Ide Bisnis Gorengan Kekinian Ini Bisa Jadi Sumber Cuan di Tahun 2023 Lho!

Ide Bisnis Gorengan
Ide Bisnis Gorengan | Pixabay


Dibandingkan dengan jenis camilan lainnya, gorengan masih jadi cemilan terpopuler di Indonesia. Selain karena proses pembuatannya yang mudah, gorengan jadi yang terfavorit karena rasanya yang gurih bikin ketagihan.

Ada banyak jenis gorengan yang bisa kamu olah dan dijadikan sebagai sumber pendapatan keluarga, mulai dari gorengan tradisional seperti bakwan, tahu isi, dan lainnya, hingga gorengan kekinian yang sedang viral.

Nah buat kamu yang sedang cari inspirasi bisnis yang menguntungkan, berikut 7 ide gorengan kekinian yang bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi bisnis. 


  1. Cireng

Cireng merupakan cemilan asal Jawa Barat yang terbuat dari adonan tepung terigu dan tepung tapioka (aci) yang diolah dengan cara digoreng, dan bisa disajikan dengan cocolan bumbu petis, sambal rujak, sambal kecap pedas, dan lainnya. 

Cireng sendiri merupakan akronim dari aci digoreng. Kamu bisa menambahkan banyak varian, seperti cireng salju, cireng kelapa, cireng isi dengan isian suwiran daging ayam, isian bolognese, mozarella dan lainnya.


  1. Corndog

Gorengan lainnya yang bisa kamu optimalkan sebagai ide jualan adalah Corndog. Jajanan ini awalnya dari Amerika Serikat, namun populer di Indonesia karena sering ditampilkan dalam drama Korea sebagai jajanan populer anak muda.

Corndog terbuat dari sosis yang ditusuk, kemudian dibalut dengan adonan cornmeal dan digoreng. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan dalaman mozzarella, potongan kentang goreng, hingga varian cordog manis dengan saus coklat.


  1. Tahu Walik

Tahu walik merupakan jajanan dari daerah Banyuwangi. Sesuai dengan namanya, jajanan ini sebenarnya tahu goreng (tahu pong) yang ‘dibalik’, dimana bagian luar tahu jadi di dalam. Tahu walik biasanya disajikan dengan sambal colo-colo.

Tahu walik biasanya diisi dengan adonan bakso ayam. Namun kamu bisa berkreasi dengan menambahkan isian seperti sosis, potongan cumi, mozzarella, suwiran ayam, sayuran, ikan tongkol, bihun dan lainnya.


  1. Donat Bomboloni

Kamu pasti sering mendengar istilah donat bomboloni. Ya, berbeda dari kebanyakan donan yang memiliki lubang di tengah, donat ini tidak memilikinya. Bahkan beberapa jenis donat bomboloni diberi isian, mulai dari selai, hingga isian daging.

Adonan donat bomboloni sendiri sama seperti adonan donat biasa. Namun selain diberi isian, donat bomboloni juga bisa diberi topping tertentu sebagai penambah rasa, seperti gula halus, coklat, kacang, keju, dan beragam topping lainnya. 


  1. Churros

Gorengan lainnya yang bisa kamu optimalkan untuk jadi ide bisnis adalah Churros. Cemilan ini rasanya manis, dengan tekstur yang crispy. Churros sendiri dulunya banyak dijadikan sebagai ‘bekal’ para penggembala Spanyol. 

Churros umumnya disajikan dengan topping gula pasir dan kayu manis. Tapi kamu bisa menambahkan varian rasa, seperti topping kacang, biji wijen dan lainnya. Churros bisa disajikan bersama cocolan saus coklat dan lainnya. 


  1. Lumpia Kulit Tahu

Lumpia Kulit Tahu pada dasarnya merupakan salah satu varian dari dimsum, dimana gorengan ini terbuat dari kulit tahu yang diisi dengan berbagai olahan udang atau daging ayam. Sementara bagian luarnya diikat dengan nori atau daun kucai.

Lumpia kulit tahu dapat memberi sensasi renyah di mulut, empuk dan empuk di bagian dalam. Biasanya jajanan ini disajikan bersama nasi, dan sambal bangkok. Namun kamu bisa juga menyajikannya dengan cocolan sambal lainnya.


  1. Twigim

Berbeda dengan corndog yang berasal dari Amerika namun populer di Indonesia berkat drama Korea, Twigim merupakan jananan yang benar-benar berasal dari Korea.  Twigim sendiri merupakan bahasa Korea yang berarti gorengan.

Twigim punya banyak jenis, seperti Gamjajeon, Gimmari, Gochu Twigim, dan Yachae.  Kamu bisa mempelajari cara membuat twigim di YouTube, atau platform video lainnya. Konsumennya banyak lho, terutama para penggemar drakor.

Nah itu dia beberapa jenis gorengan unik yang bisa kamu jadikan sebagai ide bisnis. Kamu punya ide lainnya?