Jangan Asal Posting. Begini Cara Edit Foto Untuk Jualan Online

Cara Edit Foto Untuk Jualan Online
Cara Edit Foto Untuk Jualan Online | Pixabay


Tampilan foto jadi salah satu kunci sukses bisnis online. Bahkan dalam banyak ulasan pakar bisnis online, foto produk yang kurang menarik dapat membuat pelanggan malas membelinya, bahkan tidak percaya dengan kualitas produk tersebut.

Kualitas foto yang dianggap kurang menarik ini bukan hanya tentang kualitas gambar dan editingnya saja, tapi juga berhubungan langsung dengan strategi pembuatan konten, mulai dari pengaturan cahaya, penggunaan warna dan lainnya. 

Selain memperhatikan kualitas kamera yang digunakan, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mengedit foto untuk promosi jualan online.


  1. Latar dan Cahaya 

Agar produmu terlihat lebih menarik, salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan memainkan latar dan tingkat pencahayaan. Pastikan foto produk benar-benar blend atau menyatu dengan background, tapi tidak menyamarkannya. 

Kamu juga disarankan memainkan warna agar foto produk dan background tidak terlihat numpang atau bahkan tabrak warna. Di sisi lain, kamu pun harus memainkan pencahayaan agar tetap proporsional, sesuai kebutuhan konten promo.


  1. Watermark Kurang Transparan

Banyak penjual online yang mengeluh fotonya dicomot orang lain yang menjual produk serupa. Terlebih jika konten tersebut melibatkan profesional dalam proses pembuatannya, dan mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya.

Nah salah satu solusi untuk mencegah hal tersebut adalah, dengan memasukkan watermark yang berisi nama toko online kamu. Tapi ingat, pastikan watermark yang dipasang benar-benar transparan, tidak mengganggu tampilan produk. 


  1. Logo Menimpa Foto Produk

Logo dan produk merupakan dua hal penting yang harus ada dalam sebuah konten. Tapi hati-hati, keduanya jangan saling menimpa atau malah ‘memakan’, tapi harus saling mendukung atau menguatkan satu sama lain. 

Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan menempatkan logo di pojok kanan atau kiri atas foto, sementara untuk produk pastikan ditempatkan di bagian tengah, dengan tampilan utama yang lebih dominan.


  1. Posisi Foto dan Deskripsi Produk

Dalam konten foto, biasanya yang ditampilkan adalah foto dan deskripsi produk. Selain itu, terkadang ada tambahan harga atau program promosi lainnya. Kamu pun bisa menuliskan informasi tempat pembelian dan lainnya. 

Komposisi informasi tersebut harus diperhatikan dengan baik. Pastikan foto produk berada di tengah atau posisi yang jadi titik fokus penglihatan. Sementara deskripsi produk dan informasi lainnya, ditempatkan sesuai dengan kebutuhan.


  1. Edit Foto Berlebihan

Menampilkan foto produk seadanya memang tidak disarankan. Selain rawan diambil orang lain, informasi yang disampaikan terkait produk jadi tidak tersampaikan, terlebih untuk produk-produk khusus yang butuh informasi spesifikasi.

Tapi ingat, jangan berlebihan juga. Pastikan foto yang ditampilkan benar-benar diedit sesuai kebutuhan, dan masih menampilkan informasi detail terkait produk utama, terutama tampilan asli dari produk yang kamu tawarkan. 

Nah itu dia beberapa hal yang wajib kamu perhatikan saat mengedit foto untuk konten promosi di sosial media. Kamu juga bisa menyewa jasa editor profesional agar konten yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan terlihat lebih menarik.