Bisa Bikin Bangkrut. Hindari 7 Penyebab Jualan Online Kamu Tidak Laku

Penyebab Jualan Online Tidak Laku
Penyebab Jualan Online Tidak Laku | Pixabay


Ada banyak faktor yang membuat konsumen berbondong-bondong membeli sebuah produk, mulai dari diskon besar-besaran, program promo yang menarik, kualitas produk atau layanan, alasan emosional dan lainnya. 

Selain mempelajari hal tersebut, kamu disarankan mencari tahu hal-hal yang dapat membuat pembeli menjauh dari produk yang kamu jual. Ini penting lho agar kamu menyiapkan strategi terbaik untuk menghindarinya. 

Berikut beberapa hal yang bisa membuat pembeli menjauh, atau bahkan kapok membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.


  1. Kualitas Produk

Kualitas produk merupakan faktor terpenting yang harus diperhatikan. Selain dapat membuat pembeli kecewa, menjual produk berkualitas buruk bisa membuat pembeli kapok dan enggan untuk membeli produkmu lagi. 

Lebih parahnya lagi, kekecewaan pembeli ini bisa membuat mereka tidak mau melirik varian produk kamu yang lainnya, bahkan bisa saja mereka menceritakan kualitas produkmu yang buruk kepada orang lain.


  1. Harga Jual

Selain kualitas, harga jadi faktor paling sensitif dalam menentukan minat pembeli. Maka dari itu, penting untuk melakukan survey terlebih dahulu dengan cara membandingkan harga produkmu dengan produk kompetitor. 

Tidak ada catatan pasti berapa selisih harga yang bisa kamu ambil, namun banyak pendapat yang menyebut, selisih harga produkmu dengan produk kompetitor tidak boleh lebih dari 10%, baik lebih murah maupun lebih mahal.


  1. Foto Produk

Buat penjual online, kamu selalu disarankan mempercantik foto produk, bahkan jika memang perlu, libatkan profesional dalam proses penggarapan foto produk, mulai dari menyewa model atau influencer, fotografer professional hingga editor. 

Ini penting, karena meski kualitas produk yang ditawarkan jauh lebih baik dari kompetitor, dan harganya lebih terjangkau, pembeli tidak merasa tertarik, bahkan bisa saja mereka akan ragu dengan kredibilitas bisnismu. 


  1. Cara Promosi

Bill Davidow, dalam bukunya yang berjudul Marketing High Technology, gara promosi modern jangan hanya menampilkan kelebihan produkmu saja, tapi juga harus dilengkapi dengan edukasi produk, dan peka terhadap keinginan pasar. 

Selain fokus berpromosi di website dan akun sosial media resmi, kamu disarankan menggunakan platform periklanan online yang sedang populer, seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, TikTok Ads dan lainnya. 


  1. Pelayanan

Selain meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga hubungan baik dengan konsumen, pelayanan yang baik akan membuat konsumen tertarik melakukan repeat order. Sebaliknya, pelayanan buruk akan membuat pelanggan kabur. 

Maka dari itu, pastikan kamu memberi pelayanan yang optimal, mulai dari memberi respons cepat, melayani pembeli dengan bahasa yang baik, tidak mempermalukan pelanggan, memberi garansi, dan sederet layanan positif lainnya.


  1. Rating dan Reputasi Lapak

Salah satu fungsi rating yang tersemat dalam situs marketplace, e-commerce atau situs sejenisnya adalah untuk memudahkan pelanggan mendapat seller terpercaya. Bukan hanya kualitas, tapi juga pelayanannya optimal. 

Nah jika kamu sulit mendapatkan pembeli padahal berbagai program promosi sudah diberikan, coba cek lagi rating dan reputasimu. Siapa tahu banyak konsumen yang memberi rating buruk, baik karena kualitas maupun pelayanan yang buruk.


  1. Pengemasan dan Pengiriman

Dua hal ini banyak disepelekan penjual. Hanya karena sudah melakukan pemesanan dan pembayaran, banyak penjual yang menunda pengiriman dengan alasan “biar dikirimnya sekalian saja”. Percayalah, ini akan jadi buruk bagi bisnismu.

Selain pengiriman yang lambat, pengemasan yang buruk juga bisa membuat pembeli kapok mampir ke toko onlinemu. Ujung-ujungnya, mereka akan memberi ulasan negatif sehingga secara perlahan bisnismu akan tenggelam.

Nah itu dia 7 alasan kenapa pembeli tidak tertarik membeli produk yang kamu jual. Coba evaluasi lagi, jangan sampai hal-hal tersebut pernah kamu lakukan. Jika sudah terlanjur dilakukan, jangan diulangi dan segera perbaiki. Semoga bermanfaat.