Tips Agar Bisnis Kue Lebaran Laku dan Menguntungkan

Bisnis Kue Lebaran Laku dan Menguntungkan
Bisnis kue Lebaran | Pixabay


Ada istilah “bisnis apapun, jelang lebaran pasti laku”. Klaim ini sebenarnya bukan isapan jempol semata. Jelang lebaran, perputaran uang biasanya berjalan sangat cepat, dengan jumlah yang sangat besar. 

Ada banyak jenis bisnis yang umumnya populer jelang idul Fitri. Selain bisnis pakaian, bisnis kue lebaran layak kamu jajal. Bisnis ini relatif aman, dan kamu bisa mulai proses produksi sejak sekarang. 


Apa Itu Bisnis Kue Lebaran?

Bisnis kue lebaran merupakan bisnis yang dilakukan dengan cara membuat dan menjual kue-kue yang umum dikonsumsi selama perayaan hari raya Idul Fitri. Bisni ini jadi salah satu bisnis tahunan yang cukup populer. 

Ada banyak jenis kue lebaran yang bisa kamu tawarkan, dengan berbagai varian rasa, beberapa diantaranya seperti kue lapis, nastar, kue salju, kue kacang, dan lainnya. 

Kue-kue tersebut umumnya bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama (dengan pengemasan yang baik), sehingga buat kamu yang berminat berbisnis kue lebaran, bisa mulai melakukan proses produksi sejak saat ini.


Potensi Bisnis Kue Lebaran

Bisnis kue lebaran memiliki potensi yang sangat baik untuk menghasilkan pendapatan yang stabil dan menguntungkan. Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba terjun ke dunia bisnis kue lebaran, sebelum Idul Fitri nanti.

  1. Permintaannya sangat tinggi, terutama jelang hari raya Idul Fitri.

  2. Pangsa pasarnya sangat luas, terlebih di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. 

  3. Bisnis ini dapat diawali dengan modal yang relatif kecil dan dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan dan keinginan.

  4. Bisnis ini memiliki potensi untuk di ekspansi, misalnya dengan membuka cabang baru atau memasarkan produk ke pasar baru.

  5. Bisnis ini memiliki margin laba yang baik karena harga jual kue lebaran relatif tinggi dan biaya produksi relatif rendah.

Dengan memastikan bahan-bahan dan menjaga proses produksi tetap berkualitas tinggi, kamu bisa mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan, sekaligus membuat bisnis kue lebaran ini lebih cepat berkembang.


Cara Memulai Bisnis Kue Lebaran

Memulai bisnis kue lebaran tergolong sangat mudah, terutama buat kamu yang sudah punya perlengkapan memasak. Berikut beberapa persiapan awal memulai bisnis kue lebaran yang menguntungkan.

  1. Resep dan bahan-bahan: Pastikan kamu memiliki resep dan bahan-bahan untuk membuat kue lebaran yang lezat dan berkualitas.

  2. Tempat usaha: Kamu bisa memulai bisnis ini dari rumah atau membuka toko kue, dengan memadukan proses pemasaran online dan offline.

  3. Tentukan target pasar, seperti pembeli individu, toko kelontong, atau mereka yang ingin ikut berbisnis dengan menjadi reseller.

  4. Promosi: Gunakan semua potensi promosi yang kamu miliki, mulai dari media sosial, brosur dan lainnya. 

  5. Produksi: Pastikan kamu memiliki sistem produksi yang efisien dan efektif, sehingga bisa memenuhi permintaan pasar yang tinggi.

Jika tidak punya kemampuan untuk membuat kue lebaran sendiri, kamu bisa menjadi reseller kue lebaran. Kuncinya, pastikan menemukan supplier yang berkualitas, dengan harga yang lebih terjangkau.


Gunakan Sistem Bisnis Tumpang Sari

Kamu bisa menjalankan bisnis kue lebaran ini dengan bisnis lainnya yang populer jelang Idul Fitri. Contohnya membuat parcel lebaran yang berisi berbagai jenis kue lebaran, dengan tambahan minuman segar dan lainnya. 

Kamu juga bisa sambil menawarkan produk lainnya, seperti menjual pakaian untuk lebaran dan lainnya. Agar lebih mudah dalam pengelolaannya, kamu bisa mencari pendukung bisnis, seperti karyawan freelance dan lainnya.

Pastikan sistem pengelolaannya dilakukan dengan sangat baik, mulai dari proses produksi, proses pengemasan, hingga proses distribusi. Selamat berbisnis.