Yuk Intip Trik Sukses Bisnis Kuliner Minuman Kekinian

 

Trik Sukses Bisnis Kuliner Minuman Kekinian
Trik Sukses Bisnis Kuliner Minuman Kekinian | Pixabay

Bisnis kuliner di Indonesia terus mengalami perkembangan, terutama untuk jenis-jenis makanan kekinian. Selain karena bahan bakunya mudah didapat, bisnis kuliner menjanjikan jaminan pasar yang luas, dengan keuntungan besar. 

Selain itu, bisnis kuliner termasuk dalam kategori bisnis yang nggak pernah mati. Kamu hanya perlu banyak berkreasi dalam hal promosi, kemasan, pemasaran, dan tentu saja selalu menyajikan variasi rasa yang lebih berwarna. 

Nah buat kamu yang sekarang ini sedang tertarik memulai bisnis baru, berikut beberapa trik sukses bisnis kuliner minuman kekinian yang bisa kamu contek.


  1. Mulai Dengan Minuman Kekinian

Buat kamu yang ingin mulai membuka bisnis kuliner, cobalah memulainya dengan minuman kekinian. Selain karena bahan bakunya mudah didapat, minuman kekinian punya banyak varian sehingga tidak akan membuat konsumen mudah bosan. 

Selain itu, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan tidak butuh teknik tinggi. Kamu hanya perlu menemukan racikan yang tepat agar minuman yang dijual punya rasa yang unik dan ‘nempel’ di lidah konsumen.


  1. Berani Berinovasi Dalam Rasa

Dalam bisnis minuman kekinian, keberanian dalam berinovasi merupakan modal penting yang wajib kamu miliki. Sajikan menu unik, beda dengan penjual minuman kekinian lainnya. Kamu juga bisa memadukan minuman tradisional dalam kemasan modern.

Jangan khawatir, konsumen Indonesia sangat suka mencoba hal-hal baru. Tapi ingat, racik produk minuman yang kamu tawarkan dengan bahan-bahan berkualitas tinggi agar rasa yang didapat terasa lebih berkesan. 


  1. Kemasan yang Atraktif

Bukan hanya sekedar sebagai tempat minum, kemasan harus digunakan sebagai media promosi yang kreatif dan atraktif. Misalnya dengan menyajikan quotes-quotes bijak, sesuai dengan target pasar yang kamu incar. 

Kamu juga bisa menyajikan kemasan custom, dimana konsumen bisa menuliskan pesan atau ungkapan yang ingin dia sampaikan, bentuk sedotan yang unik, atau bisa juga memberi kemasan yang bisa digunakan kembali.


  1. Pilih Lokasi Yang Strategis

Dalam bisnis kuliner, lokasi yang strategis berperan penting dalam meningkatkan peluang kesuksesan bisnis yang kamu rintis. Lokasi ini harus diselaraskan dengan target pasar, dan harga produk yang kamu jual. 

Misalnya jika pasar kamu anak muda, pilih lokasi yang dekat dengan wilayah kampus, tempat nongkrong, atau sekolahan. Harganya pun harus disesuaikan, misalnya 10-15 ribuan per kemasan untuk pasar anak SMA dan mahasiswa.


  1. Optimalkan Media Sosial

Pastikan selalu mengoptimalkan kekuatan media sosial. Selain sebagai sarana promosi, media sosial bisa kamu manfaatkan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Tujuannya, tentu saja meningkatkan loyalitas mereka. 

Sama seperti metode promosi lainnya, kelola akun sosial media bisnismu dengan cara kreatif dan inovatif, seperti menyajikan foto-foto unik dengan tagar kekinian, membuka giveaway, kuis, dan lainnya. 

Yang terpenting, cobalah konsisten dengan bisnis yang kamu bangun. Setelah bisnis minuman kekinian, kamu berinovasi dengan produk camilan, minuman kemasan instan, hingga membuka lebih banyak cabang.