti pasar untuk mengetahui apa yang dilakukan pesaing dan bagaimana pasar bereaksi terhadap strategi marketing perusahaan. 

Dengan mengetahui strategi marketing yang tepat, perusahaan dapat memenangkan persaingan dengan efisien.


Kiat Sukses Market Research di 2023

​Market research adalah suatu proses yang dilakukan untuk memahami apa yang diinginkan oleh konsumen, seperti apa yang mereka sukai, kebutuhan apa saja yang mereka inginkan, dan bagaimana perilaku mereka sehari-hari. 

Proses market research akan membantu perusahaan untuk menyusun strategi marketing yang efektif dan sesuai dengan kondisi pasar saat ini. Di tahun 2023, kiat sukses market research adalah dengan mengikuti 4 langkah ini:


1. Identifikasi target pasar

Identifikasi target pasar Anda adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan market research. Anda perlu menentukan siapa yang akan menjadi sasaran utama dari market research kamu. 

Apakah mereka adalah pelanggan potensial, pelanggan yang sudah ada, atau calon pelanggan? Hal ini akan membantu kamu dalam menentukan strategi yang tepat untuk melakukan market research.


2. Penetapan tujuan market research

Setelah menentukan target pasar Anda, selanjutnya Anda perlu menetapkan tujuan dari market research yang akan Anda lakukan. Tujuan ini bisa berupa apa saja, seperti meningkatkan brand awareness. 

Selain itu, ini juga bertujuan untuk memahami kebutuhan konsumen, mendapatkan feedback dari pelanggan, dan membantu dalam menentukan metode yang tepat untuk melakukan market research.


3. Pemilihan metode market research

Setelah menentukan tujuan market research yang ingin Anda capai, selanjutnya kamu perlu memilih metode yang tepat untuk melakukannya. Biasanya, metode yang digunakan adalah dengan survei secara online atau offline.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan wawancara khusus dengan konsumen, dan membentuk focus group discussion. Pilihlah metode yang menurut kamu paling cocok dengan tujuan yang ingin dicapai.


4. Implementasi dan evaluasi hasil market research

Setelah market research selesai dilakukan, selanjutnya kamu perlu melakukan implementasi dan evaluasi, yang bertujuan untuk meningkatkan strategi marketing perusahaan sesuai dengan hasil market research. 

Sedangkan evaluasi bertujuan untuk mengukur seberapa efektif market research yang telah dilakukan. Lakukanlah implementasi dan evaluasi secara teratur agar hasil market research selalu up-to-date.

Dengan melakukan market research, perusahaan bisa memahami kebutuhan dan perilaku konsumen sehingga bisa menyusun strategi marketing yang efektif untuk memenangkan persaingan pasar. Semoga bermanfaat.