Keuntungan Bisnis Franchise dan Inspirasi Jenis Bisnisnya

Keuntungan Bisnis Franchise
Keuntungan Bisnis Franchise | Pixabay

Hampir di setiap wilayah di Indonesia sudah terisi dengan berbagai bisnis franchise, mulai dari yang berskala internasional, nasional, hingga lokal. Semuanya menawarkan konsep bisnis menarik dengan  berbagai keunggulannya. 

Namun secara garis besar, keuntungan bisnis franchise ini cenderung sama, yakni merek yang sudah dikenal luas masyarakat sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi membangun brand. Imbasnya, peluang sukses pun jauh lebih cepat.

Selain itu, jika dibandingkan dengan model bisnis lainnya, bisnis franchise punya keunggulan berupa kerjasama yang terpercaya telah terbangun sejak awal, manajemen bisnis yang telah terbangun, dan manajemen finansial lebih mudah.


Cakupan Bisnis Yang Cukup Luas

Keunggulan lainnya yang tidak kalah penting diperhatikan adalah, bisnis franchise punya cakupan yang sangat luas. Berikut 5 jenis bisnis franchise yang dalam beberapa tahun terakhir cukup booming di Indonesia.


  1. Bisnis Franchise Makanan Korea

Booming trend Korea membawa banyak dampak bagi perkembangan bisnis kuliner di Indonesia, termasuk mulai menjamurnya berbagai brand makanan Korea, dimana beberapa diantaranya sudah mengadopsi sistem bisnis franchise.

Ada banyak jenis makanan Korea yang cukup digemari masyarakat Indonesia, dan sudah punya pelanggan setianya, terutama jenis Korean Street Food seperti Odeng, Tteokbokki, Kimbap, Corn Dog, Bungeoppang, dan lainnya.


  1. Bisnis Franchise Ayam Goreng

Tidak dipungkiri lagi jika bisnis franchise ayam goreng jadi salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Selain bahan baku yang melimpah, bisnis ini punya jangkauan konsumen yang sangat luas, mulai anak-anak hingga dewasa. 

Dalam model franchise, kamu bukan hanya sekedar dibekali dengan brand, tapi juga resep, teknik memasak hingga cara penyajian. Semuanya disajikan dalam cara yang sangat mudah, cepat dan mudah dipahami, bahkan bagi para pemula. 


  1. Bisnis Franchise Martabak

Sama seperti bisnis franchise lainnya, bisnis franchise martabak ini berkembang cukup pesat, terutama dengan berbagai variannya yang semakin kreatif. Bahkan saat ini rame martabak hitam, martabak isi pete dan lainnya. 

Selain varian rasa, martabak pun sudah mengalami perkembangan dalam hal ukuran, hingga cara penyajian. Kamu bisa membidik bisnis franchise martabak ini sebagai salah satu sumber penghasilan di tahun ini.


  1. Bisnis Franchise Warteg

Jangan salah, bisnis franchise warteg ini jadi salah satu yang cukup bersinar di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, penikmat menu khas warteg pun datang dari berbagai kalangan, mulai dari pekerja kantoran hingga mahasiswa. 

Ada banyak nama besar warteg yang kini sudah banyak berdiri di banyak daerah di Indonesia. Tentu saja menu dan citarasa yang ditampilkan cenderung sama sehingga kamu dan para franchisor lainnya bisa saling berbagai pelanggan setia.


  1. Bisnis Franchise Minuman Teh

Kalau yang satu ini kamu pasti sudah sering melihatnya. Ada banyak bisnis franchise minuman teh yang bisa dipilih, mulai dari Thai Tea dengan segala keunikannya, hingga teh manis tradisional dengan mengusung brand tertentu. 

Jika dibandingkan dengan jenis bisnis franchise lainnya, berjualan minuman teh jauh lebih mudah dan modal yang lebih sedikit dengan pangsa pasar yang cukup besar. Hal inilah yang membuat peta persaingan di jenis bisnis ini tergolong sengit.


Selain bisnis-bisnis di atas, sebenarnya masih banyak jenis bisnis franchise yang bisa kamu bidik sebagai sumber penghasilan baru, seperti bisnis franchise boba yang masih booming, es kopi susu, hingga bisnis laundry.

Nah bisnis manakah yang kamu pilih? Jangan lupa, selalu iringi setiap langkah bisnis yang kamu ambil dengan perhitungan yang matang. Selamat berbisnis!