5 Peluang Bisnis di Indonesia Yang Diprediksi Cuan di Tahun 2023

Peluang Bisnis di Indonesia
Peluang Bisnis di Indonesia | Pixabay

Dengan gaya hidup di zaman sekarang, hanya mengandalkan gaji sebagai karyawan saja sepertinya akan terasa kurang. Butuh sumber penghasilan tambahan agar kamu bisa bertahan, sekaligus menata masa depan jadi lebih baik. 

Selain itu, memulai bisnis di Indonesia bukan hanya sebatas upaya memperbaiki perekonomian keluarga, tapi lebih dari itu, ini sebagai upaya membantu menciptakan lapangan kerja agar tingkat pengangguran semakin berkurang. 


Anak Muda Lebih Tertarik Berbisnis

Menurut penelitian terbaru, tahun 2022 ini perkembangan bisnis dikuasai oleh lebih banyak anak muda. Survei tersebut menjelaskan jika 72 persen generasi Z lebih suka membangun bisnisnya sendiri ketimbang bekerja pada orang lain. 

Hal ini cukup beralasan, mengingat ada banyak peluang bisnis di Indonesia yang cukup terbuka, dengan pangsa pasar yang sangat luas. Hal ini didukung oleh pola hidup masyarakat yang masih sangat konsumtif. 

Berikut beberapa peluang bisnis di Indonesia yang prospeknya cukup cerah, dan bisa kamu coba kembangkan di tahun 2023 nanti.


  1. Otomotif

Industri otomotif di Indonesia termasuk yang paling berkembang pesat, terlebih saat ini pemerintah tengah gencar mengkampanyekan kendaraan listrik sebagai salah satu upaya untuk mengurangi emisi karbon di udara. 

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendirikan bisnis yang berhubungan dengan otomotif, seperti bengkel & perawatan kendaraan, modifikasi dan lainnya. Yang paling sederhana, kamu bisa mulai membuka bisnis tambal ban. 


  1. Menjual Stok Foto

Dalam beberapa tahun terakhir ini hobi fotografi di Indonesia semakin berkembang. Kondisi ini dibantu oleh perkembangan smartphone yang semakin hari berhasil menyajikan kualitas kamera yang lebih baik dari generasi sebelumnya. 

Kamu bisa menjadikan hobi ini sebagai sumber penghasilan tambahan dengan menjual foto secara online, seperti Shutterstock, Unsplash, Flickr, dan lainnya. Jangan lupa, lengkapi skill kamu dengan kemampuan editing yang baik.


  1. Internet Marketing

Saat ini hampir semua perangkat sudah terhubung ke Internet. Tidak hanya itu, banyak perusahaan besar yang mengandalkan internet, terutama sosial media, sebagai sarana promosi, hingga menjual produk secara langsung. 

Dengan fakta ini, bisnis internet marketing merupakan salah satu peluang bisnis terbaik di Indonesia, dimana di dalamnya kamu bisa menciptakan ide bisnis, seperti desain grafis, copywriting, voices over talent, content creator dan lainnya.


  1. Kuliner Tradisional Kekinian

Bisnis kuliner memang nggak ada matinya. Ada banyak jenis kuliner baru yang terus dimunculkan, termasuk makanan tradisional yang dimodifikasi agar lebih kekinian, seperti colenak varian coklat, getuk keju, kue serabi varian rasa dan lainnya. 

Kenapa kamu nggak coba ambil peluang ini? Cobalah untuk membuat kreasi baru dari makanan tradisional di daerahmu, kemudian modifikasi agar lebih kekinian. Selain berbisnis, kamu juga bisa berperan penting melestarikan kuliner nusantara.


  1. Fashion

Satu lagi bisnis yang perkembangannya cukup signifikan, dan tak lekang digerus jaman. Yup, bisnis fashion merupakan salah satu bisnis yang diprediksi akan terus berkembang di tahun 2023, dan tahun-tahun berikutnya. 

Ada banyak peluang bisnis di industri fashion Indonesia, mulai dari memproduksi pakaian, usaha sablon, hingga menjadi penjual pakaian bekas layak pakai alias preloved. Kamu bisa memanfaatkan marketplace sebagai tempat berjualan. 

Nah itu dia beberapa peluang bisnis di Indonesia yang diprediksi akan bersinar di tahun 2023. Sudah punya gambaran peluang bisnis mana yang akan diambil?