Promo Buy One Get One Free dan Tips Penting Menjalankannya

Buy One Get One Free
Promo Buy One Get One Free | Pixabay


Kamu pasti pernah melihat perusahaan yang menawarkan promosi Buy One Get One Free. Strategi ini bisa muncul dalam bentuk beli satu gratis satu, atau beli satu dapatkan produk tambahan secara gratis.

Selain untuk mengatasi masalah overstock, strategi ini banyak digunakan untuk meningkatkan penjualan sebanyak mungkin. Meski tujuannya hampir sama, tentu saja Buy One Get One Free berbeda dengan strategi diskon mapun kupon. 


Memahami Buy One Get One Free

Sebuah riset menyebut jika produk gratis merupakan salah satu alasan kenapa konsumen mau mencoba produk baru. Menariknya, hampir 70% responden mengaku tahu jika produk hadiah (gratis) tersebut tidak benar-benar gratis. 

Artinya, mereka tahu jika produk yang masuk dalam promo Buy One Get One Free tersebut tidak benar-benar gratis, mereka hanya mendapatkan produk dalam bentuk paket pembelian dengan potongan harga.

Dari sinilah Buy One Get One Free jadi salah satu strategi yang sangat populer, dan banyak dipilih oleh para pebisnis. Seperti disebutkan di atas, strategi ini digunakan dalam beberapa kondisi, seperti: 

  1. Saat terjadi overstock, sementara perusahaan harus segera menghabiskan stok lama agar bisa diganti dengan yang baru. 
  2. Saat ada produk yang sulit terjual atau kurang diminati konsumen. Produk ini biasanya akan diberikan sebagai ‘hadiah’.
  3. Saat di sebuah wilayah pemasaran produk kalah bersaing sehingga dibutuhkan strategi khusus agar masyarakat mau mencoba produk tersebut.

Selain itu, ada beberapa kondisi lainnya yang membuat kamu harus mengambil strategi Buy One Get One Free ini, misalnya meluncurkan produk baru, dimana budget untuk produk yang ‘digratiskan’ diambil dari biaya promosi.  


Kenapa Memilih Buy One Get One Free?

Memang benar margin keuntungan jadi sedikit menipis. Tapi kalau dihitung ulang, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapat dari Strategi Buy One Get One free ini, salah satunya meningkatkan jumlah penjualan.

Selain itu, berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari menerapkan strategi Buy One Get One Free.

  1. Membersihkan stok barang, terutama jelang akhir tahun.
  2. Mendapat respon positif dari konsumen.
  3. Pembeli jadi senang karena mendapat banyak keuntungan.
  4. Menghemat biaya promosi, terutama saat launching produk baru. 

Buy One Get One Free juga masuk dalam strategi membangun kedekatan dengan konsumen, dan berpeluang mendapat repeat order dikemudian hari.


Tips Strategi Buy One Get One Free

Strategi Buy One Get One Free ini cukup mudah dilakukan, bahkan oleh pebisnis pemula sekalipun. Kamu hanya perlu menempatkan satu produk lainnya (gratis), atau produk yang sama sebagai bagian dari paket pembelian.

Tapi jangan asal-asalan. Ada beberapa strategi yang harus kamu susun agar strategi Buy One Get One Free ini tidak terlalu membebani cash flow perusahaan, yakni:

  1. Pilih waktu yang tepat. Biasanya ini dilakukan di akhir tahun, atau disesuaikan dengan kondisi stok produk (termasuk mempertimbangkan masa kadaluarsa). 
  2. Buat seolah-olah ini hanya promo terbatas, dan tidak akan didapat lagi di masa depan. Trik ini memanfaatkan psikologi impulsive buying
  3. Tentukan target pasar yang ingin dicapai. Ini penting agar kamu bisa menentukan komposisi produk yang akan dimasukkan ke dalam paket pembelian.

Setelah semua strategi tersebut diramu dengan baik, saatnya mulai berpromosi. Kamu bisa mengoptimalkan semua media yang memungkinkan, termasuk iklan di media sosial, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan lainnya. Semoga bermanfaat.