Cara Mengoptimalkan Algoritma TikTok Agar Muncul di FYP

TikTok Agar Muncul di FYP
TikTok Agar Muncul di FYP | Pixabay


Sosial media kini bukan hanya sebatas media hiburan dan pertemanan saja. Saat ini banyak orang yang menggunakannya sebagai sarana untuk berbisnis, mulai dari aktivitas promosi, hingga penjualan langsung atau direct selling.

Peningkatan aktivitas inilah yang membuat banyak platform sosial media menerapkan algoritma khusus agar pembeli bisa dengan mudah menemukan produk yang dibutuhkannya, dengan kualitas terbaik, lebih aman dan seller terpercaya.

Salah satu contohnya TikTok, sosial media yang sedang naik daun ini dikenal punya algoritma unik dan menarik dipelajari para pebisnis.


TikTok dan Algoritmanya Yang Unik

TikTok merupakan sosial media yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan pengguna yang signifikan. Inilah yang membuat banyak orang membidik sosial media asal China ini untuk kepentingan bisnis. 

Jika dulu orang-orang hanya menggunakannya untuk kepentingan dance challenge alias joget-joget, sekarang orang-orang menggunakannya untuk banyak kepentingan, mulai dari promosi, hingga berjualan secara live. 

Fungsinya yang mulai berkembang inilah yang membuat TikTok membuat sebuah algoritma unik, dimana apa yang ditampilkan di for you page atau FYP, akan disesuaikan dengan minat atau preferensi penggunanya. 

Bahkan bukan tidak mustahil video-video yang muncul di FYP datang dari konten kreator yang tidak kamu kenal, atau tidak punya kaitannya sama sekali, namun video yang ditampilkannya sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.


Tips Mengoptimalkan Algoritma TikTok

Dengan algoritmanya yang unik, dan langsung menyasar kepada pengguna potensial, TikTok dinilai sebagai media yang dapat meningkatkan efektivitas aktivitas promosi, bahkan dapat meningkatkan peluang penjualan secara langsung. 

Namun untuk mengoptimalkan algoritma tersebut, ada banyak hal yang wajib kamu lakukan, diantaranya: 

  1. Meningkatkan interaksi dengan pengunjung agar mendapat jumlah view, like, dan comment yang melimpah.
  2. Pelajari tren yang sedang happening di TikTok, kemudian sesuaikan dengan produk yang ingin kamu tampilkan. Pastikan tetap relevan ya!
  3. Pastikan untuk mengatur akun sesuai dengan kebutuhan, terutama domisili atau wilayah tempat tinggal dan kategori preferensi. 
  4. Konsisten mengupload konten berkualitas, dan unik. Jangan lupa optimalkan juga hashtag sesuai dengan tema video yang kamu unggah.

Buat kamu yang ingin mendapatkan hasil instan, cobalah untuk meminta bantuan dari pakar SEO atau perusahaan jasa SEO yang mengerti tentang algoritma TikTok. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur TikTok Ads yang sudah teruji.


Bolehkah Beli Follower TikTok?

Jual beli follower sebenarnya bukan hanya terjadi di TikTok saja, tapi juga terjadi di hampir semua sosial media, termasuk Instagram. Bahkan selain follower, ada juga lho yang berjualan jasa meningkatkan jumlah like dan views.

Dengan cara itu, sudah tentu follower, like, dan views kamu akan meningkat secara instan. Tapi sayang, peningkatan tersebut hanya sebatas angka dan tidak akan berpengaruh pada aktivitas bisnis yang dilakukan. 

Hal tersebut karena akun-akun yang digunakan untuk mem-follow kamu hanya akun palsu, bahkan mungkin hanya robot yang tidak banyak memberi manfaat.