Mulai Bosan Jualan Online? Begini Trik Mudah Mengatasinya

Bosan Jualan Online
Bosan Jualan Online | Pixabay


Meski sangat menyenangkan dan memberi keuntungan yang besar, namun ada kalanya kita merasa bosan dengan rutinitas berjualan online. Bahkan saking bosannya, terkadang kita merasa sangat malas untuk sekedar memposting promo jualan.

Rasa bosan karena setiap hari harus menjalankan aktivitas yang sama merupakan hal yang normal dan dialami banyak orang. Yang penting jangan sampai rasa bosan tersebut terjadi berlarut-larut hingga bikin kamu enggan melayani konsumen. 

Nah buat kamu yang mulai bosan dengan aktivitas jualan online, berikut beberapa trik untuk mengatasi kebosanan, sekaligus meningkatkan semangat berjualan.


  1. Ambil Waktu Untuk Istirahat

Saat rasa bosan datang melanda, hal pertama yang harus dilakukan adalah, berusaha untuk tetap fokus. Jika sudah tidak bisa ditahan lagi, bahkan membuat kamu kehilangan semangat berjualan, segera ambil waktu untuk istirahat. 

Waktu jeda ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas ringan, seperti nonton film komedi, scroll sosial media, pergi jalan-jalan atau belanja dan aktivitas ringan lainnya. Bahkan kamu bisa mengambil jeda 1-2 hari untuk berlibur.


  1. Ngobrol Dengan Orang Terdekat

Jika rasa bosan tersebut sudah sulit ditangani sendiri, segera matikan handphone dan datangi orang terdekatmu. Minta dia untuk menghabiskan waktu bersamamu, dan ceritakan semua keluh kesahmu, termasuk rasa lelah dan bosan yang mulai mendera. 

Ingat, tujuan bercerita ini bukan untuk mencari solusi, dalam kondisi seperti ini kamu hanya perlu didengar agar punya alasan untuk bisa kembali bangkit, dan merasa punya orang yang selalu mendukung dalam berbagai kondisi. 


  1. Coba Strategi Baru

Kamu tentu bosan jika setiap hari menjalankan aktivitas yang sama, pagi lakukan promosi di sosial media, kemudian dilanjut melayani pembeli. Siang mulai rekap pesanan, dan sore pergi ke jasa ekspedisi untuk mengirim pesanan. 

Untuk mengatasi kejenuhan, cobalah untuk mengubah rutinitas kamu. Misalnya membuka pesanan di hari Senin-Kamis, hari Jumat dioptimalkan untuk packing dan mengirimkan pesanan. Sabtu-Minggu kamu bisa off untuk me time.


  1. Pikirkan Rekrut Karyawan

Bukan hanya melelahkan, bekerja sendiri rentan membuatmu stres. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk mencari bantuan dengan membuka lowongan kerja. Dengan adanya karyawan, kamu bisa lebih fokus kepada strategi lainnya. 

Kamu juga punya banyak waktu untuk mencari inovasi baru agar bisnis yang kamu jalankan bisa berkembang lebih pesat. Bonusnya, kamu akan terhindar dari kebosanan karena setiap hari akan berusaha untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda.


  1. Ingat Lagi Alasanmu Berjualan

Jika kamu malas keluar rumah, liburan atau kurang nyaman curhat tentang keluh kesahmu berjualan, mungkin solusi terbaik adalah mengambil kertas kosong kemudian tuliskan semua keluhanmu. Tulis semuanya dengan detail, tanpa sisa.

Setelah itu, ambil kembali kertas kemudian tulis alasan memilih jualan online. Sama seperti keluhan, tuliskan semuanya dengan detail. Baca kembali keduanya. Untuk kertas keluhan, kamu bisa langsung membuangnya ke tong sampah.


Intinya, bosan merupakan hal yang wajar dan bisa dialami oleh siapapun.  Tapi ingat, kamu tidak boleh bosan melayani dan memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Semoga bermanfaat, selamat berbisnis.