Ide Kreatif di Bulan Ramadhan Ini Bisa Datangkan Cuan Lho!

Ide Kreatif di Bulan Ramadhan
Ide Kreatif di Bulan Ramadhan | Pixabay


Ada banyak ide kreatif di bulan Ramadhan yang bisa mendatangkan tambahan pemasukan. Beberapa ide tersebut butuh kemampuan dan alat khusus untuk mengaksesnya, ada juga yang bisa menggunakan alat rumahan seperti biasanya. 

Contoh ide jualan paling laris di bulan Ramadhan adalah produksi ketupat atau cangkang ketupat. Kemudian ada juga bisnis berbasis jasa, seperti antar pesanan makanan, berjualan menu berbuka puasa, dan lainnya. 

Berikut 7 ide kreatif di bulan ramadhan yang bisa datangkan keuntungan besar.


  1. Layanan Catering Berbuka Puasa

Layanan catering buat buka puasa merupakan ide kreatif di bulan ramadhan yang cukup menjanjikan. Kamu dapat memulai bisnis ini dengan menyediakan berbagai hidangan berbuka puasa yang lezat dan bervariasi.

Beberapa jenis hidangan yang biasa disajikan saat berbuka puasa, diantaranya kolak, sekoteng, olahan kolak-kalik, dan lainnya. Kamu bisa menyesuaikan hidangan yang disajikan dengan preferensi dan selera pelanggan.

Untuk mempromosikan bisnis katering berbuka puasa, Anda dapat menggunakan media sosial, mengirimkan brosur ke tempat-tempat ibadah, atau memberikan diskon pada pembelian pertama bagi pelanggan baru.


  1. Jualan Kue Kering 

Kalau ditanya apa sih jualan paling laris di bulan ramadhan? Sudah tentu jawabannya adalah kue kering. Beberapa jenis kue kering bahkan dikenal sebagai sajian khas dan tingkat kebutuhannya cenderung tinggi  selama bulan Ramadhan.

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan menawarkan berbagai jenis kue kering, seperti nastar, kastengel, putri salju, bola-bola coklat, dan lainnya, atau makanan khas daerah, seperti rengginang, peyek, keripik dan lainnya, 

Bisnis kue kering sendiri umumnya baru meningkat 1-2 pekan sebelum lebaran. Namun tidak ada salahnya kamu mulai memulai proses produksi, dan menawarkannya sosial media. Kamu juga bisa membuka order dengan sistem PO.


  1. Jasa Dekorasi Tempat Buka Puasa

Ide kreatif di bulan ramadhan lainnya yang dapat meningkatkan income adalah membuka jasa dekorasi tempat buka puasa. Bisnis ini utamanya bisa ‘dikawinkan’ dengan bisnis yang berbasis dekorasi, seperti WO, dan lainnya.  

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan menawarkan jasa dekorasi tempat buka puasa yang kreatif dan berkualitas, dengan konsep dekorasi kekinian, seperti konsep klasik, modern, atau tema-tema khusus yang sedang tren saat ini. 

Tapi ingat, pertimbangkan beberapa elemen dekorasi, seperti penggunaan lampu hias, bunga-bunga segar, ornamen-ornamen unik, dan lain sebagainya. Jika ingin lebih lengkap, tawarkan jasa ini bersama dengan paket makanan dan minuman.


  1. Jualan Busana Muslim

Selain kue kering, busana muslim merupakan jualan paling laris di bulan Ramadhan. Menariknya, bisnis busana muslim ini cenderung meningkat di awal bulan puasa, dan di beberapa minggu akhir bulan Ramadhan, atau jelang Idul Fitri.

Ada banyak item produk yang bisa kamu jual, seperti gamis, abaya, hijab, kaftan, atau perlengkapan ibadah seperti mukena, baju koko, sajadah, peci dan lainnya. Kamu bisa menjual semuanya, atau hanya memilih produk tertentu saja.

Untuk memulai bisnis ini, yang harus kamu lakukan adalah, mencari supplier atau produsen busana Muslim yang berkualitas dengan harga bersaing. Jalankan bisnis ini secara serius dan konsisten agar hasilnya lebih optimal.


  1. Layanan Pembersihan Rumah

Ide kreatif di bulan Ramadhan lainnya yang wajib dipertimbangkan adalah, layanan pembersihan rumah secara menyeluruh, mulai dari potong rumput, mengosongkan gudang dan lainnya, secara cepat, efisien dan profesional.

Kamu juga bisa menawarkan berbagai paket pembersihan, misalnya 2-3 kali dalam sebulan. Kamu bisa menawarkan layanan tambahan seperti cuci baju, nyetrika, cuci perlengkapan ibadah, cuci karpet dan lainnya.

Untuk mempromosikan ide kreatif di bulan Ramadhan ini, kamu bisa mengoptimalkan penggunaan sosial media, atau mengirimkan brosur ke rumah-rumah, asrama, organisasi keagamaan, dan lainnya. Semoga bermanfaat.