Awas! Aktivitas Promosi Ini Bisa Bikin Akun Facebook Kamu Kena Blokir

Akun Facebook Kena Blokir
Akun Facebook Kena Blokir | Pixabay


Meski terus mendapat pesaing yang tangguh, namun hingga kini Facebook masih tercatat sebagai sosial media dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia, mengalahkan sosial media populer seperti Instagram dan TikTok. 

Dengan statusnya ini, Facebook masih dianggap efektif untuk dijadikan tempat jualan dan promosi. Terlebih saat ini pihak Meta mengklaim sudah menanamkan update baru algoritma marketplace yang lebih mendukung bagi para seller. 

Tapi hati-hati, Facebook juga termasuk galak lho! Ada beberapa hal yang harus kamu hindari saat menggunakan sosial media ini untuk berjualan.


  1. Aktivitas Spamming

Spamming merupakan salah satu trik promosi yang cukup banyak dilakukan di sosial media, tapi tidak bisa leluasa kamu lakukan di Facebook. Alih-alih cuan, kamu justru beresiko diblokir Facebook jika terus melakukannya. 

Beberapa aktivitas spamming yang cukup berbahaya bagi perkembangan bisnis kamu adalah, berkomentar di luar topik yang sedang dibicarakan dengan menyertakan link jualan, membagikan link secara serampangan, dan lainnya.


  1. Melakukan Tag Sebanyak Mungkin

Facebook punya fitur ‘tag’ yang bisa kamu gunakan untuk menandai orang-orang agar tidak ketinggalan dengan konten yang kamu unggah, baik berupa tulisan, foto hingga video. Tapi hati-hati, jangan menyematkan tag secara serampangan.

Selain karena orang yang di-tag sudah diberi kebebasan untuk menolak atau bahkan menghapus tag yang kamu sematkan, pihak Facebook pun tidak akan tinggal diam dengan spam tag yang berseliweran, bahkan resikonya langsung blokir lho!


  1. Mengirimkan Pesan Inbox Massal

Aktivitas bisnis lainnya yang haram kamu lakukan di Facebook adalah, mengirimkan pesan massal di Inbox. Fitur ini pada dasarnya broadcast message yang dikirimkan lewat fasilitas private message yang dibenamkan dalam fitur messenger.

Hasil pesan berantai ini memang tidak ditampilkan di beranda, tapi pihak Facebook tidak akan mentolerir spam message seperti ini, terlebih jika orang yang menerima pesan tersebut menandai dan melaporkan akun kamu sebagai spam. 


  1. Menuliskan Iklan Sebanyak Mungkin

Salah satu trik yang banyak dipilih oleh para penjual adalah dengan memposting produk jualan mereka di timeline maupun story, baik dalam bentuk tulisan promosi, foto-foto hingga video. Sepintas tidak ada yang salah bukan?

Tapi hal ini berbahaya jika kamu lakukan setiap hari. Alih-alih dilihat banyak orang, kebiasaan ini justru bisa menyebabkan akun kamu kena blokir. Untuk berpromosi, Facebook sudah menyediakan fasilitas khusus lewat fitur Marketplace.


  1. Mengirim Link Promosi ke Banyak Grup

Facebook benar-benar benci dengan orang yang memanfaatkan fiturnya secara serampangan, apalagi terlalu berlebihan dalam berpromosi. Ini dibuktikan dengan larangan mengirimkan link promosi langsung ke banyak grup.

Jika ini terus kamu lakukan, akun kamu bisa diblokir permanen dan tidak bisa lagi menggunakan marketplace. Di sisi lain, teknik pemasaran yang terlalu agresif seperti ini bisa menyebabkan anggota grup tidak nyaman lho!


Nah itu dia beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan di Facebook. Alih-alih mendatangkan keuntungan, teknik-teknik di atas bisa menyebabkan akun kamu terkena blokir, dan sulit digunakan untuk berjualan lagi.

Jadi, gunakan semua fasilitas dari Facebook sebijak mungkin, dan gunakan teknik promosi cerdas agar akumu aman, dan jualanmu lancar. Selamat mencoba!