Giveaway di Media Sosial dan Cara Mengoptimalkanya Untuk Bisnis

Giveaway di Media Sosial
Giveaway di Media Sosial | Pixabay


Kamu pasti nggak asing lagi dengan strategi giveaway atau pemberian hadiah untuk pelanggan atau pengikut di sosial media, dengan harapan hadiah yang diberikan dapat menaikkan brand awareness dari perusahaan atau brand tersebut.

Tren pemberian giveaway ini tergolong sangat positif, bahkan disarankan untuk dilakukan secara rutin, baik untuk menyambut momen tertentu, seperti ulang tahun perusahaan, maupun saat launching produk baru dan lainnya.


Jenis Giveaway di Media Sosial

Kebanyakan pebisnis menggelar acara giveaway ini di sosial media seperti Facebook, Instagram, TikTok hingga Youtube. Namun ada juga yang menggelarnya secara langsung di outlet atau dalam event tertentu. 

Secara garis besar, ada beberapa jenis giveaway yang diberikan di sosial media, sesuai dengan kekhasan dan strategi marketing yang dijalankan, diantaranya:


  1. Comment and Tag

Comment and tag merupakan jenis event di sosial media yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan jumlah followers. Umumnya ini dilakukan oleh akun sosial media baru, atau akun yang masih punya sedikit follower. 

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengajukan pertanyaan tertentu, kemudian minta followers untuk menjawab pertanyaan tersebut, sambil men-tag akun sosial media temannya agar bergabung dalam event ini.


  1. Likes and Comment

Untuk jenis giveaway ini, umumnya dilakukan oleh akun sosial media yang sudah punya banyak followers. Selain untuk meningkatkan interaksi dengan cepat, trik ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keaktifan follower. 

Caranya mudah, kamu hanya meminta follower untuk me-like dan memberikan komentar pada postingan terbaru kamu. Pemenangnya bisa ditentukan berdasarkan komentar paling menarik, lucu atau 10 akun pertama yang beruntung.


  1. Upload Photo and tag

Event giveaway ini bertujuan selain untuk meningkatkan interaksi followers, dan meningkatkan penjualan, bisa juga ditujukan untuk melihat seberapa besar produk kamu diserap oleh follower sosial media kamu. 

Caranya mudah, minta followers untuk berfoto dengan produk yang kamu jual, kemudian unggah di akun sosial media miliknya sambil men-tag akun sosial media kamu. Pemenang bisa ditentukan berdasarkan jumlah like dan comment.


  1. Review and Tag

Event giveaway ini serupa dengan upload photo and tag. Cuma bedanya, konten yang diunggah follower kamu bukan lagi foto, melainkan reviews jujur tentang pengalaman menggunakan produk yang kamu jual. Bisa dalam bentuk tulisan, foto atau video. 

Pemenang bisa ditentukan berdasarkan tingkat akurasi reviews, interaksi dengan followernya yang lain, seperti jumlah like, comment dan lainnya. Kamu juga bisa meminta follower untuk mengunggah hasil reviewnya di YouTube atau blog. 


Jenis Hadiah Giveaway 

Untuk pemenang giveaway sudah tentu akan diberi hadiah tertentu sesuai dengan kampanye yang sedang kamu jalankan. Namun secara garis besar, sebaiknya hadiah yang diberikan punya beberapa kriteria, diantaranya: 

  1. Memiliki nilai yang tinggi, baik secara fungsi maupun secara nilai. 

  2. Hadiah memiliki nilai branding untuk bisnis yang kamu jalankan. 

  3. Produk tersebut bisa digunakan dalam jangka panjang. 

Apakah boleh memberikan giveaway berupa produk yang tidak berkaitan dengan bisnis yang kamu jalankan? Tergantung dari strategi bisnis yang sedang dijalankan, namun pastikan branding untuk bisnis tetap dikedepankan.