Trik Ampuh Gunakan WhatsApp Untuk Promosi dan Jualan Online

WhatsApp Untuk Promosi dan Jualan Online
Trik WhatsApp Untuk Promosi dan Jualan Online | Pixabay

Sebagai aplikasi chatting yang cukup populer, banyak orang yang memanfaatkan popularitas WhatsApp sebagai salah satu alat pemasaran yang powerful. Bahkan saat ini hampir seluruh pebisnis di Indonesia menggunakan aplikasi tersebut.

Dengan melihat fakta tersebut, harus diakui jika WhatsApp merupakan platform unik yang memudahkan pelaku bisnis dan UMKM terus bertumbuh. Bukan hanya promosi, aplikasi ini bisa bantu mereka melakukan pemasaran secara langsung.   

Tapi jangan asal berpromosi, ada beberapa trik yang harus diperhatikan agar Whatsapp bisa bantu mengoptimalkan program pemasaran kamu, diantaranya: 


  1. Jangan Lakukan Spam 

Banyak fitur yang diberikan WhatsApp untuk memudahkan kamu berpromosi dan melakukan transaksi secara langsung, baik posting lewat grup, mengirimkan pesan broadcast, hingga mengirimkan pesan pribadi kepada konsumen yang ditarget.

Tapi hati-hati, jangan terlalu sering mengirimkan pesan promosi karena nantinya akan dianggap sebagai spam. Kirimkan pesan secara berkala, seperti satu hari sekali, atau di momen tertentu saja. Ini termasuk update story untuk promosi ya. 


  1. Lakukan Dengan Teknik Soft Selling

Siapa sih yang suka membaca konten-konten promosi yang dikirimkan lewat grup atau broadcast? Hampir tidak ada orang yang mau melakukannya. Maka dari itu, kamu dituntut untuk melakukan strategi soft selling.

Contohnya. Jika kamu menawarkan jasa fotografi, cobalah membuat konten tulisan, gambar atau video tentang tutorial fotografi menggunakan handphone, dan lainnya. Baru di akhir pembahasan, selipkan jasa yang kamu tawarkan.


  1. Update Aktivitas dan Manfaatkan Story

Ini sebenarnya masuk dalam kategori soft selling, sekaligus sebagai salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Misalnya, kamu melakukan update story saat melakukan packing, dan beri keterangan kemana produk tersebut akan dikirim. 

Kamu juga bisa melakukan update terkait stok produk yang masih tersedia, mana produk yang sudah habis dan lainnya. Tapi ingat, jangan terlalu banyak sampai story WA kamu terlihat seperti titik-titik. 5-10 foto sekali update sudah cukup kok!


  1. Simpan Nomor Kontak Pelanggan

Salah satu kelemahan jualan lewat WhatsApp adalah, kamu dan pelanggan harus sama-sama menyimpan nomor agar bisa saling melihat story yang dikirimkan. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk rajin menyimpan kontak mereka.

Tapi ingat, sebelum itu kamu harus izin akan menyimpan nomor kontak pelanggan, dan minta juga kepada pelanggan agar menyimpan kontak kamu juga. Bilang saja, siapa tahu suatu saat butuh sesuatu, mereka bisa langsung mengontak kamu.


  1. Konsisten Berpromosi dan Gunakan Konten Berkualitas

Bisnis apapun yang kamu geluti, konsistensi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Bukan hanya berpromosi di WhatsApp, tapi juga saat kamu berpromosi di sosial media lainnya, seperti Instagram, Facebook dan lainnya. 

Dengan cara ini pelanggan akan tahu jika kamu konsisten menjual produk-produk tertentu, sehingga akan langsung teringat saat mereka membutuhkannya. Bahkan bukan tidak mungkin mereka akan membantu upaya promosi yang kamu lakukan. 


Trik lainnya yang wajib diperhatikan saat memanfaatkan WhatsApp sebagai media promosi dan penjualan adalah, pastikan selalu menggunakan konten berkualitas dan menarik, baik berupa gambar maupun video.

Jangan lupa untuk menyematkan kontak atau berikan watermark berupa nama dan nomor kontak agar tidak ada yang ‘mencuri’ konten yang kamu unggah.