Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa, dan Tips Menjalankannya

Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa
Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa | Pixabay


Selain ditugaskan untuk belajar, mahasiswa dituntut untuk belajar hidup mandiri, termasuk harus sudah memikirkan bagaimana kehidupan kamu setelah lulus kuliah nanti. Jangan sampai setelah lulu, kamu tidak punya kegiatan yang produktif. 

Sebagai mahasiswa, berikut beberapa bisnis yang cocok kamu jalankan. Bahkan bisa jadi bisnis tersebut akan kamu kelola dan kembangkan jadi bisnis yang lebih serius. Bukan hanya sebatas pekerjaan paruh waktu.


Jasa Layanan Bimbingan Belajar

Jasa layanan bimbingan belajar adalah bisnis yang dapat diterapkan oleh mahasiswa dengan memanfaatkan kemampuan dan pengetahuan mereka untuk memberikan bimbingan belajar bagi siswa sekolah atau mahasiswa lain. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis ini antara lain:

  1. Identifikasi pasar: Temukan tipe siswa yang membutuhkan bantuan belajar dan berapa tarif yang wajar untuk jasa tersebut.

  2. Kemampuan dan pengetahuan: Pastikan kamu punya kemampuan dan pengetahuan yang cukup untuk memberikan bimbingan belajar yang berkualitas.

  3. Sumber daya: Siapkan peralatan belajar dan ruangan yang memadai untuk melakukan bimbingan belajar.

  4. Promosi: Promosikan jasa kamu lewat media sosial, pamflet, dan lainnya, demi menjangkau siswa potensial.

Selanjutnya kamu hanya perlu menyiapkan sistem pembayaran yang tepat dan transparan agar orang tua siswa tersebut menilai kamu secara positif. Selain itu, pastikan kamu berkomitmen untuk memberi layanan secara optimal.


Online Shop

Bisnis online shop jadi salah satu ide bisnis terbaik yang bisa dipilih bagi mahasiswa. Selain karena modal yang dibutuhkan relatif kecil, bisnis ini memungkinkan untuk dijalankan para mahasiswa karena tidak menyita banyak waktu. 

Memulai bisnis ini sebenarnya sama seperti bisnis-bisnis lainnya, kamu hanya perlu memperhatikan beberapa faktor berikut ini:

  1. Temukan produk yang populer dan in demand di pasar untuk dijual melalui online shop yang kamu kelola.

  2. Cari pemasok yang terpercaya untuk produk yang akan dijual. Kamu juga harus menyiapkan platform online untuk memulai bisnis tersebut.

  3. Pastikan untuk mempromosikan online shop yang kamu kelola lewat media sosial, atau iklan online untuk menjangkau pelanggan potensial.

Selain membuka online shop, kamu juga bisa mengikuti beberapa jenis bisnis online lainnya, seperti menjadi reseller, affiliate program dan lainnya. 


Jasa Penulisan

Mahasiswa dapat memanfaatkan kemampuan mereka dalam bahasa dan penulisan untuk memberikan jasa penulisan artikel, esai, laporan, dan lain-lain. Bisnis ini harus ditunjang oleh perangkat seperti laptop dan koneksi internet. 

Untuk target pasar yang akan dibidik, kamu bisa fokus memberi layanan kepada perusahaan atau pihak ketiga yang membutuhkan tulisan kamu, atau malah membantu siswa atau mahasiswa lainnya saat membuat esai, laporan ilmiah dan lainnya. 


Jasa Fotografi

Buat kamu yang punya kemampuan dalam dunia fotografi dan punya perangkat untuk mendukungnya, jangan sia-siakan potensi tersebut. Bisnis fotografi sedang berkembang pesat, dan kamu bisa menjadikannya sebagai sumber keuntungan.

Untuk target pasarnya, kamu bisa membidik pasangan yang akan menikah, individu atau perusahaan yang membutuhkan foto produk, real estate, pashion, perusahaan yang membutuhkan jasa fotografer profesional dan lainnya.

Kamu juga bisa menjual foto-foto hasil karyamu di situs-situs populer seperti Shutterstock, iStock by Getty Images, Adobe Stock, Foap dan lainnya. 

Nah itu dia bisnis yang cocok bagi mahasiswa. Selain itu, kamu juga bisa menjadi karyawan paruh waktu di perusahaan yang ada di sekitar kampus, seperti tempat jasa fotocopy, menjaga toko, dan lainnya. Semoga bermanfaat.