Tips Sukses Buka Bisnis Cuci Motor. Ternyata Mudah dan Murah Gaes!

Tips Bisnis Cuci Motor
Tips Bisnis Cuci Motor | Image: Pixabay 

Sepeda motor merupakan kendaraan paling populer di Indonesia. Saat ini hampir setiap rumah punya setidaknya satu sepeda motor. Selain harganya murah, sepeda motor merupakan kendaraan cepat, fleksibel dan anti-macet. 

Tidak hanya itu, harga sepeda motor dan biaya perawatannya tergolong sangat murah. Bahkan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, tahun 2018 saja jumlah sepeda motor yang beredar di jalanan Indonesia mencapai angka 120.1 Juta unit.   


Peluang Besar Bisnis Cuci Motor

Dengan jumlah sepeda motor yang sangat banyak, bahkan berpeluang untuk terus bertambah dari waktu ke waktu, membuat peluang bisnis yang berhubungan dengan kendaraan roda dua ini sangat terbuka lebar. 

Salah satu bisnis yang berkaitan dengan sepeda motor dan wajib kamu pertimbangkan adalah jasa cuci motor. Ada beberapa alasan yang mendasari hal ini, diantaranya: 

  • Jumlah sepeda motor yang sangat membuat pangsa pasarnya sangat luas.
  • Sepeda motor merupakan kendaraan utama, sehingga mudah kotor. 
  • Baik musim kemarau maupun hujan, sepeda motor tetap mudah kotor.
  • Mencuci dengan cara manual tidak membuat sepeda motor bersih maksimal.

Selain itu, masih banyak faktor lainnya yang membuat peluang bisnis cuci motor ini sangat terbuka lebar, termasuk peta persaingan yang tidak terlalu padat jika dibandingkan dengan jumlah konsumennya yang melimpah. 


Tips Membuka Bisnis Cuci Motor

Memulai bisnis mencuci motor tergolong sangat mudah, dan modal yang dibutuhkan tergolong minim. Di luar tempat, jumlah modal yang dibutuhkan tidak akan lebih dari 5 jutaan saja. Bagaimana, tertarik untuk memulai bisnis cuci motor? 

Tapi sabar dulu, sebelum melangkah lebih jauh, mending kita simak yuk beberapa tips sukses membuka bisnis jasa cuci motor.


  1. Pelajari Trik Mencuci Sepeda Motor

Meski tidak serumit membuka bengkel atau jasa tambal ban, tapi tetap mencuci sepeda motor harus diiringi dengan trik yang tepat, salah satunya ketelitian. Jangan sampai ada kotoran yang masih tertinggal. 

Untuk urutannya, kamu hanya perlu menyemprot sepeda motor dengan air bertekanan tinggi untuk menghilangkan noda fisiknya. Proses ini dilakukan dari atas hingga bawah, kemudian gunakan sabun untuk pembersihan lebih lanjut.

Setelah itu, bilas sepeda motor dengan air bertekanan tinggi, keringkan dan berikan cairan poles (silikon) agar sepeda motor terlihat lebih kinclong. 


  1. Pilih Lokasi Yang Strategis

Kriteria lokasi yang strategis ini tidak mesti harus di tengah kota atau pusat keramaian, kamu hanya perlu membuka jasa cuci motor ini di depan jalan yang banyak dijadikan sebagai tempat lalu-lalang kendaraan. 

Contohnya di jalur utama, atau akses jalan tikus menuju jalan utama. Makin rame (digunakan sebagai akses utama lalu-lalang sepeda motor) lokasi yang dipilih, makin besar kemungkinan kamu akan mendapat banyak pelanggan.


  1. Siapkan Peralatan

Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka jasa cuci motor, mulai dari kompresor dan mesin steam. Keduanya bisa dibeli dalam satu paket, dan memakan hampir 80% dari total yang kamu siapkan.

Setelah itu, kamu hanya perlu menyiapkan perlengkapan tambahan, seperti spons cuci, sikat, cairan pembersih atau shampo motor, beberapa buah lap microfiber, pengkilap motor, semir ban, dan lainnya.

Bagaimana dengan perlengkapan hidrolik? Untuk bisnis cuci motor, sebenarnya kamu nggak terlalu membutuhkannya. Kamu hanya perlu modifikasi tempat agar posisi motor yang dicuci bisa sedikit lebih tinggi, atau membuat semacam tanjakan.


  1. Lakukan Promosi Cerdas

Promosi merupakan hal penting yang wajib kamu lakukan. Salah satunya dengan memasang spanduk atau banner agar orang-orang yang lewat mengetahui jasa cuci motor yang baru dibuka.

Kamu juga bisa memberi diskon atau program khusus grand launching, serta mengikat pelanggan dengan program kupon agar pelanggan tetap datang ke tempatmu. Misalnya, 10 kupon, gratis cuci 1 kali, dan lainnya. 


  1. Gunakan Sistem ‘Tumpang Sari’

Selama menunggu sepeda motornya dicuci, pelanggan sudah pasti akan menunggu selama beberapa menit. Makin banyak sepeda motor yang harus dicuci, antrian akan semakin panjang dan waktu menunggu mereka akan semakin lama. 

Manfaatkan ini sebagai peluang bisnis. Kamu bisa menyediakan kopi seduh, showcase yang berisi minuman dingin, makanan ringan, dan lainnya. Jangan lupa, sediakan ruang tunggu yang nyaman agar pelanggan nyaman.


Bagaimana, sudah siap buka bisnis cuci motor? Kalau sudah berkembang, tidak ada salahnya kamu mulai upgrade bisnis dengan menyediakan jasa cuci mobil, hingga salon kendaraan. Semoga bermanfaat!