Ingin Cuan Melimpah di tahun 2023, Manfaatkan Fitur-fitur Instagram Ini

Fitur Instagram Untuk Bisnis
Fitur Instagram Untuk Bisnis | Pixabay


Instagram menjelma jadi salah satu sosial media terbesar di dunia. Bukan hanya sekedar berbagi momen lewat foto dan video saja, Instagram juga kerap digunakan sebagai media untuk promosi dan berjualan.

Selain digunakan banyak orang, Instagram juga punya banyak fitur yang membuatnya nyaman digunakan sebagai media penunjang bisnis, termasuk Instagram Ads yang bisa memberi lonjakan besar bagi perkembangan bisnis.

Selain Instagram Ads, berikut fitur-fitur Instagram yang bisa kamu optimalkan sebagai penunjang bisnis, mulai dari promosi hingga penjualan.


  1. Instagram Stories

Stories pada dasarnya fitur yang cukup mirip dengan WhatsApps, dimana kamu bisa mengunggah konten singkat, baik dalam bentuk video, foto maupun tulisan. Nantinya konten tersebut akan terbit selama 24 jam. 

Bagi para pebisnis, fitur Stories banyak digunakan untuk menjual produk dalam waktu yang terbatas, misalnya promo diskon 50% untuk satu hari dan lainnya. Fitur ini pun bisa diakses oleh siapa saja, dan sangat mencolok.


  1. Instagram Live

Instagram Live merupakan fitur yang memungkinkan kamu melakukan siaran langsung kepada para pengikut. Saat Live, pengikut kamu akan mendapat notifikasi sehingga kemungkinan ditontonnya cukup tinggi.

Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk melakukan aktivitas promosi, hingga berjualan. Jika host streamingnya tergolong cerdik, fitur ini dapat mengundang konsumen melakukan Impulsive buying lho.


  1. Reels

Reels merupakan fitur yang baru diluncurkan di tahun 2021 kemarin. Fitur tersebut sangat mirip dengan TikTok, dimana kamu bisa mengunggah video singkat dan berpeluang masuk halaman explore Instagram.

Karena bersifat umum dan bisa diakses oleh siapa saja, fitur ini banyak digunakan pebisnis untuk mengunggah video promosi yang bersifat jangka panjang, konten utama, dan produk-produk yang terus diproduksi.


  1. Efek AR (Augmented Reality)

Efek AR merupakan salah satu efek yang cukup menarik karena punya banyak variasi dan memudahkan kamu dalam menyediakan video berkualitas terbaik. Fitur ini merupakan bagian penting dari Reels.

Menariknya, efek AR ini bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik video, dan menyematkan audio sesuai dengan konsep videonya. Dengan bantuan fitur ini, proses pembuatan video promosi jadi lebih mudah.


  1. Audio

Fitur audio merupakan fitur yang memungkinkan kamu menyisipkan audio pada setiap konten yang diposting. Selain dalam postingan biasa dan stories, fitur audio terbaik tersemat sebagai bagian dari fitur Rells.

Ada banyak pilihan audio yang bisa disesuaikan dengan konsep video promosi yang dibangun. Namun jika kamu punya audio sendiri dan lebih suka menggunakannya, boleh kok mengunggahnya langsung di Instagram. 


  1. Collab Tag 

Collab Tag merupakan salah satu fitur unggulan Instagram yang muncul di hampir semua fitur utama Instagram, terutama di Reels dan Feeds. Fitur ini memungkinkan kamu untuk men-tag konten kepada pengguna instagram lainnya. 

Fitur Collab Tag ini banyak digunakan untuk menampilkan testimoni dan review produk. Kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk event promosi tertentu, termasuk penunjang teknik guerilla marketing.


  1. Reels Visual Replies

Fitur ini memungkinkan kamu untuk membalas komentar dari pengikut atau penonton video. Menariknya, bukan hanya sekedar balasan biasa, fitur ini memungkinkan kamu untuk membalas komentar dengan video. 

Dengan cara ini, bentuk promosi yang kamu bangun akan terlihat lebih atraktif, sehingga konsumen makin tertarik dengan produk yang ditawarkan, sekaligus untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Semoga bermanfaat.