Agar Bisnis Makin Lancar, Begini Cara Meraih Kepuasan Pelanggan

Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan | Pixabay


Kepuasan pelanggan merupakan salah satu poin penting yang harus diperhatikan para pebisnis. Selain meningkatkan peluang repeat order, kepuasan pelanggan jadi faktor terpenting untuk menjaga kepercayaan konsumen.

Namun meski dipandang sebagai hal yang penting, masih banyak pebisnis yang tidak tahu cara meraihnya. Bahkan tidak jarang mereka menempuh cara yang kurang tepat sehingga kampanye yang dilakukan jadi kurang efektif.

Nah buat yang sedang mencari cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, kamu bisa mencontek beberapa trik berikut ini.


  1. Menyediakan Kotak Saran

Meski masuk dalam kategori cara lama, namun kotak saran dan kritik masih jadi cara paling efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Tidak hanya itu, cara ini akan membuat pelanggan merasa dihargai, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Kotak saran dan layanan pelanggan ini bisa dilakukan dalam banyak macam, termasuk menyediakan layanan pengaduan lewat sosial media, telepon, whatsapp, email dan media komunikasi lainnya. Pastikan layanan ini dikelola dengan serius.


  1. Menanggapi Saran dan Kritik

Tidak cukup dengan menyediakan kotak saran dan kritik saja, semua kritik dan saran tersebut harus ditanggapi. Terutama untuk kritik, kamu harus menanggapinya dengan serius. Jika ada yang harus diselesaikan, maka harus segera selesaikan. 

Sedangkan untuk saran, jangan lupa untuk berikan apresiasi. Jika saran tersebut sangat positif dan dapat meningkatkan produktivitas perusahaan, sebaiknya berikan sedikit hadiah yang dipublikasikan di akun media sosial resmi perusahaan.


  1. Tingkatkan Kualitas

Terus meningkatkan kualitas merupakan hal penting yang harus terus dilakukan secara serius dan konsisten. Selain untuk memenangkan persaingan, perbaikan kualitas dibutuhkan untuk memberi kenyamanan dan kepuasan pelanggan. 

Peningkatan kualitas ini bukan hanya sekedar fokus pada produk yang berhubungan langsung dengan profit, tapi juga pada kualitas layanan. Proses pertama meningkatkan kualitas bisa dilakukan lewat dengan evaluasi rutin.


  1. Bersikap Jujur

Kejujuran merupakan cara terbaik meningkatkan kepuasan pelanggan. Kejujuran ini bisa dimulai dari informasi komposisi produk, teknologi yang terkandung dalam produk atau jasa, hingga rutin menggelar edukasi produk.

Kejujuran juga penting dilakukan saat menanggapi kritik dan saran dari konsumen. Jika memang kesalahan dari pihak perusahaan, maka akui kesalahan tersebut dan minta maaf. Jangan lupa, segera selesaikan masalah tersebut dengan serius.  


  1. Mengadakan Promo Menarik

Promo banyak digunakan untuk menarik lebih banyak konsumen, sekaligus mengejar jumlah penjualan, khususnya produk over stock. Margin keuntungannya memang berkurang, tapi akan tertutupi dengan jumlah penjualan yang tinggi.

Promo bisa dikemas dalam banyak cara, mulai diskon atau potongan harga, promo buy 1 get free, dan lainnya. Ide promosi lainnya yang bisa dicoba adalah dengan kupon, bagi-bagi voucher, giveaway dan lainnya.  


  1. Tawarkan Garansi atau Ganti Rugi

Untuk menjamin kepercayaan pelanggan, kamu bisa menawarkan garansi atau bahkan ganti rugi untuk produk yang tidak sesuai ekspektasi konsumen. Agar tidak merugi, berikan ketentuan khusus untuk garansi yang kamu berikan. 

Sementara untuk ganti rugi, kamu bisa berikan untuk produk-produk cacat produksi, tidak sesuai spesifikasi, dan sejenisnya. Untuk menjamin kepercayaan publik, kamu juga bisa recall seluruh produk yang mengalami cacat produksi.


  1. Lakukan Survei Kepuasan

Survei kepuasan pelanggan merupakan salah satu jalan terbaik yang bisa dipilih sebagai evaluasi untuk mengetahui apakah konsumen merasa puas dengan produk atau layanan yang kamu berikan atau tidak. 

Survei kepuasan pelanggan sendiri terdiri dari 3 jenis, yakni: 

  • Net Promoter Score (NPS), 
  • Customer Satisfaction Score (CSAT), 
  • Customer Effort Score (CES). 

Ketiganya bisa kamu lakukan secara mandiri, atau melibatkan pihak ketiga. Survei kepuasan pelanggan ini bisa dilakukan secara berkala, sesuai dengan kebutuhan. Tapi setidaknya event ini harus dilakukan setahun sekali. Selamat mencoba.