Alasan Bisnis Online Lebih Menguntungkan Ketimbang Offline

Bisnis Online Menguntungkan
Bisnis Online Menguntungkan | Pixabay

Belakangan ini banyak perusahaan yang mulai mengintegrasikan bisnis offline mereka dengan layanan online. Hal ini cukup wajar, mengingat bisnis online saat ini sedang berkembang pesat, dan menjanjikan pangsa pasar yang lebih luas. 

Tidak hanya itu, kehadiran smartphone dan beragam fasilitas pendukung, seperti hadirnya platform uang digital, dan menjamurnya perusahaan ekspedisi, membuat banyak orang makin nyaman berbelanja secara online.

Dari segi bisnis, bisnis online pun dinilai lebih menguntungkan. Ada banyak alasan yang mendasari hal ini, diantaranya:


  1. Modal yang Lebih Minim

Untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, bisnis offline butuh lebih banyak sumber daya yang dihabiskan untuk membuka cabang baru, merekrut karyawan, pelatihan, dan lainnya. Banyak uang dan waktu yang harus dihabiskan. 

Ini berbeda dengan membuka bisnis secara online, dimana kamu hanya perlu membuka satu kantor kemudian mengintegrasikan seluruhnya secara online. Bukan hanya dalam negeri, konsumen luar negeri pun bisa kamu garap.


  1. Lebih Praktis dan Fleksibel

Jika dibandingkan dengan bisnis offline, bisnis online jauh lebih praktis dan fleksibel. Misalnya untuk membangun sebuah perusahaan, kamu hanya perlu memperkuat sistem perusahaan, dengan fokus membuka layanan online. 

Selain itu, kamu pun tidak perlu ribet dengan masalah perizinan, pengelolaan sumber daya, biaya maintenance dan hal-hal lainnya yang terkadang cukup mengganggu bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya secara offline.


  1. Target Pasar Luas

Untuk yang satu ini, tentu sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Dengan adanya smartphone dan koneksi Internet yang sudah menjangkau hampir seluruh daerah di Indonesia, membuat target pasar untuk bisnis online semakin luas. 

Tidak hanya itu, selama pandemi kemarin masyarakat mulai nyaman berbelanja secara online. Bukan hanya generasi millenial atau yang lebih muda lagi, saat ini banyak orangtua yang sudah terbiasa menggunakan gadget untuk berbelanja online.


  1. Lebih Mudah Berpromosi

Sebelum era Internet, para produsen butuh usaha ekstra untuk mempromosikan produk mereka, mulai dari memasang iklan di media elektronik (koran, TV dan radio), hingga membuat event-event besar yang butuh banyak biaya. 

Dengan adanya Internet, para produsen kini bisa lebih mudah dan lebih murah dalam berpromosi. Kamu hanya perlu membuat iklan di beberapa media online, termasuk membayar influencer agar produk bisa dikenal lebih luas. 


  1. Biaya Operasional Lebih Murah

Dari semua kelebihan bisnis online, semuanya bermuara pada biaya operasional yang jauh lebih murah. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk fokus pada biaya promosi, atau menekan harga jual agar bisa dijangkau semua lapisan masyarakat. 

Tidak hanya itu, biaya operasional yang lebih murah juga bisa dimanfaatkan untuk menyediakan bahan baku yang lebih berkualitas, atau dilimpahkan kepada budget riset dan pengembangan produk.

Nah itu dia beberapa keunggulan bisnis online, dan alasan kenapa kamu harus mulai mengintegrasikan bisnis offline kamu dengan layanan online. Semoga bermanfaat.