Mau Bisnis Ikan Air Tawar? Ini Jenis Ikan Yang Wajib Kamu Lirik

Bisnis Ikan Air Tawar
Bisnis Ikan Air Tawar | Pixabay


Bisnis ikan belakangan ini sedang jadi perhatian di kalangan pebisnis muda. Selain karena tingkat konsumsi ikan yang mulai meningkat, bisnis ikan juga berpotensi memberi keuntungan yang lebih besar ketimbang bisnis lainnya. 

Menurut laporan Badan Pangan PBB, saat ini konsumsi ikan penduduk dunia per kapita mencapai angka 19.6 kg di tahun 2021, jumlah ini meningkat cukup signifikan ketimbang angka di tahun 2018, dan diprediksi akan terus meningkat. 


Jangan Asal Pilih Ikan

Namun meski menjanjikan keuntungan yang sangat besar, dengan pangsa pasar yang tinggi, namun khusus untuk pasar Indonesia, data terbaru menyebut konsumsi ikan air tawar jauh lebih mendominasi ketimbang ikan laut. 

Nah buat kamu yang berencana untuk memulai bisnis ikan, berikut beberapa jenis ikan yang tingkat permintaan pasarnya cukup tinggi, dan wajib kamu pertimbangkan untuk masuk dalam daftar potensi bisnis di tahun ini.


  1. Ikan Mas

Ikan mas merupakan jenis ikan yang cukup populer dikonsumsi masyarakat Indonesia. Jenis ikan ini dikenal sebagai ikan premium karena memiliki daging yang tebal dan rasa yang cukup gurih dengan duri kecil yang minim.

Ikan mas tergolong sangat mudah berkembang biak, dan mampu bertahan dengan melahap berbagai jenis makanan (omnivora). Menariknya, selain jadi ikan konsumsi, ikan mas juga bisa kamu jual sebagai ikan hias lho!


  1. Ikan Lele

Dulu ikan lele cenderung dihindari karena kerap dibudidayakan di tempat yang kurang bersih. Namun saat ini banyak orang yang mulai menggunakan teknik budidaya modern sehingga kebersihan jenis ikan ini lebih terjamin. 

Selain itu, kandungan nutrisi dalam ikan lele pun tergolong sangat tinggi, dengan daging yang tebal dan rasa yang sangat gurih. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk terus mengkonsumsi ikan lele.


  1. Ikan Mujair

Ikan mujair termasuk jenis ikan yang sejak dulu cukup banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi. Karena harganya yang cukup murah, dengan ukuran yang terbilang besar, ikan mujair banyak dipilih masyarakat untuk acara hajatan.

Daging ian mujair banyak disukai karena rasanya yang gurih dengan tekstur padat berserat tinggi, mirip seperti ayam kampung. Buat yang tertarik membuka bisnis ikan, pastikan ikan mujair masuk dalam list produk jualanmu.  


  1. Ikan Gurame

Dibanding dengan jenis ikan lainnya, gurame merupakan jenis ikan yang banyak dipilih karena ukurannya yang sangat besar dengan daging ikan yang cukup tebal. Selain itu, harga ikan gurame tergolong sangat terjangkau. 

Bagi peternak, teknik budidaya gurame tergolong sangat mudah, dengan modal awal pendirian usaha yang sangat minim. Sangat wajar jika akhirnya bisnis ikan gurame jadi salah satu pilihan bisnis yang wajib kamu pertimbangkan.


  1. Ikan Nila

Ikan nila dikenal karena ukurannya yang cukup besar, dengan daging buah yang cukup tebal. Di pasaran, ikan nila masuk dalam kategori jenis ikan kelas medium atau pertengahan sehingga bisa menyentuh lebih banyak kalangan.

Karena berkerabat dengan ikan mujair, ikan nila tergolong sebagai ikan yang tangguh dengan proses budidaya yang sangat mudah. Selain itu, ikan nila juga mudah berkembang biak, dan cepat beradaptasi dengan lingkungan tambak.


Nah itu dia 5 jenis ikan yang cukup banyak dibudidayakan karena nilai jualnya yang sangat tinggi, namun tidak butuh modal banyak untuk memulai prosesnya. Gimana menurutmu. Sudah punya target kapan akan mulai berbisnis?