Cara Mudah meningkatkan Followers Instagram Untuk Bisnis

Cara Meningkatkan Followers Instagram
Cara Meningkatkan Followers Instagram | Pixabay

Instagram merupakan sosial media yang pertumbuhan penggunanya terus naik dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini popularitas Instagram sudah mulai mengancam eksistensi Facebook dan Twitter yang sudah lebih dulu ada.

Menurut data We Are Social, tahun 2022 ini Indonesia memiliki hampir 100 juta pengguna aktif bulanan. Potensi inilah yang kemudian dicium oleh para pebisnis untuk menggunakannya sebagai penunjang bisnis.


Tingkatkan Followers Agar Bisnis Melesat

Untuk bisa mengoptimalkan Instagram, selain menghadirkan konten berkualitas dan mempromosikannya di platform sosial media lainnya, kamu pun dituntut untuk terus berusaha meningkatkan jumlah followers. 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah followers Instagram dalam waktu singkat, diantaranya. 


  1. Pelajari Algoritma Instagram

Sama seperti sosial media lainnya, Instagram punya algoritma khusus yang berfungsi memilah dan memilih mana konten yang layak ditampilkan di kolom eksplorer, sesuai dengan preferensi penggunanya (dipersonalisasi). 

Selain itu, Instagram punya algoritma khusus berdasarkan relationship dan interest atau minat dari penggunaannya. Semua variable tersebut harus kamu pelajari agar mampu menghadirkan konten yang sesuai dengan pasar yang kamu tuju.


  1. Membuat Konten Evergreen

Selain Google, banyak pengguna Instagram yang menggunakannya sebagai ‘search engine’ untuk menemukan beragam informasi. Maka dari itu, penting agar kamu selalu menyajikan konten-konten yang bermanfaat.

Tapi bukan asal konten, menurut Semrush, konten evergreen merupakan salah satu konten terbaik yang bisa kamu pilih untuk diposting dalam instagram. Konten ini bisa berisi tentang tutorial, tips and trick dan lainnya.


  1. Perhatikan Waktu Posting

Waktu posting ternyata berpengaruh besar pada jumlah pengunjung yang bisa mampir ke akun yang kamu kelola. Menurut Sprout Social, jam 10:00 s/d 13:00 merupakan waktu terbaik untuk menampilkan postingan baru. 

Sedangkan berdasarkan hari, Selasa dan Rabu merupakan hari paling efektif untuk update konten, dan hari minggu dianggap efektif untuk memposting konten. Tapi jika punya sumber daya yang cukup, kamu bisa postings setiap hari.


  1. Maksimalkan Hashtag

Pernah dengan istilah The Power of Hashtag? Yup, Hastag bertujuan agar pengguna lebih mudah menemukan apa yang mereka cari. Dengan menyematkan Hastag yang sedang populer, maka jangkauan postingan kamu pun akan semakin luas.

Tapi jangan asal pasang hastag, sesuaikan dulu dengan konten yang kamu upload. Dengan cara ini, diharapkan pengguna akan lebih mudah menemukan akun kamu, hingga akhirnya tertarik mengikutinya.


  1. Ikuti Tren

Tren di Instagram memang cenderung berubah. Beberapa tahun silam banyak orang memposting foto-foto liburan atau tempat-tempat yang indah, meme, dan sound reels. Untuk sekarang, tren mulai berubah ke arah video reels. 

Tren-tren inilah yang harus kamu perhatikan agar pengguna Instagram bisa mudah menemukan akun yang kamu kelola. Bukan hanya sekedar mampir, trik ini diharapkan akan menambah jumlah follower dengan lebih cepat.


Selain trik-trik di atas, kamu juga bisa menambah follower Instagram dengan memasang iklan di sosial media lainnya dan rutin membuat acara giveaway, seperti meminta follower untuk memberikan like, tag, share, dan lainnya.

Bagaimana dengan beli follower? Secara jumlah memang ini berhasil. Tapi secara penjualan, ini tidak akan efektif buat kamu.