Manfaat Iklan di Media Sosial. Ternyata Efeknya Dahsyat Lho!

Manfaat Iklan di Media Sosial
Manfaat Iklan di Media Sosial | Pixabay

Hampir semua mentor bisnis menyarankan agar kamu mengoptimalkan sosial media. Bukan hanya untuk promosi, tapi juga berguna sebagai media berinteraksi dengan pelanggan, hingga melakukan aktivitas direct selling.

Agar efek promosinya lebih optimal, kamu disarankan juga mengambil fitur Ads atau periklanan. Ada banyak platform yang bisa dipilih, mulai dari Facebook Ads, Instagram Ads, TikTok Ads, hingga Google Ads.


Manfaat Beriklan di Media Sosial

Menggunakan sosial media sendiri memang sudah cukup efektif untuk mengoptimalkan promosi dan penjualan, terlebih jika akun sosial media yang digunakan sudah punya banyak pengikut. 

Namun buat kamu yang ingin mendapat hasil yang lebih optimal, beriklan di sosial media bisa jadi salah satu terbaik. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari fitur spesial ini, beberapa diantaranya:


  1. Memperluas Pasar Bisnis

Sesuai dengan fungsi utamanya, iklan berguna untuk memperluas pasar bisnis. Khususnya dalam sosial media, iklan tidak hanya menjangkau akun-akun yang sudah mengikutimu saja, tapi juga akun lain yang belum mengikutimu. 

Secara teritorial, iklan di sosial media bisa menjangkau lebih banyak wilayah. Bukan hanya orang-orang atau pengguna sosial media yang ada di wilayahmu saja, iklan sosial media bahkan bisa meningkatkan potensi pembeli dari luar negeri.


  1. Disesuaikan Dengan Target Pasar

Apakah semua akun yang mengikutimu benar-benar masuk dalam kategori pasar yang kamu targetkan? Tentu tidak. Bahkan dalam banyak kasus, pengikutmu hanya orang-orang yang berada dalam circle kamu saja.

Dengan iklan, platform sosial media tersebut bisa membantu kamu menempatkan iklan sesuai dengan pasar yang ditargetkan. Hal ini sangat mungkin terjadi karena mereka punya algoritma khusus untuk melakukannya.


  1. Lebih Mudah Memenangkan Persaingan

Memasang iklan di sosial media akan membuat kamu lebih mudah memenangkan persaingan pasar, bahkan produk yang ditawarkan bisa bersaing dengan brand ternama yang tidak memasang iklan di platform sosial media tersebut. 

Seperti dijelaskan di atas, sosial media punya algoritma khusus yang dapat membantumu mendapat konsumen sesuai dengan preferensi atau minat terhadap suatu produk, dengan kemungkinan transaksi yang sangat tinggi.


  1. Meningkatkan Engagement

Iklan di sosial media bukan hanya sekedar membuat produk yang ditawarkan mudah ditemukan, tapi karena sudah disesuaikan dengan preferensi pengguna sosial media, maka hubunganmu dengan konsumen jadi lebih dekat. 

Engagement yang meningkat ini akan memberi banyak manfaat positif untuk bisnismu, mulai dari meningkatkan loyalitas pengguna, hingga mendapatkan masukan positif untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk.


  1. Melihat Journey Pelanggan

Iklan di media sosial juga akan membuat kamu mendapatkan lebih banyak data tentang aktivitas konsumen, termasuk memantau journey konsumen, mulai dari melihat produk hingga akhirnya melakukan transaksi. 

Dengan cara ini, kamu bisa mengenali karakteristik konsumen, mendapat gambaran tentang varian produk yang disukai, hingga membantu mengetahui strategi paling efektif dalam kampanye pemasaran yang dilakukan.


  1. Menghemat Pengeluaran

Seperti dijelaskan di atas, dengan beriklan di sosial media, kamu bisa mendapatkan banyak masukan positif, mulai dari perilaku konsumen, target pasar yang lebih sesuai dengan produk yang ditawarkan, dan berbagai data penting lainnya. 

Semua itu merupakan fasilitas mewah yang sulit didapat jika kamu beriklan di media konvensional. Bonusnya, cost beriklan di sosial media sangat murah sehingga kamu bisa menghemat lebih banyak budget promosi.


  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Tahukah kamu jika brand atau perusahaan yang beriklan di sosial media, jauh memiliki gengsi yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak menggunakan platform ini. Imbasnya, kepercayaan konsumen pun akan lebih meningkat. 

Ini akan membuat tujuan utama promosi jadi lebih mudah dicapai, yakni meningkatnya angka penjualan, hingga peluang repeat order. Jadi bagaimana. Sudah siap beriklan di sosial media?