5 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Terjangkau


Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga
Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga | Pixabay


Tidak semua sibuk mengerjakan pekerjaan rumahan, Ibu rumah tangga juga memiliki kemampuan untuk membangun bisnis rumahan yang sukses dan banyak menghasilkan keuntungan. Kuncinya, pastikan pilih jenis bisnis yang tepat.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa dijalankan dengan modal yang sangat terjangkau. Berikut beberapa ide bisnis bagi Ibu rumah tangga yang bisa dijalankan dengan modal yang terjangkau.


  1. Membuat Makanan Ringan

Makanan ringan merupakan salah satu produk makanan yang diminati oleh banyak orang. Selain enak dan mudah disantap, makanan ringan juga sering menjadi pilihan untuk camilan atau pengganti makanan utama. 

Maka dari itu, tidak heran jika bisnis membuat makanan ringan bisa jadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Terlebih dengan adanya perkembangan teknologi dan kemudahan akses internet, aktivitas promosi dan penjualan bisa jadi lebih mudah. 

Ada banyak pilihan produk makanan ringan yang bisa kamu pilih, mulai dari keripik singkong, ubi ungu, dan lainnya. 


  1. Menjual Produk Handmade

Kebutuhan akan produk handmade makin meningkat, terutama yang berhubungan dengan seni dan benda tradisional. Selain karena nilai seni dan keunikannya, produk homemade seperti ini tidak bisa ditemukan di produk massal. 

Maka dari itu, bisnis menjual produk handmade bisa menjadi peluang bisnis yang menarik bagi ibu rumah tangga, bahkan bukan sekedar dijadikan sumber penghasilan tambahan, kamu bisa menjadikannya sebagai bisnis utama.

Namun untuk memulai bisnis menjual produk handmade, pastikan sebelumnya kamu punya keterampilan dan kreativitas untuk memproduksinya.


  1. Jasa Pengasuhan Anak

Banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaan dan tidak memiliki cukup waktu untuk mengasuh anaknya sendiri. Maka dari itu, jasa pengasuhan anak jadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan bagi Ibu rumah tangga. 

Namun sebelum menjalankan bisnis ini, pastikan kamu sudah menguasai seluk beluk ilmu parenting, terutama dalam menangani tingkah anak-anak yang berbeda, terutama anak-anak dengan masalah kepribadian tertentu.

Untuk pemasaran, kamu bisa mempromosikan bisnis jasa pengasuhan anak ini di sosial media, dengan kualifikasi keahlian yang meyainkan.


  1. Menjadi Penjahit

Penjahit merupakan bisnis yang cukup menarik untuk dijalankan, terlebih jika punya kemampuan dalam menjahit dan desain. Kamu bisa memproduksi baju dengan model custom, sesuai dengan keinginan pelanggan. 

Selain membuat baju custom sesuai dengan keinginan pelanggan, kamu juga bisa menerima jasa reparasi baju atau permak baju. Agar lebih maksimal, pastikan kamu punya perlengkapan jahit yang mumpuni. 

Untuk awal, kamu bisa menargetkan pasar dalam ruang lingkup yang kecil, seperti tetangga atau wilayah komplek perumahan saja.


  1. Menjadi Konsultan Kecantikan

Menjadi konsultan kecantikan bisa jadi bisnis yang menarik untuk dijalankan dari rumah, terutama bagi Ibu rumah tangga yang memiliki pengetahuan dan minat yang tinggi dalam dunia kecantikan. 

Bisnis ini tidak hanya menawarkan jasa konsultasi kecantikan, tapi juga menjual produk-produk kecantikan, seperti produk skincare, make up dan lainnya. Gunakan sosial media untuk menjalankan bisnis ini. 

Nah itu dia beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan Ibu rumah tangga. Pilih bisnis yang sudah kamu kuasai, baik secara produksi, promosi hingga penjualan.