Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Yang Cocok Buat Anak Muda

Usaha Rumahan Modal 50 Ribu
Usaha Rumahan Modal 50 Ribu | Pixabay


Modal memang menjadi salah satu faktor terpenting dalam membangun bisnis, tapi itu bukan satu-satunya faktor kesuksesan dalam bisnis. Ada banyak lho usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa kamu kembangkan sendiri.

Ini serius. Kuncinya, kamu harus punya semangat yang kuat, kreativitas, dan inovasi agar bisnis yang dikelola bisa berkembang jadi lebih besar, dan mampu menunjang ekonomi keluarga, atau bahkan buat lingkungan sekitar. 

Berikut rekomendasi ide usaha rumahan modal 50 ribu yang mudah dan bisa kamu kembangkan sendiri. 


  1. Menjadi Dropshipper

Dropshipper adalah orang yang menjual produk tanpa menyimpan stoknya sendiri. Mereka mempromosikan produk milik orang lain, dan saat calon pembeli melakukan transaksi, mereka akan mengirimkan sejumlah uang dan data pribadi. 

Dropshipper umumnya akan mendapat barang dengan harga khusus dropship dari supplier dan memberikan data pembeli tersebut kepada supplier. Selanjutnya, supplier akan mengirimkan barang langsung ke alamat pembeli.

Bisnis dropshipper ini hanya memerlukan modal yang minim, bahkan masuk dalam kategori usaha rumahan modal 50 ribu. Kamu hanya butuh smartphone dan kuota internet untuk mempromosikan barang jualan serta mempromosikan bisnis.


  1. Menjual Barang Preloved

Kamu punya di rumah yang sudah tidak terpakai? Mengapa tidak mencoba bisnis preloved sebagai usaha rumahan modal 50 ribu? Secara sederhana, preloved adalah barang-barang bekas yang akan dijual kembali kepada orang lain.

Terdapat berbagai macam barang yang bisa dijual sebagai preloved, mesi dalam kebanyakan kasus, orang-orang lebih memilih menjual produk fashion, seperti baju, celana, jaket, outer, rok, sepatu, sweaters dan lainnya. 

Kamu bisa menjual barang-barang milik sendiri, mengumpulkan barang preloved milik teman, keluarga atau kerabat. Namun, pastikan harga yang ditetapkan tidak terlalu mahal, kecuali untuk barang langka yang bernilai tinggi.


  1. Jasa Ketik

Menawarkan jasa ketik bisa kamu jadikan ide usaha rumahan modal 50 ribu, bahkan kurang dari itu. Biasanya, pasar untuk jasa ketik ini adalah pelajar dan mahasiswa yang harus membagi tugas dengan belajar dan menyelesaikan tugas.

Kamu bisa memanfaatkan promosi lewat media sosial maupun mulut ke mulut kepada teman-temanmu. Cara promosi mulut ke mulut atau word of mouth marketing, yang biasanya lebih efektif digunakan saat awal memulai bisnis.

Harga yang dipasang bisa bermacam-macam. Biasanya dihitung per kata atau tergantung menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris. Untuk menetapkan harga pasar yang sesuai, pastikan kamu melakukan riset terlebih dulu.


  1. Kursus Online

Jika kamu memiliki pengetahuan atau keahlian di bidang tertentu, kamu bisa membuka kursus online dengan target pasar pelajar, mahasiswa, atau bahkan pekerja. Ini adalah peluang usaha rumahan modal 50 ribu yang cocok untukmu. 

Kamu bisa memulai dengan membuka kursus online untuk anak-anak SD dengan beberapa mata pelajaran yang dikuasai. Materi pelajaran di SD cenderung lebih umum dibanding SMP, SMA, atau kuliah, sehingga lebih mudah diajarkan.

Kamu bisa membuka usaha kursusmu sendiri atau mendaftar di lembaga kursus online yang sudah tersedia. Ada banyak lembaga kursus online bisa kamu pilih, dan memanfaatkan platform tersebut untuk mempromosikan bisnis tersebut.


  1. Membuat Kerajinan Tangan

Membuat produk kerajinan tangan atau barang-barang DIY (Do It Yourself) bisa jadi ide usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya. Kamu bisa membuat banyak jenis kerajinan tangan seperti hiasan rumah, mainan anak, dan lainnya.

Meski butuh modal lebih banyak untuk membeli bahan-bahan dasar, namun untuk menekan modal yang harus dikeluarkan, kamu masih bisa memanfaatkan bahan bekas di sekitarmu untuk dijadikan produk bernilai tinggi.

Untuk membuat produk yang unik dan menarik, kamu perlu memaksimalkan kreativitas dan inovasi. Kamu bisa mencari ide dari internet atau melakukan riset pasar untuk mengetahui produk apa yang sedang diminati pasar.