Terbukti Berhasil. Ini Tips Sukses Buka Bisnis dari Rumah

Buka Bisnis dari Rumah
Buka Bisnis dari Rumah | Pixabay

Banyak orang yang bermimpi untuk punya bisnis sendiri. Namun sayang, niat tersebut selalu urung terlaksana karena banyak faktor, salah satunya alasan modal yang belum mencukupi, atau bingung dengan bisnis yang ingin dijalankan. 

Mulai membuka bisnis sendiri sebenarnya bukan hal yang sulit, kuncinya adalah, jangan terlalu banyak berteori, tapi matangkan teori yang sudah kamu pelajari, dan segera lakukan action untuk mewujudkannya. 

Nah buat yang sudah berniat membuka bisnis sendiri, mending kita mulai yuk beberapa trik membangun bisnis sendiri, dimulai dari rumah.


  1. Meminta Dukungan Keluarga

Sebelum membangun bisnis, hal pertama yang wajib dilakukan adalah, meminta dukungan dari keluarga. Cobalah untuk mendudukkan seluruh anggota keluarga, kemudian jelaskan niat kamu membuka bisnis. 

Dengan cara ini, anggota keluarga akan memahami apa yang kamu inginkan, bahkan mungkin mereka akan ikut membantu memuluskan langkah pertama ini. Minimalnya mereka akan ikut mempromosikan bisnis kamu.


  1. Belajar Administrasi Sederhana

Meski basic bisnis yang dibangun dari rumah, bukan berarti tidak butuh sistem administrasi. Justru sebaliknya, bisnis di rumah butuh sistem administrasi yang baik agar tidak tercampur dengan administrasi keluarga. 

Yang paling sederhana, pastikan kamu memisahkan antara keuangan keluarga dengan keuangan bisnis. Dengan cara ini kamu bisa lebih mudah melakukan evaluasi, hingga menentukan langkah untuk masa depan bisnismu.


  1. Jangan Pikirkan Kegagalan

Jangan pernah berpikir tentang kegagalan! Meski bisnis kamu dimulai dari rumah, pastikan untuk selalu optimis. Kuncinya, pastikan konsep bisnis yang dibangun sudah benar-benar matang, dan sudah tertib administrasi.

Selain itu, pertimbangkan juga strategi marketing, hingga promosi yang tepat. Yakin, selama kamu mampu konsisten dan terus mengupgrade kemampuan, seiring berjalannya waktu bisnis kamu akan berkembang. 


  1. Hitung Kebutuhan Modal

Bisnis apapun yang kamu bangun, sudah pasti harus ditunjang dengan modal yang cukup. Bukan hanya modal uang, kamu wajib menyediakan segala hal pendukung perkembangan bisnis, termasuk skill. 

Khusus untuk modal uang, kamu bisa mengambil modal dari pinjaman, tabungan pribadi atau menjual aset di rumah untuk dijadikan sebagai modal awal. Kamu juga bisa mengumpulkan modal dari para investor.


  1. Bisnis Sesuai Passion

Pastikan bisnis yang kamu bangun sesuai dengan passion. Selain karena lebih semangat saat menjalankannya, bisnis sesuai passion jauh lebih ringan karena minimalnya kamu sudah tahu seluk beluk dari bisnis tersebut. 

Contohnya, jika suka memasak, kamu bisa membuka bisnis catering rumahan, bisnis makanan instan dan lainnya. Kamu juga bisa membuka bisnis lainnya, seperti usaha sablon, kerajinan tangan dan lainnya.

 

Dengan 5 trik di atas, kamu sebenarnya sudah bisa membangun kerajaan bisnis sendiri dari rumah. Agar lebih mantap, siapkan juga strategi soft launching yang tepat, dan pastikan bisnis kamu punya unique selling. 

Bagaimana, sudah siap membangun kerajaan bisnis sendiri dari rumah? Ingat, kecil kepala teri lebih baik ketimbang besar ekor kakap. Selamat berbisnis.