Cara Live Instagram Agar Bisnismu Berkembang Pesat


Cara Live Instagram
Cara Live Instagram | Pixabay


Instagram jadi salah satu sosial media yang berhasil mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Selain sebagai sarana promosi, sosial media milik Meta ini kerap dimanfaatkan untuk aktivitas direct selling.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendukung aktivitas ini, yakni:

  1. Lewat postingan, baik itu Instagram post, story maupun reels.

  2. Lewat fitur live IG. 

Selain itu, banyak pakar yang menyarankan para pelaku bisnis online agar rutin menggelar acara secara live. Selain meningkatkan penjualan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, cara ini juga baik untuk perkembangan bisnis. 


Cara Live IG Supaya Lebih Maksimal

Untuk memanfaatkan fitur Live di Instagram tentu kamu sudah tidak perlu mencari tutorialnya lagi, hanya perlu login ke akun Instagram, setelah itu pilih menu live atau siarang langsung, dan kamu pun sudah bisa langsung menyapa para followers. 

Namun agar hasilnya lebih maksimal, jangan asal Live. Ada beberapa trik yang harus kamu perhatikan, diantaranya:


  1. Tentukan Tujuan Instagram Live

Sudah tentu kamu harus punya tujuan yang jelas sebelum melakukan live IG. Dengan begitu, aktivitas live yang kamu lakukan bukan hanya sekedar menyapa, tapi lebih terkonsep sehingga effect yang dihasilkan jadi lebih maksimal.

Dengan menentukan tujuan yang jelas, kamu pun bisa menyiapkan dulu konsepnya. Misalnya untuk acara lelang, kamu bisa menyiapkan produk-produk yang akan dilelang, penentuan harga awal, hingga urutan produk yang ditawarkan.


  1. Memilih Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu merupakan hal yang sangat krusial dalam aktivitas ini. Tentu saja tujuannya agar acara live kamu ditonton banyak followers, sehingga tujuan menggelar acara ini bisa lebih mudah tercapai, terutama untuk perkembangan bisnismu.

Untuk pasar Indonesia sendiri, umumnya waktu terbaik menggelar acara live Instagram adalah malam hari, dari jam 8-12 malam untuk weekday. Sementara untuk weekend, bisa disesuaikan dengan target pasar yang ingin dicapai. 


  1. Promosi Lewat Story

Jangan ujug-ujug live tanpa memberitahu followers terlebih dahulu. Selain mempersempit peluang ditonton banyak followers, para penonton pun belum punya persiapan apa-apa untuk berinteraksi dalam acara live IG kamu. 

Maka dari itu, promosikan acara Live IG kamu, setidaknya 24 jam sebelum dimulai lewat fitur Instagram Story. Jangan lupa, beritahukan juga tujuan acara tersebut, dan apa keuntungan followers jika menonton acara tersebut.


  1. Hadirkan Konten Menarik

Agar penonton kamu tidak cepat bosan, pastikan kamu menampilkan acara yang benar-benar menarik. Bahkan kamu boleh kok mengundang tamu khusus, misalnya influencer atau talent lainnya untuk mengisi acara live IG. 

Selain susunan acara, agar konten kamu terlihat lebih menarik, pastikan untuk menyiapkan set lokasi syuting yang menarik, pencahayaan yang baik, koneksi internet yang memadai, kualitas audio yang baik dan lainnya.


  1. Jangan Lupa Call to Action (CTA)

Call to action atau CTA merupakan kalimat ajakan agar followers kamu melakukan hal yang diinginkan, misalnya membagikan dan me-like postingan dan aktivitas live kamu, mengajar untuk membeli produk, dan lainnya. 

CTA merupakan poin penting yang harus diperhatikan, termasuk memperhatikan cara-cara penyampaian agar mampu ‘menghipnotis’ para penonton. Jangan lupa, simpan dan share ulang video Live IG ini agar bisa ditonton ulang. 

Nah itu dia beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar acara live IG kamu berjalan lancar, dan mampu menopang perkembangan bisnis. Semoga bermanfaat.