Bisnis Affiliate Marketing, dan Tips Sukses Menjalankannya

Bisnis Affiliate Marketing
Bisnis Affiliate Marketing | Pixabay


Dalam beberapa tahun terakhir bisnis online terus mengalami peningkatan. Bukan hanya sekedar sumber penghasilan tambahan, kini banyak orang yang mulai melirik peluang bisnis ini sebagai mata pencaharian utama keluarga mereka.

Bisnis online sendiri sebenarnya cukup luas. Selain dengan menjual produk sendiri, menjadi reseller untuk produk orang lain, atau menjadi dropshipper, kamu juga bisa mencoba menggeluti sektor bisnis afiliasi.


Apa Itu Bisnis Afiliasi 

Bisnis afiliasi sendiri sebenarnya mirip dengan bisnis dropship, namun bedanya produk yang kamu jual bisa beranekaragam, bahkan untuk produk yang sebenarnya belum pernah kamu coba, atau bahkan belum pernah melihat wujud fisiknya. 

Dari segi keuntungan, dalam bisnis affiliate marketing ini kamu akan berperan sebagai marketer atau sales freelance, dimana sumber utama keuntungannya adalah komisi dari produk yang berhasil terjual lewat link yang kamu bagikan. 

Sama seperti dropship, bisnis ini tidak butuh modal yang besar. Resiko yang harus kamu tanggung pun tidak terlalu tinggi, hanya saja dibutuhkan kemampuan mempromosikan yang bagus agar produk yang ditawarkan bisa terjual banyak. 

Selain itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari orang lain yang mendaftar menjadi marketer lewat link yang kamu bagikan, atau mendaftarkan diri di situs tempat kamu menjalankan bisnis affiliate marketing ini.


Cara Mendaftar Bisnis Affiliate Marketing

Untuk bisa menjadi seorang penjual atau marketer, kamu hanya perlu mendaftar di situs yang menyediakan program affiliate marketing, baik situs yang berbasis di Indonesia, maupun di luar negeri. 

Untuk Indonesia sendiri, sebenarnya ada banyak situs yang membuka kesempatan kamu untuk berperan sebagai marketer, termasuk situs-situs e-commerce besar seperti Shopee, Bukalapak, TokoPedia dan lainnya 

Mengenai syaratnya, tiap situs punya ketentuan sendiri. Tapi jangan khawatir, umumnya syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar menjadi marketer tidak terlalu ribet, bahkan kamu yang masih pemula pun sudah bisa melakukannya. 


Bagaimana Cara Jualannya?

Kamu bisa menggunakan banyak cara untuk bisa berjualan, misalnya dengan aktif di sosial media seperti Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan blog pribadi sebagai tempat berjualan. 

Setelah menentukan platform tempat jualannya, kamu tinggal menyusun strategi untuk mulai berjualan. Salah satu yang sedang trend adalah dengan memanfaatkan fitur live TikTok, Instagram, Facebook, dan lainnya. 

Minta pengikut kamu atau calon konsumen untuk berbelanja lewat link yang sudah kamu sediakan, setelah itu tunggu hingga proses transaksi selesai, dan komisi pun akan langsung sampai ke akun yang kamu kelola.

Besaran komisinya sendiri memang tidak besar. Namun jika promosi yang kamu lakukan berhasil, dan mendatangkan transaksi yang cukup besar, otomatis keuntungan yang akan kamu dapatkan pun cukup besar. 


Apakah Bisnis Affiliate Marketing Aman?

Memang tidak selamanya bisnis affiliate marketing ini aman. Alih-alih untung, bahkan banyak orang yang tertipu karena kerja keras yang mereka lakukan hanya berbuah angka-angka kosong, tanpa bisa dicairkan. 

Solusinya, pastikan situs-situs yang kamu ikuti dalam program affiliate marketing ini benar-benar terpercaya. Untuk situs luar negeri, program affiliate marketing Amazone masih jadi yang terdepan, dan bisa dipercaya. 

Untuk situs-situs Indonesia, saat ini situs-situs seperti Shopee Affiliate, Bukalapak, TokoPedia, dan situs e-commerce besar lainnya, bisa kamu kedepankan.