Biar Nggak Repot, Begini Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop
Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop | Pixabay


TikTok tumbuh jadi sosial media terpopuler di dunia. Bukan hanya Indonesia, sosial media asal China tersebut kini mulai menguasai Eropa, Amerika, bahkan India, yang dikenal sebagai negara yang cukup keras membatasi TikTok.

Menariknya, TikTok sendiri berevolusi cukup cepat dan sangat baik mengikuti trend dan kebutuhan penggunanya. Jika dulu sosial media ini hanya digunakan untuk memamerkan dance challenge, kini beragam video bisa kamu unggah di sini. 

Selain itu, TikTok pun berevolusi dengan mendukung perkembangan bisnis. Bukan hanya sebatas promosi, mereka kini punya TikTok Shop yang bisa digunakan sebagai sarana untuk berbisnis, mulai dari promosi hingga direct selling.


Kenapa Harus Berjualan di TikTok Shop

TikTok Shop merupakan platform social e-commerce yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal China, Bytedance, yang memungkinkan pengguna dan kreator melakukan aktivitas bisnis, mulai dari promosi hingga jual-beli. 

Berbeda dengan situs e-commerce kebanyakan, di TikTok Shop kamu bisa berjualan sambil melakukan siarang langsung. Pembeli pun akan langsung melakukan transaksi jika melihat ada produk yang menurutnya menarik untuk dimiliki. 

Ada beberapa alasan kenapa TikTok Shop layak kamu coba, diantaranya:

  1. TikTok merupakan aplikasi yang sedang berkembang, dengan jumlah pengguna aktif yang sangat banyak, bersaing dengan Facebook dan Instagram. 

  2. TikTok Shop menggunakan teknik impulsive buying, dimana pembeli akan cenderung melakukan transaksi tanpa berpikir panjang.

  3. Pembeli di TikTok Shop tidak punya kesempatan membanding-bandingkan harga, sehingga kamu bisa menjual produk dengan harga tinggi.

  4. Adanya komunikasi aktif antara konsumen dan seller membuat aplikasi ini sangat cocok digunakan membangun hubungan baik dengan pelanggan.

  5. Kamu bisa memberi penjelasan secara detail terkait produk yang dijual, mulai dari fitur, ukuran, hingga bahan baku dan proses pembuatan. 

Selain itu, TikTok Shop juga punya algoritma unik, yang jika dipadukan dengan fitur TikTok Ads, efeknya bisa sangat besar. Selain meningkatkan brand awareness, keduanya berperan sebagai booster untuk meningkatkan penjualan.


Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

Untuk mulai berjualan di TikTok Shop, tentu saja kamu harus login dengan menggunakan akun TikTok Shop kamu, kemudian manfaatkan fitur live streaming untuk mulai menyapa followers dan mulai berjualan. 

Sedangkan untuk melihat pesanan yang masuk, kamu bisa melakukannya dengan cara seperti ini:

  1. Buka aplikasi TikTok Shop Seller Center, kemudian Login.

  2. Masuk ke Menu ‘Pesanan’

  3. Pilih Kolom Pesanan Menunggu Diproses

Dari sini kamu sudah bisa melihat berapa jumlah pesanan yang masuk. Setelah itu, kamu bisa langsung mengkonfirmasi pesanan, dan siap-siap masuk dalam proses packing, hingga proses pengiriman. Mudah bukan?

Sebagai tambahan, pastikan kamu memadukan cara berjualan di TikTok Shop tersebut dengan beberapa trik jualan secara live streaming lainnya, mulai dari pemilihan waktu online, cara komunikasi, hingga mengatur waktu promosi. 

Agar lebih mudah, sebaiknya aktivitas ini dilakukan secara tim. Ada yang bertugas sebagai announcer atau pembawa acara, orang yang mengecek atau mencatat transaksi, hingga pengatur acara mana produk yang akan ditampilkan lebih dulu. 

Selain itu, siapkan juga tim produksi agar acara live ini berjalan lancar, dengan kualitas audio dan video yang mumpuni. Selamat mencoba!