Tertarik Buka Jasa Cuci Sofa dan Springbed? Ini Yang Harus Disiapkan

Jasa Cuci Sofa dan Springbed
Jasa Cuci Sofa dan Springbed | Image: Unsplash

Meski bukan bidang usaha baru, namun faktanya jasa cuci sofa dan springbed jadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Selain karena modalnya yang terjangkau, peluang keuntungannya pun tergolong sangat tinggi. 

Apa sih kelebihan dari bisnis jasa cuci sofa dan springbed ini, dan hal apa saja yang harus disiapkan untuk memulainya? Yuk ikuti pembahasannya berikut ini.


Kenapa Bisnis Jasa Cuci Sofa?

Tidak seperti jasa laundry dan cuci karpet, jasa cuci sofa dan springbed masih tergolong langka. Selain karena dianggap sulit dilakukan, banyak yang menilai bisnis ini kurang menjanjikan karena konsumennya yang terbatas. 

Padahal kalau kamu pelajari lebih dalam, peluang keuntungannya sangat besar lho, diantaranya: 

  • Berbeda dengan usaha jasa lainnya, persaingan di bisnis ini sangat minim sehingga kamu lebih mudah menguasai sektor bisnis ini.

  • Modal yang dibutuhkan tidak perlu besar, hampir sama dengan jasa laundry dan cuci karpet atau jenis usaha lainnya. 

  • Peluang pasarnya terus meningkat, bukan hanya di kota-kota besar, tapi juga di daerah yang jauh dari perkotaan.

  • Hampir setiap rumah saat ini sudah memiliki sofa, bahkan sofa sudah jadi salah satu kebutuhan sandang yang cukup penting bagi keluarga.

Menariknya, bisnis ini bisa dilakukan bersama dengan bisnis lainnya, seperti jasa reparasi sofa dan springbed, jasa cuci karpet dan lainnya. 


Persiapan Membuka Jasa Cuci Sofa

Sama seperti membuka usaha lainnya, persiapan pertama membuka jasa cuci sofa dan springbed adalah modal. Untuk langkah awal, kamu bisa menyediakan modal sebesar 10-15 jutaan untuk membeli beberapa perlengkapan, seperti:

  • Peralatan mencuci, termasuk mesin steam sederhana. 

  • Alat atau mesin pengering bertekanan tinggi.

  • Perlengkapan mencuci, seperti sabun dan pewangi. 

Setelah modal dipersiapkan dengan matang, kamu bisa mulai langkah membuka jasa cuci sofa dan springbed ini dengan fokus kepada:

  • Mengenali target pasar. Selain individu, cobalah untuk mencari calon pelanggan dari pihak corporate, seperti hotel, kantor, tempat karaoke dan lainnya.

  • Lakukan promosi awal. Ini merupakan langkah standar yang penting untuk dilakukan. Gunakan sosial media, keluarga dan lingkungan sekitar. 

  • Pastikan kamu melakukan survey untuk mengetahui harga pasaran jasa cuci sofa, dimulai dari tempat terdekat.

Jangan lupa untuk melakukan ujicoba pencucian sofa dengan mencuci sofa di rumah sendiri. Kamu juga bisa melakukan ujicoba, sekaligus promosi dengan mencuci sofa milik keluarga terdekat, tetangga dan lainnya.


Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Saat pertama membuka bisnis cuci sofa dan springbed, pastikan kamu tidak langsung menargetkan waktu yang cepat atau terburu-buru. Rata-rata jasa cuci sofa dan springbed profesional mampu menyelesaikan cucian selama 2 jam. 

Selain itu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuka jasa cuci sofa dan springbed.

  • Jangan asal cepat, pastikan kamu fokus pada kualitas dan layanan demi memberi kepercayaan dan kepuasan pada pelanggan. 

  • Selalu minta feedback dari konsumen. Selain untuk meningkatkan kredibilitas, ini penting untuk meningkatkan peningkatan kualitas pelayanan.

  • Buat akun sosial media untuk mempromosikan kegiatan usaha kamu. Jika memungkinkan, tawarkan layanan antar-jemput atau jasa cuci di tempat.

  • Selalu gunakan bahan pembersih yang aman, serta mampu menjaga kualitas sofa dan springbed tetap baik.

  • Jangan ragu untuk memberikan layanan tambahan, seperti mencuci bantal sofa, bantal-guling tempat tidur, dan lainnya. 


Dalam setiap kesempatan, kamu bisa memberi edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan sofa dan springbed, serta resiko yang bisa terjadi jika perabotan rumah tangga tersebut tidak pernah dicuci. 

Dengan begitu, bukan hanya lonjakan pelanggan, kamu akan lebih mudah meraih kepercayaan pelanggan dan mereka akan terikat kuat dengan jasa yang ditawarkan.