Cara Berjualan di Marketplace Agar Laku dan Untung Besar

Cara Berjualan di Marketplace Agar Laku
Cara Berjualan di Marketplace Agar Laku | Pixabay


Marketplace kerap dianggap solusi bagi mereka yang ingin memulai bisnis tanpa harus keluar banyak modal. Selain karena mudah dan gratis, marketplace juga punya cara yang unik membantu kamu mengembangkan usaha. 

Salah satu yang paling populer adalah marketplace dari Facebook. Disini hampir semua barang bisa didapat, disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal, tempat terdekat, dan relevansi terhadap produk yang diminati.

Meskipun begitu, berjualan di marketplace tidak bisa dilakukan secara asal. Ada beberapa trik yang harus kamu lakukan agar bisnis berkembang pesat.


  1. Gunakan Promosi Paket Bundling

Menawarkan produk dalam paket bundling merupakan salah satu cara termudah untuk menarik minat konsumen. Selain karena karena produk yang terjual jadi lebih banyak, konsumen pun merasa senang karena bisa mendapat produk dengan harga murah. 

Contohnya, kamu bisa menawarkan paket susu UHT yang harga normalnya 4.000 per pcs, jadi 10.000 per 3 pcs. Strategi ini sangat cocok untuk menghabiskan stok produk dalam waktu singkat, atau sebagai pengganti strategi program reward.


  1. Jual Produk Edisi Terbatas

Menjual produk edisi terbatas bisa dipilih sebagai trik sukses berjualan di marketplace. Secara garis besar, strategi ini menggunakan teknik psikologi fear of missing out yang hingga kini masih jadi sifat alami kebanyakan konsumen.

Dalam prakteknya, teknik ini dilakukan dengan cara menawarkan produk dalam jumlah terbatas, misalnya hanya 10 pcs. Dengan cara ini konsumen akan berusaha membeli produk tersebut, bahkan mereka rela membayar dengan harga tinggi.


  1. Diskon Untuk Paket Pembelian

Hampir sama dengan strategi paket bundling, namun kali ini sistem yang digunakan adalah diskon untuk paket pembelian tertentu. Biasanya ini dilakukan untuk produk yang berbeda jenis, ditawarkan dalam satu paket pembelian. 

Ada juga yang memilih sistem quantity, dimana konsumen yang membeli produk dalam jumlah tertentu, akan mendapatkan diskon sesuai program. Misal, pembelian per karton diberi diskon 20%, jika ecer kamu mendapat harga normal.


  1. Pricing Strategy

JIka kamu menemukan konsumen yang sangat sensitif dengan masalah harga, strategi pricing ini layak dicoba. Strategi ini bahkan kerap dijadikan sebagai senjata utama pengelola swalayan dan minimarket untuk menarik pelanggan.

Penerapan strategi ini sangat mudah, kamu hanya perlu menurunkan harga beberapa rupiah untuk mendapatkan kesan harga yang lebih murah. Misalnya, harga snack 2.000, kamu bisa menurunkannya menjadi 1.900, dan sebagainya.


  1. Copywriting yang Informatif

Selain dengan berbagai program promosi, diskon dan paket pembelian, jangan lupakan strategi copywriting. Bukan hanya sebatas seni merangkai kata, copywriting penting untuk menarik konsumen mau membeli produk yang kamu tawarkan. 

Kamu bisa menyajikan detail informasi produk, lengkap dengan harga dan informasi pemesanan. Copywriting juga bisa dimanfaatkan untuk ‘memprovokasi’ agar segera membeli produk tersebut. Misal, “Besok harga naik” dan lainnya.

Yang terpenting dari semua strategi tersebut adalah, konsisten menawarkan produk. Ini penting, mengingat algoritma marketplace sangat suka dengan seller yang konsisten memperbaharui penawarannya. Semoga bermanfaat.