Punya Resolusi Financial Freedom di Tahun 2023? Baca Dulu Ini

Resolusi Financial Freedom
Resolusi Financial Freedom | Pixabay


Tahun baru kerap dirayakan dengan penuh sukacita. Selain merayakan keberhasilan resolusi dan berbagai pencapaian positif di tahun yang lama, kita juga merayakan datangnya tahun yang baru dengan optimisme yang tinggi.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, menuliskan resolusi merupakan hal yang dilakukan banyak orang. Bukan hanya tentang kehidupan, kamu pun wajib membuat resolusi yang berkaitan dengan tujuan keuangan dan bisnis. 

Nah buat kamu yang ingin melangkah lebih jauh, bahkan mencapai level kebebasan finansial atau financial freedom di tahun 2023 nanti, berikut beberapa hal yang harus ada dalam resolusi tahun 2023 nanti. 


  1. Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Untuk bisa mencapai kebebasan finansial, sudah tentu menghasilkan lebih banyak uang merupakan hal yang wajib kamu capai. Dengan tambahan uang tersebut kamu bisa menabung, atau berinvestasi di sektor yang lebih menguntungkan.

Untuk mewujudkan resolusi menghasilkan lebih banyak uang ini bisa kamu mulai dengan mencari pekerjaan sampingan, membongkar celengan untuk mulai berinvestasi, dan upgrade terus kemampuan diri.


  1. Miliki Dana Darurat

Buat yang belum memiliki dana darurat, untuk mencapai level financial freedom, kamu wajib mulai menyiapkan dana darurat. Besarannya sendiri setara dengan 3-6 kali dari total pengeluaran per bulan kamu. 

Misal, jika total pengeluaran kamu sebesar 5 juta per bulan, maka kamu harus punya dana darurat, setidaknya 15-30 juta. Dana darurat tersebut bisa disimpan dalam bentuk emas, atau aset lainnya yang bersifat liquid atau mudah diuangkan. 


  1. Lebih Banyak Menabung

Jika kamu sudah punya dana darurat, tidak ada salahnya untuk meningkatkan jumlahnya jadi setara 1 tahun pengeluaran. Jika sudah mencapai angka tersebut, kamu bisa mulai membuat resolusi, meningkatkan jumlah banyak tabungan. 

Lebih banyak tabungan yang kamu kumpulkan dalam tiap bulannya, maka level financial freedom bisa lebih mudah kamu capai. Tapi ingat, simpan uang kamu dalam bentuk aset atau investasi yang bersifat liquid, seperti logam mulia.


  1. Membuat Uang Bekerja Untukmu

Ini merupakan tahapan akhir yang harus kamu raih sebelum mencapai level financial freedom. Membuat uang bekerja untukmu jelas bukan pekerjaan mudah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan, terutama skil dan pengetahuan yang luas. 

‘Uang bekerja untukmu’ berarti menjadikan uang tersebut terus berputar dan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Tentu saja ini bisa dilakukan jika kamu mengambil jenis investasi yang bersifat medium risk dan high risk.


  1. Bersabar

Mungkin resolusi untuk mencapai level financial freedom butuh waktu yang sangat lama, apalagi jika kamu masih belum memiliki dana darurat, tabungan yang masih minim dan masih banyak cicilan yang belum diselesaikan. 

Selesaikan dulu semua permasalah tersebut, sedikit demi sedikit, dengan fokus utama memiliki dana darurat. Setelah itu, kamu bisa mulai memikirkan menambah tabungan, dan belajar menyimpan uang dalam produk investasi.

Semua proses tersebut memang butuh kesabaran ekstra. Maka bersabarlah, dan terus konsisten mengejar resolusi yang belum kamu dapatkan.